in Interior kantor

Interior Kantor Minimalis Natural – Gratis Konsultasi Telp: 085888-690006

Desain interior kantor minimalis natural – Desain interior kantor dapat mempengaruhi kinerja. Pemilihan desain yang membuat nyaman dan tenang dapat membuat suasana menjadi lebih nyaman dan alami.

Pemilihan desain konsep natural bisa Anda jadikan pilihan untuk mengahasilkan kesan tenang dan nyaman. Feels nature, akan sangat menyenangkan apabila suasana di tempat kerja Anda begitu alami. Suasana alami akan membuat Anda nyaman dalam bekerja sehingga produktivitas akan meningkat. Selain itu, kesan natural akan membantu memicu kreativitas dan inovatif.

interior kantor minimalis natural dengan tanaman

Konsep natural seperti unsur warna hijau sebagai representasi tumbuhan dan unsur warna coklat dapat mewakili unsur kayu atau pun tanah. Selain itu masih banyak pemilihan unsur yang dapat dipadukan untuk menciptakan konsep natural. Dengan unsur-unsur alam akan memperkaya suasana world nature. Dengan begitu, beban dari pekerjaan dapat berkurang dengan keadaan visual dan spasial yang diciptakan oleh konsep natural yang menawan.

Konsep Utama Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Suatu desain interior kantor minimalis natural haruslah memiliki konsep utama. Suatu konsep penting untuk ditentukan sebelum membuat desain interior. Hal ini penting untuk sebagai acuan beberapa objek, detail, dan unsur lain yang akan memeperkaya dan mendukung konsep natural. Dengan memilki konsep yang senada, penampakan visual pada suatu desain interior akan lebih seragam sehingga terlihat lebih menawan.

Manfaat Penerapan Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Anda masuk kedalam sebuah ruangan kerja dimana terdapat pohon dibagian tengah ruangan itu, dilengkapi dengan warna furnitur disekitar yang senada. Mungkin sesaat Anda berpikir sedang berada di alam terbuka dimana Anda bisa bebas dari kepenatan kerja. Dengan kata lain Anda merasa begitu nyaman dengan keadaan ini, yang biasanya hanya bisa Anda dapatkan saat liburan dimana Anda benar-benar bebas dari kepenatan bekerja.

interior kantor minimalis natural menyatu dengan alam

Kenyataan ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan desain interior kantor minimalis natural. Dimana ruangan kerja anda tidak terlalu kaya dengan objek, namun memilki kesan natural yang elegan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penerapan desain minimalis natural.

Memberikan kesan nyaman dan tenang

Pemberian aksen alam pada ruangan dengan konsep desain interior kantor minimalis natural dapat memberikan kesan tenang dan nyaman. Objek yang terlalu banyak di dalam sebuah ruangan justru akan memberikan kesan penat pada diri Anda. Berbeda dengan ruangan yang memilki pencahayaan yang cukup dengan objek yang tidak terlalu banyak diperkaya dengan unsur alam yang elegan.

Unsur-unsur alam seperti ranting pohon dibagian tengah ruangan dilanjutkan dengan dedaunan tiga dimensi di seluruh bagian atap ruangan yang menyerupai pohon yang sesungguhnya di alam terbuka, dilanjutkan dengan meja yang disesuaikan dengan kenyamanan para karyawan yang ingin berdiri sambil menikmati softdrink, setelah duduk berkutat dengan pekerjaan. Rumput berwarna hijau di bagian bawah meja cukup memperkaya unsur natural pada ruangan yang memberikan ketenangan secara visual dan spasial ini.

Obyek sederhana disudut yang lain seperti kursi sofa dengan warna senada unsur utama diawal menambah kesan nyaman dan tenang. Ditambah dengan vas bunga dengan tumbuhan hijau yang memberi kesan segar pada konsep natural.

Bukan hanya memanjakan bagi para karyawan namun akan sangat menyenangkan seorang tamu yang masuk kedalam ruangan dengan keadaan yang alami dan menawan. Keadaan ruangan yang sangat menyambut seorang tamu dengan konsep alam yang menenangkan.

Memberikan inspirasi

Dibandingkan dengan warna gelap, unsur warna hijau yang segar justru lebih nyaman untuk dilihat. Selain segar untuk dilihat, unsur hijau akan menyegarkan kembali fikiran anda. Keadaan visual di ruangan andayang memiliki variasi dari unsur natural akan mampu memberikan ide-ide baru.

Variasi unsur ini mampu memberikan rangsangan melalui visual dan memberikan imaginasi lain di dalam pikiran. Gambaran objek alam disekitarruangan kerja juga mampu mendukung suasana untuk berpikir dan bernalar. Desain interior kantor minimalis natural sangat tepat diterapkan pada ruangan kerja yang penuh dengan pikiran yang sibuk serta jadwal yang padat.

Mempermudah sirkulasi udara

Konsep minimalis sejak awal memang dimaksudkan untuk kemudahan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Diperkaya dengan konsep natural desain minimalis pada ruangan kerja akan sangat mendukung sirkulasiudara. Tumbuhan berperan penting dalam siklus udara.

Menyerap karbondioksida dan memproduksi oksigen. Kesan pengap dan kekurangan udara tidak akan Anda temui pada ruangan dengan desain interior kantor minimalis natural Anda. Pengaplikasian unsur alam yang nyata sangat berperan dalam hal ini. Beberapa vas bunga yang berada di meja ataupun rumput hijau dibagian bawah akan membantu terealisasinya udara dengan sirkulasi yang baik di ruangan kerja Anda.

Unsur yang dapat diapadukan dalam Konsep Natural

Untuk mengaplikasikan konsep desain interior kantor minimalis natural Anda ada beberapa bagian yang bisa Anda pertimbangkan. Berawal dari hal kecil seperti warna tertentu di beberapa sudut ruangan pun dapat mempengaruhi desain interior. Anda dapat menerapkan beberapa unsur untuk merealisasikan unsur alam yang menawan pada konsep natural diruangan minimalis anda.

Unsur warna alam

Unsur warna adalah bagian yang paling sederhana namun sangat berpengaruh pada sebuah desain interior. Unsur warna bisa mendukung atau justrumenjatuhkan konsep utama desain interior. Beberapa warna alam yang bisadiaplikasikan seperti coklat dan hijau senada dengan alam terbuka. Namun Anda juga bisa menerapkan warna lain yang bisa mendukung warna utama tersebut.

Beberapa tumbuhan memiliki daun yang sudah tua dan berwarna coklat tua atau kemerahan. Warna seperti ini bisa Anda terapkan untuk memperkaya kesan natural pada konsep desain interior kantor minimalis natural Anda. Natural dengan kesan muda ataupun tua bisa Anda pertimbangkan untuk konsep natural pada kantor Anda.

Kombinasi warna juga perlu diperhatikan, pilihlah warna yang sealami mungkin pada objek dekat yang berbeda. Misalkan, penempatan warna kemerahan pada daun diatas ranting masih lebih baik daripada warna kemerahan pada unsur daun di tempat lain tanpa ranting pohon. Hal ini mempertimbangkan unsur kealamian pada setiap detail kecil. Karena warna merupakan unsur yang secara visual sangat jelas, maka pemilihan warna harus dipertimbangakan dengan bijak.

Unsur alam 2 dimensi

Pemakaian objek dua dimensi untuk memperkaya konsep natural juga bisa diaplikasikan. Misalkan lukisan, gambar, atau hiasan dua dimensi lain yang memiliki unsur alami. Asalkan bertemakan alam seperti tumbuhan, pemandangan, binatang dan penampakan alam sekitar tetaplah dapat menggambarkan unsur natural.

Untuk unsur dua dimensi lebih baik memilih motif atau tema yang senada dengan konsep utama yang sudah ada dan dominan. Misalkan sebuah ruang kantor sudah memiliki unsur hijau dan coklat sebagai representasi alam terlebih dahulu.

Maka, pemberian unsur dua dimensi sebaiknya bertemakan yang masih senada dengan dominan coklat dan hijau seperti lukisan pohon dengan warna dominan coklat, dengan sedikit warna hijau yang menggambarkan dedaunan.

Unsur tumbuhan 3 dimensi

Bagian ini adalah bagian yang paling mendukung untuk diaplikasikan pada desain interior kantor minimalis natural. Keberadaan unsur tiga dimensi di dalam ruangan konsep natural lebih menunjukkan konsep natural yang lebih nyata. Keindahan suatu unsur tiga dimensi menjadi unsur utama yangmembawa kemenawanan konsep natural.

Perlu diperhatikan, satu saja unsur tiga dimensi sudah mewakili keseluruhan konsep natural. Maka, tidak perlu terlalu banyak jumlah suatu objek yang merupakan unsur tiga dimensi. Terlalu banyak objek menonjol justru memberikan kesan penuh dan penat. Maka, justru menghilangkan  konsep minimalis pada ruangan. Namun, tambahan unsur tiga dimensi yang sederhana dan tidak terlalu mencolok bisa digunakan. Contoh nyata unsur tiga dimensi adalah objek pohon atau ranting pohon di dalam ruangan kantor Anda. Ditambah beberapa objek sederhana yang memiliki unsur tambahan lain yang mendukung konsep utama.

Unsur pada material

Selain dalam bentuk objek, unsur natural juga dapat diaplikasikan pada material suatu objek. Misalkan penambahan unsur alami seperti kayu atau dedaunan pada objek tertentu di dalam ruangan. Pengaplikasian material pada sebuah objek bisa dipadukan dengan material tertentu dengan mempertimbangkan salah sau material lebih dominan. Hal ini disesuaikan dengan konsep utama. Misalkan penggunaan material kayu pada meja tamu bisa dipadukan dengan material lain seperti kaca, namun material kayu harus yang dominan, karena ruangan memilki konsep utama tumbuhan. Contoh lain, material tanah pada obyek tertentu dapat menambah kekayaan unsur natural. Selain itu, Material batu pada dinding dapat memperkaya konsep desain interior kantor minimalis natural.

Sama seperti unsur yang lain, material pun harus mempertimbangkan warna yang senada. Walaupun pada kenyatannya material seperti kayu, tanah, dedaunan memiliki warna alami. Namun, apabila konsep utama sudah ditentukan. Maka, warna pada material tetap harus disesuaikan dengan konsep utama.

Unsur obyek mati dan hidup

Konsep natural memanglah lebih baik jika didukung dengan unsur objek yang hidup. objek hidup lebih natural dan nyata. Namun, terkadang karena mempertimbangkan beberapa hal, penggunaan objek mati dapat dijadikan sebagai pilihan. Dalam menggunakan objek mati asalkan tetap senada dengan konsep utama tidaklah menjadi masalah.

Terkadang penggunaan objek mati lebih menawan dan tahan lama. Misalkan obyek tanaman, terkadang penggunaan objek hidup akan merepotkan dan beresiko. Seperti harus rajin dalam perawatan, dan selalu membersihkan bagian tetentu. Hal ini akan sedikit merepotkan.

Namun, apabila menggunakan objek mati tidaklah perlu mencemaskan hal-hal tersebut. Namun tetaplah indah pengaplikasian objek mati maupun hidup, asalkan masih merupakan unsur yang natural. Baik objek mati maupun hidup hal ini dipilih melalui beberapa pertimbangkan serta  disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Asalkan objek natural tetap bisa mendukung konsep natural semakin menawan tidaklah menjadi masalah.

Tips Merancang Konsep Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Pada tahap perancangan desain interior kantor minimalis natural pun perlu beberapa hal untuk dipertimbangkan agar desain interior Anda menjadi semakin indah dan tidak terlalu rumit dalam penyusunan.

Memilih warna yang senada pada setiap sudut

Hal ini merupakan hal yang sepele, namun tetap adalah hal yang paling penting. Apabila suatu objek memiliki warna yang tidak senada satu sama lain, baik konsep minimalis maupun konsep natural tidak akan berhasil untuk diaplikasikan. Maka, perlu benar-benar dibutuhkan perhitungan yang matang mengenai unsur warna pada tiap detail maupun obyek.

Memilih material yangtidak terlalu beresiko

Beberapa material pada obyek, yang dapat memperkaya konsep natural terkadang memberikan beberapa masalah. Misalkan, material kayu terkadang mudah mengalami kerusakan atau pelapukan seiring berjalannya waktu. Contoh lain, penggunaan material tanah pada bagian tetentu dapat menyebabkan kotor area sekitar obyek.

Maka, apabila menggunakan material tertentu perlu mempertimbangkan pula efek-efek yang mungkin terjadi dalam kurun waktu dekat maupun jauh. Serta apabila tetap menggunakan material yang beresiko tersebut haruslah memberi beberapa pencegahan atau solusi seperti material kayu yang dilapisi bahan tertentu agar tidak mengalami kerusakan dan tahan lama.

Menentukan unsur tambahan yang mendukung konsep utama

Selain warna, unsur tertentu seperti objek ataupun detail pada desain interior kantor minimalis natural juga perlu dipertimbangkan. Suatu detail ataupun obyek yang dipilih haruslah senada atau mendukung konsep utama. Misalkan, konsep utama adalah natural musim semi, maka objek dan detail yang digunakan haruslah semua yang berkaitan dengan konsep alami musim semi.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menerapkankesan natural pada desain interior kantor Anda diantaranya adalah mampu memberikankesan nyaman dan tenang pada pekerja, memudahkan pekerja dalam mendapatkaninspirasi, serta menjaga kesehatan mental dan fisik karyawan dengan mempermudah sirkulasi udara.

Untuk mengaplikasikan konsep desain interior kantor minimalis natural Anda, ada beberapa unsur yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya adalah:

  • Unsur warna alam
  • Unsur tumbuhan sebagai tambahan
  • unsur alam pada material

Tips yang bisa Anda gunakan untuk merancang konsep desain interior kantor minimalis natural Anda diantaranya adalah: 

  • Memilih warna yang senada pada setiap sudut
  • Memilih material yang tidak terlalu beresiko
  • Menentukan unsur tambahan yang mampu mendukung konsep utama

Demikianlah tips dalam menghadirkan suasana yang natural pada desain interior kantor Anda.

Semoga menginspirasi.  


Pelajari Cara Renovasi Interior Kantor

Bagaimana renovasi kantor dalam 30 hari?

Bagaimana dapat tukang handal & murah?

Gratis eBook “A Guide to Creating Minimalist Office Interior“.
Silakan simpan ketika terbuka jendela.

Gratis eBook “A Guide to Creating Minimalist Office Interior“

Bangun citra Anda dengan sentuhan interior