in Lain-lain

Tanaman di Dalam Kantor

Tanaman di dalam kantor berguna agar kantor terkesan lebih hijau & segar, Anda bisa menambahkan tanaman di dalam kantor Anda sebagai penyegar udara kantor.

Anda bisa menggunakan pot tanaman di dalam kantor, pergunakan pot yang menarik, karena tanaman untuk di dalam kantor, sebaiknya memilih tanaman yang tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak.

tanaman di dalam kantor

Selain tanaman dalam pot, Anda juga bisa menyegarkan ruang dengan rangkaian bunga potong di dalam pot kaca yang berisi air, tempatkan di atas meja resepsionis.

Kedua cara tersebut adalah langkah yang paling sederhana dan mudah untuk menciptakan suasana segar pada interior kantor.

Menempatkan tanaman di dalam kantor

Untuk luas kantor yang terbatas, biasanya sudah tidak ada sisa ruang yang terbuka selain di ruang depan bagian kantor. Kantor seperti ini memiliki kendala dan tidak ada sirkulasi udara, sehingga terasa lembab dan lama-kelamaan ruang kantor menjadi bau.

Untuk mengatasi hal ini, pergunakan taman vertikal dengan memanfaatkan kolom-kolom (tiang) bangunan untuk menggantung tanaman-tanaman seperti sri rejeki, sirih gading atau lili paris sehingga udara pun bisa bersirkulasi.

Metode penghijauan yang memanfaatkan lahan minim untuk penghijauan secara vertikal, media yang digunakan bisa bermacam-macam mulai dari pot-pot tanaman yang disusun secara vertikal dengan bantuan rangka besi, media tanam hidroponik (menanam tanpa tanah) yang diatur secara vertikal ataupun tanaman rambat.

Akuarium juga dapat digunakan sebagai penghias interior kantor Anda, tambahkan tanaman hias dan lampu-lampu untuk mempercantik tampilannya.

Penerapan taman vertikal ini diharapkan sebagai cara untuk menghijaukan kantor Anda. Cara yang sederhana, bisa dilakukan oleh siapa saja, dan mempunyai efek besar dalam menciptakan lingkungan kantor yang hijau, asri, dan indah.

Jenis tanaman di dalam kantor

Untuk menempatkan tanaman dalam kantor, perlu memilih tanaman yang bisa bertahan lama yang tidak memerlukan banyak penyiraman dan perawatan khusus.

Di bawah ini beberapa tanaman di dalam kantor yang tidak mengkonsumsi banyak air. Tanaman ini bisa bertahan beberapa hari tanpa perlu penyiraman.  Tanaman hias yang bagus digunakan di dalam kantor  untuk membersihkan udara:

Snake Plant atau Lidah Mertua

tanaman di dalam kantor

Lidah mertua merupakan tanaman dari genus sansevieria, memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan dan meresap racun di udara. Daunnya tegak menjulang dengan bentuk seperti lidah.

Tanaman ini menyegarkan udara ruangan seluas 100 m3. Cocok ditempatkan di ruang tamu atau ruang resepsionis.

Sirih Gading (Devil’s Ivy atau Golden Pothos)

tanaman di dalam kantor

Sirih ini di luar negeri disebut devil’s ivy atau pothos. Sangat cantik ketika ditanam pada pot gantung karena daunnya merambat akan menjuntai ke bawah,
dengan pot transparan. Daunnya yang indah mampu membersihkan udara, menyerap racun­racun polutan di udara.

Lidah Buaya atau Aloe vera

tanaman di dalam kantor

Tanaman penyubur rambut ini mampu membunuh zat­zat kimia berbahaya di
udara. Tanaman lidah buaya selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesegaran ruangan.

Aglonema atau Sri Rejeki

tanaman di dalam kantor

Aglaonema merupakan genus tanaman hias daun yang terkenal dengan nama sri rejeki. Tanaman ini populer di kantor­kantor atau perhotelan karena tahan lama di dalam ruangan AC. Tanaman ini menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara.

Garber Daisy

Bunga gerbera daisy memiliki warna­warni yang ceria. Sangat ideal jika diletakkan di ruang tamu karena memberikan warna­warni ceria, segar dan indah.

tanaman di dalam kantor

Kecantikan bunganya begitu menarik perhatian. Bunga daisy ini kurang cocok tumbuh di dalam ruangan, karena membutuhkan sinar matahari langsung. Cocok bila ruangan Anda mempunyai view yang terpapar sinar matahari langsung.

Palem­

tanaman di dalam kantor

Jenis tanaman palem sangat cocok diletakkan di dalam kantor karena dapat tumbuh tegak dan besar serta menyerap polutan yang menempel pada furnitur atau barang­barang kantor lainnya. Tempatkan di ruang pertemuan / meeting.

Peace Lily (Spathiphyllum)

tanaman di dalam kantor

Bunganya putih bersih seperti kuncup tulip, tumbuh tegap dengan daunnya yang hijau pekat. Tanaman hias ini ideal jika di letakkan di sisi meja kantor Anda karena memberikan asupan oksigen segar, membangun mood ketika melihatnya di pagi hari, bunganya terlihat lembut.

Heart Leaf Philodendron

tanaman di dalam kantor

Tanaman ini memiliki bentuk daun berbentuk hati atau jantung dengan pertumbuhan yang merambat. Daunnya beracun karena daya serapnya yang tinggi terhadap polutan¬-polutan di udara. Cocok ditanam di pot gantung

Dragon Tree

tanaman di dalam kantor

Dragon tree merupakan species dari genus tanaman hias daun dracaena. Tumbuh tinggi dengan batang yang keras dan daun yang panjang ¬panjang berwarna hijau tua.

Tanaman semak ini mampu tumbuh tinggi sehingga cocok diletakkan di sudut kantor. Kemampuannya menyerap racun udara yang disebabkan oleh bensin, pernis tidak diragukan lagi.

Bunga Krisan

Bunga yang dikenal dengan nama bunga seruni ini memiliki bentuk bunga yang indah, juga beraroma wangi.Sangat bagus jika diletakkan pada ruang kantor tertutup karena aromanya akan merebak sehingga membuat Anda rileks.

tanaman di dalam kantor

Letakkan pada meja kantor Anda agar udara yang dihirup dapat menghilangkan rasa stres akibat pekerjaan yang menumpuk.
Sayangnya tanaman ini perlu matahari jadi harus di ruangan yang terpapar matahari.

Spider Plant

Daunnya panjang¬-panjang tumbuh seperti kaki laba-laba. Tanamannya seperti beranak pinak. Warnanya hijau bergaris gading, daunnya yang sudah panjang akan terjatuh lemas ke bawah seperti kaki laba¬laba.

tanaman di dalam kantor

Tanaman ini memiliki daya serap tinggi terhadap racun-¬racun di udara sebanyak 90% hanya dalam waktu 2 hari.

Bentuknya yang indah serta kemampuannya yang luar biasa membuat tanaman ini populer dijadikan tanaman pembersih udara dalam ruangan.

Pakis Boston

tanaman di dalam kantor

Pakis boston mampu melembabkan udara. Sehingga sangat cocok untuk kulit Anda agar tidak kering. Selain itu, juga bisa diletakkan di dekat AC karena pakis boston menyukai daerah yang agak lembab.

Bunga Kaktus

Bunga kaktus mempunyai bermacam¬-macam bentuk yang di tanam di pot-¬pot kecil akan terlihat mungil dan menggemaskan.Cocok diletakkan di meja kantor Anda, selain membersihkan udara, juga akan membuat mood lebih stabil.

tanaman di dalam kantor

Itulah tanaman-tanaman di dalam kantor yang anti polutan. Rata-rata tanaman di atas kecuali gerbera daisy dan krisan dapat tumbuh sempurna di dalam kantor karena hanya membutuhkan sedikit asupan air dan dapat bertahan lama di dalam ruangan tanpa sinar matahari.

Semuanya adalah untuk tanaman di dalam kantor agar kantor Anda lebih asri, indah, sejuk dan yang utama membuat ruangan yang sehat karena terjadi sirkulasi udara .