Membuat Taman di Dalam Kantor

Membuat taman di dalam kantor adalah hal yang tidak terlalu sulit, jika di dalam artikel sebelumnya selalu membahas tentang ruang & interior kantor, maka di artikel kali ini kami akan memberikan tips untuk membuat taman di dalam kantor.

taman di dalam kantor

Manfaat taman di dalam kantor selain dinikmati keindahannya, juga untuk sirkulasi udara lingkungan kantor menjadi segar karena tanaman menyedot karbondioksida di siang hari.

Penerapan taman di dalam kantor adalah taman kering, dengan tanaman seperti palem, anthurium atau dracena fragans yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan sinar matahari.

Tips untuk membuat taman di dalam kantor

Tips pertama, gunakan faktor air dalam hiasan taman kantor anda, membuat air terjun kecil buatan akan membuat taman kantor anda akan semakin indah, air terjun buatan yang dibawahnya ada akuarium ikan  akan membuat nyaman karyawan anda, ikan koi terbukti mampu mengurangi tingkat stres seseorang.

Cari tanaman yang mudah perawatannya, jangan menggunakan tanaman yang daunnya mudah rontok, karena setiap hari rontokan daun itu akan mengotori ruangan, anda bisa tanya kepada ahli tanaman jenis tanaman apa saja yang baik digunakan dan mudah dalam perawatannya.

Bunga & tanaman akan memberi warna dan nuansa tersendiri untuk interior kantor anda, pilhlah bunga-bunga yang berbunga sepanjang tahun, ahli bunga akan membantu anda memilih bunga yang tepat untuk taman kantor anda.

Tempatkan bangku-bangku yang cukup di taman kantor anda agar setiap karyawan bisa duduk istirahat sambil memandangi taman itu dan kembali segar, kantor yang memiliki taman sendiri dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan karena semangat dan tingkat stress karyawan dapat direduksi .

Tips merawat taman di dalam kantor tetap indah

Tidak kalah pentingnya adalah perawatan taman di dalam kantor. Anda harus mempunyai seorang pegawai atau tukang taman untuk merawat taman agar tanaman selalu segar. Seorang tukang taman harus dibekali pengetahuan dasar tentang cara-cara merawat
taman.

  1. Foto taman Anda setelah 3 minggu, tujuannya agar Anda punya foto pembanding jika
    taman Anda sudah agak lama. Foto di usia taman 3 minggu karena rumput dan tanaman agak mulai rapat sehingga hasilnya akan sangat bagus.
  2. Setiap hari lakukan pemangkasan secara bergilir ranting dan dahan tanaman yang sudah tumbuh liar. Tiap hari pangkas tanaman yang berbeda. Nikmati kegiatan ini sebagai bagian dari refreshing Anda.
  3. Gemburkan tanah di sekitar tanaman secara rutin. Penggemburan diperlukan agar akar tanaman bernafas, tidak terperangkap tanah yang mengeras dan tidak tembus air. Campur atau ganti tanah di sekitar akar dengan humus.
  4. Pupuk tanaman 2 minggu – 4 minggu sekali. Humus, pupuk dan obat bisa dibeli di toko tanaman.
  5. Jika tanaman menjadi besar sehingga tidak serasi lagi lagi, gantilah tanaman dengan yang lebih kecil. Beberapa penjual tanaman bersedia tukar tambah.
  6. Setelah 6 bulan, bandingkan foto taman Anda di poin no 1 dengan keadaan taman Anda sekarang. Jadikan foto di atas sebagai acuan.

Jika Anda tak punya waktu untuk  langkah-langkah di atas hubungi tukang taman. Umumnya disediakan paket per perawatan.

Video tanaman-tanaman  dalam ruang