Sewa Ruang Kantor, Tip & Negosiasi – Konsultasi 085103889537

Sewa Ruang Kantor – Indonesia semakin maju dan saat ini perekonomian Indonesia telah masuk dalam 20 negara di dunia, bahkan presiden Jokowi memperkirakan pada tahun 2030 Indonesia akan masuk dalam 10 besar dunia.

Dengan potensi tersebut maka akan tumbuh semakin banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia dan gedung-gedung perkantoran akan berdiri semakin banyak juga untuk memenuhi kebutuhan ruang-ruang kantor.

Sewa ruang kantor

Jika Anda memutuskan untuk menyewa ruang kantor, maka Anda akan menjalani proses untuk mencari ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan ruang kerja Anda dan anggaran Anda, setelah Anda mendapatkan ruang kantor yang sesuai maka selanjutnya Anda perlu untuk bernegosiasi untuk dituangkan dalam perjanjian sewa kantor yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Berikut ini kami berikan 2 panduan untuk Anda mengenai:

  1. Tip sewa ruang kantor
  2. Tip negosiasi sewa ruang kantor

Sewa ruang kantor

Gratis konsultasi. Gratis survei. Gratis estimasi biaya.

Hubungi segera:

Strategi membangun citra Anda


4 Tip Sewa Ruang Kantor

Menemukan ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda sangat menyita waktu, untuk poin-poin ini kami telah menyusun 4 tip sewa ruang kantor untuk pertimbangan Anda dalam membuat keputusan. Keputusan Anda tersebut akan mempengaruhi bagaimana bisnis Anda akan berkembang di masa-masa mendatang, jadi perhatikanlah poin-poin penting di bawah ini.

Luas Ruang Kantor

Terutama dan yang paling penting adalah apakah luas ruang kantor yang Anda temukan atau akan ditempati sesuai dengan kebutuhan luas ruang kantor Anda (silakan download file ini untuk kebutuhan minimal ruangan kantor). Anda harus menghitung luas kantor untuk:

  • Kebutuhan ruang staf
  • Kebutuhan ruang manager
  • Kebutuhan ruang direksi
  • Kebutuhan ruang pertemuan
  • Kebutuhan ruang dapur kantor
  • Kebutuhan ruang resepsionis
  • Kebutuhan ruang tamu
  • Kebutuhan ruang gudang
  • Kebutuhan ruang server bila diperlukan
  • Kebutuhan ruang ibadah bila diperlukan
  • Kebutuhan area fax, printer, foto copy dll
  • Kebutuhan ruang lounge untuk entertain
  • Kebutuhan ruang saat ekspansi bisnis

Lokasi Gedung Kantor

Setelah Anda menemukan luas kantor yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka faktor berikutnya yang paling penting adalah lokasi gedung kantor Anda. Terdapat beberapa pertanyaan penting yang harus Anda jawab yaitu:

  • Apakah lokasi tersebut sesuai untuk karyawan Anda?
  • Apakah lokasi tersebut mudah dijangkau pelanggan Anda?
  • Apakah transportasi & angkutan umum menjangkau lokasi?
  • Apakah lokasi tersebut dapat meraih pasar baru?
  • Apakah fasilitas parkir cukup untuk karyawan & konsumen?
  • Apakah operasional kantor dan produksi terpisah?

Semua itu harus Anda pertimbangkan karena akan berpengaruh besar untuk kelangsungan bisnis Anda, selain itu juga mempertimbangkan peraturan pemerintah daerah untuk kantor di lokasi jalan-jalan protokol.

Sewa ruang kantor

Biaya Sewa Ruang Kantor

Dalam proses mendapatkan ruang kantor untuk bisnis Anda, ternyata biaya bukanlah merupakan poin paling penting karena biaya bisa disesuaikan dengan volume bisnis Anda. Untuk menghemat anggaran Anda untuk ruang kantor maka pertimbangan poin kesatu dan kedua akan menentukan besarnya biaya ruang kantor Anda. Fasilitas dan pelayanan gedung bersama atau Anda sewa ruang kantor di gedung tersendiri. Selain itu biaya sewa ruang kantor di gedung terbaru tentu akan berbeda dengan biaya sewa ruang kantor di gedung lama.

Kemudahan Pengaturan Tata Letak

Anda perlu menganalisis ruangan kantor yang Anda dapatkan untuk kemudahan pengaturan tata letak ruang-ruang kantor Anda. Apakah lokasi tersebut banyak tiang-tiang yang letaknya menyita pergerakan operasional kerja personil-personil Anda nantinya, misalnya banyak tiang di tengah-tengah ruangan. Mungkin pula bentuk ruangan Anda bukannya persegi empat tetapi terdapat lengkungan, ruang berbentuk elips atau bulat tidak akan dapat dimanfaatkan secara optimal dibandingkan dengan ruang berbentuk persegi empat. Sebaiknya pula Anda mendapatkan ruang kantor yang kosong daripada yang ada partisinya sehingga menyulitkan pengaturan sesuai kebutuhan kerja Anda.

Sewa ruang kantor

Pastikan keputusan Anda dengan menjawab poin-poin di atas. Bila Anda menemukan kesulitan untuk menjawab poin-poin di atas maka bisa kontak nomor telpon di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis atau mengundang kami untuk mendampingi Anda saat meninjau lokasi ruang kantor sasaran Anda.

Selanjutnya mari kita bahas tip negosiasi sewa ruang kantor di bawah ini.

Contoh perjanjian sewa ruang kantor. Silakan download..

Download Surat perjanjian sewa kantor

Gratis konsultasi. Gratis survei. Gratis estimasi biaya.

Hubungi segera:

Strategi membangun citra Anda


Tip Negosiasi Sewa Ruang Kantor

Sewa ruang kantor penting bagi bisnis Anda, sehingga negosiasi sewa ruang kantor merupakan poin penting untuk masa yang akan datang. Perlu diingat bahwa perjanjian sewa ruang kantor biasanya telah disiapkan oleh pemilik gedung untuk keuntungan mereka, sehingga ada kemungkinan yang memberatkan bagi Anda maka sangat penting untuk membaca sepenuhnya, meneliti dan mengerti apa yang tertulis selanjutnya meminta modifikasi agar tidak merugikan operasional bisnis Anda dikemudian hari.

Lamanya Sewa Ruang Kantor

Poin utama yang perlu Anda perhatikan adalah masa sewa ruang kantor. Jangka waktu 1-2 tahun baik untuk UKM, dengan opsi perpanjangan disertakan. Hal ini tidak mengikat Anda terlalu lama tetapi memberikan pilihan bertahan jika ada kecocokan. Bagi bisnis kafe di gedung perkantoran tentunya bisnis Anda akan tergantung lokasi, maka untuk keamanan perlu waktu yang panjang sekitar 5 tahun dan opsi untuk memperpanjangnya.

Membandingkan Sewa Ruang Kantor

Dapatkanlah beberapa opsi lokasi ruang kantor di beberapa gedung kantor untuk Anda bandingkan seperti biaya sewa ruang kantor, lokasi ruang kantor, luas ruang kantor dan kemudahan seperti parkir, billboard nama usaha Anda dan seterusnya. Anda perlu negosiasi semua itu selain harga yang pantas dikeluarkan untuk area dan gedung tersebut. Selain itu juga mencakup kenaikan harga sewa kantor sehingga Anda tidak akan terkejut nantinya. Jangan lupa untuk menegosiasikan pula mengenai uang jaminan Anda dan kondisi pengembaliannya atau apakah bisa digunakan untuk pembayaran sewa kantor tahun berikutnya.

Biaya Tersembunyi Sewa Ruang Kantor

Biaya sewa ruang kantor Anda bisa berupa termasuk seperti biaya listrik sepanjang hari dan maintenance, atau belum termasuk biaya listrik dan maintenance atau juga ada tambahan biaya pemeliharaan area umum. Anda harus mencari tahu dan mendapatkan rinciannya sebelum Anda menanda tangani sewa ruang kantor agar bisa Anda negosiasikan sebelumnya. Selain itu Anda juga perlu tahu apakah dikenakan biaya saat renovasi  ruang kantor tersebut (umumnya diberikan tenggang waktu 30 – 45 hari untuk kantor seluas 500m2). Apakah juga ada biaya untuk panel listrik bagi sewa ruang kantor Anda.

Klausul Sewa Ruang Kantor

Mintalah modifikasi terhadap klausul-klausul perjanjian sewa ruang Anda bila terdapat kalimat yang memberatkan. Negosiasikan juga untuk klausul-klausul seperti:

  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk detektor asap atau api
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk titik pemadam kebakaran
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk titik keluar atau masuk AC / kondisi udara
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk titik lampu plafon
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk plafon yang rusak
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk korden vertikal jendela kaca
  • Klausul tanggung jawab perbaikan atau perubahan untuk pembongkaran fit out saat pindah
  • Klausul untuk penempatan nama usaha Anda di loby gedung kantor (bila ada)
  • Klausul keluar masuk karyawan kantor di luar jam kerja kantor atau hari libur

Klausul Penghentian Sewa Ruang Kantor

Baca dan carilah klausul yang berkaitan dengan default dan penghentian sewa kantor Anda. Apakah ada biaya penalti saat Anda tiba-tiba ingin keluar atau berhenti untuk sewa ruang kantor Anda. Negosiasikan di awal perjanjian yang memungkinkan Anda hanya terkena penalti untuk membayar hanya satu bulan masa sewa ruang kantor Anda dan bukannya seluruh masa sewa ruang kantor.

Hal terpenting dalam negosiasi sewa ruang kantor adalah membaca secara seksama dan memahami sepenuhnya untuk menyadari manfaat atau kerugian yang akan terjadi sehingga Anda dapat mengajukan perubahan klausul-klausul yang memberatkan Anda . Sebagai tambahan, gunakan seorang pengacara untuk meninjau perjanjian sewa ruang kantor tersebut tetapi Anda sendiri yang memutuskan kebijakan Anda.

Anda dapat mencari kata kunci “sewa kantor” di mesin pencarian sbb ini:

  • Sewa ruang kantor kecil
  • Sewa ruang kantor siap pakai
  • Sewa kantor murah bulanan
  • Sewa kantor murah jakarta pusat
  • Sewa ruang kantor jakarta selatan murah
  • Sewa ruang kantor murah
  • Sewa office virtual
  • Sewa kantor murah jakarta timur

Gratis konsultasi. Gratis survei. Gratis estimasi biaya.

Hubungi segera:

Strategi membangun citra Anda


INTERIORKANTOR.COM adalah situs interior kantor pertama di Indonesia yang hadir sejak tahun 2006.