in Kantor

Sewa Kantor di Gedung Perkantoran

Sewa kantor di gedung perkantoran tentu Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan tetapi juga ada resikonya, salah satunya yang harus Anda pahami resiko tersebut adalah biaya yang tinggi.

sewa kantor si gedung perkantoran

Berikut ini kami akan menelusuri biaya-biaya apa saja yang timbul, sehingga Anda tidak terjebak dengan biaya-biaya lain yang tersembunyi saat sewa kantor.

Informasi Biaya-Biaya Sewa Kantor di Gedung Perkantoran

1. Biaya Sewa Kantor / Rental Charge

Jika Anda membaca di surat perjanjian sewa ruang kantor di suatu Gedung perkantoran, maka akan tertulis bahwa Biaya Sewa Kantor / Rental Charge: Rp 125.000,00 / m2 / bulan, bila Anda sewa kantor seluas 100m2 maka total biaya sewa kantor tersebut adalah sejumlah Rp 12.500.000,- per meter persegi per bulan.

Biaya sewa kantor / Rental Charge umumnya diminta untuk pembayaran setiap 3 bulan dimuka.

2. Biaya Pelayanan / Service Charge

Biaya pelayanan / Service charge adalah biaya yang harus Anda bayarkan untuk kebersihan, keamanan dan pemeliharaan area gedung. Beberapa gedung perkantoran service charge itu sudah termasuk biaya listrik yang Anda gunakan selama jam operasional gedung, tetapi untuk gedung-gedung baru biasanya biaya listrik tidak termasuk di dalam service charge.

Biaya pelayanan / service charge juga diminta untuk pembayaran tiga bulan dimuka.

3. Biaya Jaminan / Security Deposit

Biaya jaminan / security deposit terhadap sewa kantor adalah biaya jaminan yang diminta kepada penyewa kantor. Biasanya biaya jaminan / security deposit diminta pembayaran sebesar 3 bulan (Rental + Service Charge) di muka sebelum Anda memulai sewa kantor.

Security deposit ini merupakan jaminan terhadap pemilik gedung bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya jika tidak menyelesaikan masa sewa kantor sesuai kontrak yang telah disetujui di awal atau jika mungkin jika terjadi tindakan pelanggaran atau menimbulkan kerusakan pada gedung.

Biaya jaminan / security deposit untuk sewa kantor tersebut akan dikembalikan bila tidak ada masalah tersebut, Security deposit ini tidak ada Ppn 10%, tidak seperti service charge dan rental charge.

4. Biaya Lisrik

Di beberapa gedung, biaya listriknya tidak termasuk biaya pelayanan / service charge. Anda harus menyediakan KWH meter sendiri. biasanya biaya listrik tersebut untuk biaya listrik di luar AC, sedangkan untuk gedung-gedung lama biaya pelayanan / service charge sudah termasuk pemakaian listrik dengan kuota tertentu yang disetujui pada saat awal masuk / fit out kantor.

5. Biaya Telepon

Semua gedung perkantoran menyediakan nomor telepon saat Anda akan meyewa ruang kantor, Anda akan memilih nomor telepon yang sudah tersedia oleh manajemen gedung. Anda juga akan diminta biaya deposit telepon. Biaya deposit telepon ini akan dikembalikan seutuhnya di akhir masa sewa bila Anda telah melunasinya kepada Telkom. Biaya telepon akan ditagih kepada Anda langsung dari Telkom.

6. Biaya Internet

Untuk koneksi internet ini setiap manajemen gedung biasanya juga sudah bekerjasama dengan beberapa provider, untuk biayanya tergantung dengan pilihan paket kecepatan yang Anda ingin gunakan.

7. Biaya Parkir

Parkir di gedung perkantoran saat ini cukup mahal, maka sebaiknya Anda berlangganan parkir, semua gedung menyediakan parkir dengan biaya langganan bulanan, triwulan atau tahunan. Ada juga reserved parking.

8. Biaya langganan TV Cable

Saat ini Telkom menyediakan layanan TV kable beserta telpon dan internet yang disebut triple play. Anda sebaiknya memilih layanan triple play ini untuk menghemat biaya telpon Anda. Setiap gedung kantor biasanya telah bekerjasama dengan penyedia layanan jasa TV kabel seperti Indovision, First Media, Okevision, dan sebagainya.

9. Biaya Over Time

Biaya di luar jam kerja kantor. Hampir semua gedung perkantoran mengenakan biaya ini,ketika Anda bekerja lewat jam 17:00 hingga malam maka Gedung akan mengenakan biaya overtime ini kepada Anda, karena gedung mengeluarkan biaya tambahan yang dikeluarkan untuk mengoperasikan lift, AC dan listrik untuk lampu koridor diluar jam operasional gedung, selain itu untuk layanan kebersihan toilet di lantai Anda.

Biaya renovasi / fitting out

Saat renovasi biasanya diberikan waktu 1-3 bulan lamanya, Anda harus membayar biaya listrik dan kebersihan. Untuk fitting out ruang kantor Anda dipbutuhkan jasa kontraktor interior kantor. Untuk biaya renovasi ini tergantung dari penggunaan material, luas ruangan serta pemilihan furnitur.

Biayanya bisa berkisar antara Rp 2-5 juta per meter perseginya. Baca ulasan detil rincian renovasi di bagian bawah.

Apakah bisa lebih murah? Hubungi kami di 0851-0388-9537 untuk konsultasi gratis, serta dapatkan pembuatan situs web gratis bila Anda menggunakan jasa kontraktor kami.

Baca juga kantor bersama / kantor virtual di sini

Tingkat Hunian Sewa Kantor di Jakarta Kwartal 3 Tahun 2016
Menurut riset dari Colliers International Indonesia, tingkat hunian ruang kantor di Jakarta pada kuartal ketiga 2016 tercatat hanya 33 persen dari total persediaan sebanyak 390.000 meter persegi pada periode 2015-2016.

Banyak penyewa memilih pindah ke gedung perkantoran baru yang menawarkan kualitas serta fasilitas yang lebih baik, serta dengan harga yang kompetitif. Perusahaan layanan berbasis online akan menjadi demand generator.

Beberapa perusahaan relokasi kantornya seperti Bank Danamon yang meninggalkan ruang kosong yang cukup signifikan di Jln. Rasuna Said. Epson yang pindah kantor ke koridor TB Simatupang. Citibank juga pindah ke koridor TB Simatupang membuat tingkat hunian keseluruhan di kawasan pusat bisnis sedikit menurun menjadi 84,6 persen.

Download laporannya di sini:

Perincian Renovasi Ruang Kantor

Saat Anda sewa kantor dan merenovasinya maka kami akan datang untuk survei dan meneliti bidang apa saja yang perlu renovasi.

  • Lantai, apakah ingin menggunakan karpet atau lantai kayu / parquet?
  • Dinding, apakah perlu penambahan dinding partisi?
  • Pintu, apakah bukaannya atau kuncinya masih sempurna?
  • Wallpaper, apakah dinding partisi memerlukan wallpaper?
  • Vertical blind / korden, apakah jendela kaca sudah ada korden?
  • Plafon, apakah sudah ada atau belum?
  • Lampu-lampunya, apakah lampunya diganti gedung?
  • Kabel-kabel, berapa banyak titik stop kontak, telepon & internet?
  • Furnitur kantor, apakah perlu meja, kursi & kabinet?

Bila Anda menjawab perlu semuanya maka biayanya akan semakin besar, tetapi semakin besar ruangan kantor Anda biasanya rata-rata per meter persegi bisa menjadi kurang apalagi bila renovasi hanya menggunakan material standar yang biayanya sudah standar di seluruh Indonesia.

Biaya yang besar seperti untuk lantai bisa dihemat bila tidak ada perubahan. Tanpa perubahan dinding maka tidak memerlukan wallpaper. Begitu pula plafon bila tanpa perubahan tentu Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang besar. Selain poin-poin itu maka Anda harus mengeluarkan biaya seperti untuk lampu, kabel dan furnitur kantor, yang memang diperlukan.

Bila memang tidak ada perubahan untuk lantai, dinding dan plafon. Masalahnya sekarang adalah apakah sudah sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan? Apalagi bila lantainya menggunakan karpet yang warnanya sudah kusam. Bagaimana partisi dan wallpapernya apakah sesuai corak motif & warnanya?

Download Surat perjanjian sewa kantor

Berdasarkan pengalaman kami dilapangan, bila Anda merenovasi fit out kantor hanya tambal sulam semacam itu maka sudah bisa dipastikan atmosfir kantor Anda tidak akan memberikan citra yang sesuai dengan bisnis Anda.

Maka dari itu sebaiknya Anda sewa kantor dalam keadaan kosong, karena desain kantor Anda bisa dirancang menyesuaikan dengan citra bisnis Anda. Sebagai contoh ruang resepsionis, nuansa warna & furnitur akan menampilkan atmosfir sesuai bisnis Anda.

Jadi jangan sampai maksud hati berhemat tetapi memberikan citra buruk terhadap bisnis Anda.

Anda dapat mencari kantor melalui pencarian dengan kata kunci ini:

  • Sewa kantor jakarta barat
  • Sewa kantor murah jakarta pusat
  • Sewa kantor murah jakarta selatan
  • Sewa kantor jakarta timur
  • Sewa ruang kantor murah di tebet
  • Sewa ruang kantor kecil
  • Sewa ruang kantor siap pakai
  • Sewa ruang kantor bulanan

Gratis konsultasi. Gratis survei. Gratis estimasi biaya.

Hubungi segera:

Strategi membangun citra Anda

INTERIORKANTOR.COM adalah situs interior kantor pertama di Indonesia yang hadir sejak tahun 2006.