Renovasi Kantor, Investasi Jangka Panjang Bisnis Anda

Renovasi kantor. Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum Anda melakukan renovasi dan memilih jasa renovasi kantor.

renovasi kantor

  1. Ketahui Alasan Melakukan Renovasi Kantor

    Mengapa harus melakukan renovasi kantor? Meskipun akan mengeluarkan biaya yang besar, renovasi merupakan salah satu bentuk investasi yang memberikan keuntungan jangka panjang. Setiap orang akan melakukan penilaian terhadap sebuah perusahaan melalui citra yang terpancar dari  perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan yang memiliki desain yang baik tentu akan mendapat penilaian yang baik dibandingkan sebuah perusahaan dengan desain tidak menarik dan kumuh.

    Selain itu, renovasi kantor juga akan meningkatkan kinerja karyawan, karena lingkungan yang kondusif akan membuat mereka bekerja secara efektif dan efisien. Renovasi kantor juga dilakukan untuk menyediakan ruangan yang efisien. Seiring berkembangnya suatu perusahaan, kebutuhan ruang pun meningkat. tetapi tata letak satu ruang dan ruang lain sangat tidak efisien sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukan sesuatu. Misalnya, dua divisi yang seharusnya dapat bekerja dengan cepat jika salah satu dinding dibuka, justru terhambat karena mereka terhambat oleh tata ruang yang belum diubah. Hal ini meskipun terlihat sepele, membawa dampak yang sifgnifikan.

  2. Selektif dalam Memilih Jasa Renovasi Kantor

    Selektif diperlukan agar Anda mendapatkan jasa renovasi kantor yang baik dan hasil yang memuaskan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan perusahaan jasa renovasi kantor.

    a. Kredibilitas
    Kredebilitas perusahaan di jaman sekarang sangat mudah untuk dilacak. Anda bisa mengetahui tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan melalui halaman online dengan mudah, apalagi jika Anda tergabung dengan berbagai forum. Hal yang perlu Anda ketahui adalah hal-hal yang berkaitan dengan seberapa besar penilaian masyarakat terhadap keandalan, transparansi, dan keterpercayaan perusahaan tersebut. Selain itu, Anda dapat juga mengamati melalui laman online atau mendatangi perusahaan jasa secara langsung. Perusahaan yang baik dan dapat diandalkan dapat diibaratkan seperti seseorang yang percaya diri. Mereka tidak akan segan-segan untuk memperlihatkan ruang kantor, ruang pamer, serta karya-karya mereka kepada Anda. Cek juga apakah perusahaan tersebut selalu tepat waktu dalam mengerjakan proyek.

    b. Sistem Pembayaran
    Pertimbangkan sistem pembayaran yang diajukan. Perusahaan yang terlalu terburu-buru meminta pembayaran penuh sebelum pekerjaan selesai tentunya patut Anda waspadai. Keuntungan lain dari pengecekan sistem pembayaran adalah Anda dapat meyesuaikannya dengan keuangan kantor Anda.

    c. Sistem Konsultasi
    Tidak semua perusahaan jasa siap melayani keinginan konsumen. Anda harus mengecek apakah perusahaan yang akan Anda gunakan jasanya terkenal baik dalam mewujudkan keinginan konsumen. Sementara untuk Anda yang tidak terlalu suka keribetan, mungkin lebih cocok bekerja sama dengan perusahaan jasa yang siap membuatkan desain dalam bentuk menyeluruh. Sesuaikan dengan kebutuhan kantor Anda.

  3. Menentukan Aspek Utama Renovasi Kantor

    Apa aspek utama yang akan diraih setelah renovasi kantor. Apakah Anda ingin agar tata ruang kantor memperlancar komunikasi atau untuk memperkuat citra perusahaan Anda. Tujuan utama yang telah ditetapkan tidak boleh melupakan hal-hal mendasar, misalnnya ciri khas perusahaan, kesesuaian dengan anggaran, dapat diaplikasikan di area yang tersedia, dapat mengakomodasi seluruh karyawan, bahkan jika bisa mengakomodasi perkiraan jumlah karyawan di masa depan, dan tentu saja tidak terdapat pelanggaran apa pun terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan peraturan pemerintah setempat.

  4. Renovasi Kantor Fokus Ke Masa Depan

    Renovasi kantor berkali-kali bukanlah langkah yang baik. Hal tersebut dapat meningkatkan pengeluaran perusahaan. Untuk itu, diperlukan ide desain sebuah kantor yang berpotensi untuk diaplikasikan beberapa tahun mendatang. Dengan menerapkan desain seperti ini, perusahaan juga akan tampil sebagai sebuah lembaga yang memiliki orientasi ke depan. Hal ini akan menghadirkan suasana bisnis yang baik.

    Untuk menghindari pembengkakan anggaran, Anda juga dapat memilih bagian mana saja dari ruang kantor yang perlu direnovasi yang perlu diperbarui dan mana yang tidak. Beberapa item atau bagian yang diperkirakan dapat beradaptasi dengan perkembangan dapat tetap dipertahankan. Dengan demikian Anda hanya perlu mengganti hal-hal yang perlu saja.

    Selain itu, pertimbangkan juga hal-hal yang perlu ditambahkan yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh kantor Anda terhadap lingkungan sekitar. Apalagi jika lingkungan sekitar merupakan target konsumen perusahaan Anda. Dengan menciptakan ruang khusus untuk akses terhadap mereka, tentu hubungan suatu kantor dengan konsumennya menjadi dekat. Saat ini perusahaan banyak menciptakan akses terbuka agar mudah didatangi kliennya. Penambahan ruang yang dapat diakses banyak orang dan pengurangan ruang untuk privasi tentu membutuhkan pemikiran yang dalam terkait dengan jenis usaha dan kemungkinan yang dihadapi di masa datang. Perusahaan juga bisa membangun fasilitas-fasilitas yang belum terdapat di area interior kantor tersebut. Dengan mengundang banyak orang ke sebuah perusahaan, secara tidak langsung branding image terjadi dengan sendirinya.

  5. Percayakan Renovasi Kantor kpd Satu Orang

    Dengan melimpahkan proyek kepada satu orang, sebuah perusahaan akan terhindar dari komunikasi yang tidak lancar atau kesalah-pahaman. Dengan mempercayakan satu orang sebagai pelaksana, dengan sendirinya seluruh tanggung jawab ada di tangan orang tersebut. Proyek pun menjadi lebih terkendali. Apabila terjadi kesalahan, mudah untuk pertanggungjawabannya. Orang yang dipilih haruslah orang yang bisa berkomunikasi dengan baik, mampu mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu, dan disiplin.

Ide Renovasi Kantor

Ide renovasi  kantor di bawah ini adalah tip untuk meningkatkan kenyamanan kantor Anda agar secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Ide renovasi  kantor dalam berbagai skala merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak kantor.  Banyak sekali ide renovasi untuk sebuah ruangan kantor yang bisa dijadikan referensi, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Meniadakan partisi antar ruang

Masih banyak kantor-kantor yang menggunakan sekat-sekat antara satu karyawan dengan karyawan yang lain, dimana masing-masing karyawan bekerja dalam satu ruang kecil.

Sekat partisi semacam ini perlu ditiadakan atau perlu dikurangi. Bila memang diperlukan, model sekat partisi yang ada bisa diganti dengan sekat partisi dari kaca, baik berupa kaca tembus pandang atau kaca yang berkabut.

Penggunaan sekat partisi dari kaca akan memberikan kesan ruangan kantor yang lebih besar. Selain itu, pengurangan jumlah sekat partisi akan mendorong lancarnya komunikasi antar karyawan.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “partisi kaca”

Bermain dengan warna

Banyak ide renovasi  kantor yang mendekorasi dan mendesain kantor mereka dengan warna dasar seperti putih, abu-abu ataupun coklat. Warna-warna tersebut memang merupakan warna netral yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai warna lain.

Namun warna-warna tersebut juga sangat membosankan. Dalam ide renovasi kantor, bermainlah dengan penggunaan warna yang berbeda dari biasanya, untuk memberikan semangat baru kepada para karyawan. Gunakan software warna ini.

Bijaklah dalam memilih warna untuk ruangan kantor yang berbeda. Masing-masing warna memberikan efek yang berbeda pula. Pilihlah warna yang mendukung tujuan utama penggunaan sebuah ruangan.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “roda warna”

Sebagai contoh untuk ide renovasi kantor, pilihlah warna-warna yang memberikan semangat kerja kepada para karyawan operasional misalnya dengan memberikan sentuhan aksen warna-warna cerah seperti orange, kuning dan merah dalam jumlah yang tidak berlebihan. Gunakan software warna kami.

Sementara itu ide renovasi kantor untuk ruangan rapat resmi yang dipergunakan oleh para pimpinan, pilihlah warna-warna seperti warna hijau gelap, biru laut dan burgundy yang memberikan kesan formal, dan juga memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang kuat dan dapat dipercaya.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “daya tarik warna untuk ruang kantor”

Ide Renovasi Kantor: Sentuhan Alam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa para karyawan yang bekerja dekat dengan alam akan mengalami peningkatkan produktivitas. Ide renovasi kantor Hal ini bisa dimanfaatkan dalam proses perencanaan kantor dengan berbagai cara misalnya saja dengan menempatkan pot bunga di dalam ruangan kantor atau bisa juga dengan mengatur posisi meja kerja agar bisa melihat ke luar jendela.

Ide renovasi kantor ini bisa dipadukan dengan penambahan jendela berukuran besar yang bukan hanya memberikan akses untuk cahaya matahari agar bisa masuk dengan lebih leluasa, namun juga akan memberikan pandangan yang lebih luas terhadap suasana alam yang ada di luar sana.

Alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan menciptakan pojok-pojok kantor bernuansa alam di berbagai area di seluruh kantor. Pojok-pojok tersebut perlu diberikan berbagai jenis tanaman atau kolam kecil yang akan menjadi sebuah surga kecil ditengah kesibukan kerja yang padat setiap harinya.

Bisa juga dengan memberikan sentuhan alam dalam bentuk lain misalnya saja penggunaan bahan alam seperti kayu yang tidak dicat didalam pemilihan berbagai furniture di dalam ruangan kantor.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “tanaman indoor”

Pertimbangkan untuk mengganti kursi yang ada

Kursi dan meja merupakan furniture yang wajib ada di dalam setiap kantor. Saat melakukan ide renovasi kantor, pertimbangkan untuk mengganti meja atau setidaknya kursi yang ada.

Model meja dan kursi yang baru bisa disesuaikan dengan dekorasi baru dari kantor tersebut. Pilihlah jenis meja dan kursi yang bukan hanya terlihat menarik dan sesuai dengan tema dekorasi kantor yang baru, namun juga ergonomis dan nyaman dipakai, terutama bila meja dan kursi tersebut akan dipergunakan oleh para karyawan sepanjang hari.

Semakin nyaman para karyawan di dalam bekerja, maka diharapkan tingkat produktivitas mereka juga akan semakin meningkat.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “meja & kursi kantor”

Sentuhan seni sebagai bagian dekorasi kantor

Ada berbagai cara yang bisa dipergunakan untuk memberikan sentuhan seni untuk sebuah kantor. Penambahan lukisan dinding hanyalah salah satu contohnya.

Ada banyak cara yang lain misalnya saja dengan mempergunakan mozaik pada salah satu area dinding kantor, menambahkan poster-poster yang unik dan membangkitkan semangat, penambahan berbagai aksesoris kecil yang bisa berfungsi sebagai hiasan kantor dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penambahan sebuah karya seni di dalam sebuah kantor adalah salah satu cara mudah untuk memberikan perubahan penampilan tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Renovasi kantor
Renovasi kantor: “dekorasi ruang kantor”

Ruang untuk karyawan istirahat atau olahraga

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menambahkan ruangan khusus dalam area perkantoran mereka, berupa ruangan bersantai atau ruangan olahraga seperti gym.

Ketersediaan area untuk bersantai ataupun berolahraga akan menjadi salah satu daya tarik yang sulit untuk ditolak. Tidak hanya itu, keberadaan ruangan tersebut juga akan meningkatkan produktivitas kerja para karyawan untuk berbagai alasan  yang berbeda.

Para karyawan bisa memanfaatkan ruangan tersebut untuk bersantai dan bersenang-senang dengan rekan kerja yang lain, yang secara tidak langsung akan membuka alur komunikasi dan terbukti mampu memberikan sudut pandang yang berbeda dalam upaya penyelesaian masalah.

Renovasi kantor memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan hanya sebuah tampilan baru semata. Dengan perencanaan renovasi yang tepat, produktivitas kerja pun akan meningkat untuk keuntungan bersama.

Layanan yang berguna untuk Anda tindak lanjuti: