in Interior & Bisnis

Kantor Bersama Sekaligus Berkolaborasi dan Berkomunitas

Kantor bersama atau kantor virtual atau co-working space – Bagi para netizen di kota besar, bekerja kini bisa di mana saja, di rumah, di kantor atau kantor bersama. Kepadatan lalu-lintas, lokasi yang jauh dan mobilitas yang semakin tinggi di kota-kota besar seperti Jakarta membuat mereka kini bisa bekerja di mana saja.

Ada beberapa perusahaan yang tidak mewajibkan karyawan tertentu untuk datang ke kantor setiap hari, sehingga mereka membutuhkan tempat untuk bekerja selain di kantor sambil berkolaborasi dan berkomunitas .

Selain itu juga mulai banyak netizen yang bekerja atau pertemuan di kafe atau mal. Mereka adalah kalangan freelancer dan wirausahawan start-up / UKM yang perlu tempat bekerja yang terjangkau biayanya, karena untuk sewa kantor merasa masih terlalu mahal.

Kantor bersama atau kantor virtual atau co-working spaceSolusi untuk tempat bekerja itu adalah kantor bersama atau co-working space istilah dalam bahasa Inggris atau kantor virtual. Kantor bersama atau Co-working space memberikan fasilitas untuk berbagi peralatan, ide, dan pengetahuan.

Kantor virtual ini juga ada yang menyediakan fasilitas-fasilitas lengkap seperti berikut:

  • Ruang kerja, ruang seminar, ruang pertemuan.
  • Layanan resepsionis, fotokopi, printer, scanner.
  • Fasilitas resepsionis, lounge, dapur, kebersihan, keamanan.
  • Teknologi wifi internet, telepon.
  • Manfaat komunitas / networking.
  • Pilihan ruang, tata letak & furnitur ergonomis.
  • Relokasi, mempebesar atau memperkecil ruang.

Di Jakarta sudah banyak bertebaran kantor-kantor bersama atau proyek co-working space seperti “Jakarta Digital Valley” di Gedung Telkom lantai 6, Jakarta, bahkan ada yang menyediakan di beberapa area lokasi di Jakarta. Untuk kota-kota besar lain seperti Surabaya, Bali dan Jogja juga sudah bermunculan ruang kantor – ruang kantor virtual ini.

Keberadaan bisnis co-working space atau kantor virtual ini karena adanya kebutuhan tempat untuk bekerja tetapi penyewa tidak ingin modal terikat ke properti, biaya persiapan yang tinggi, serta biaya layanan dan fasilitas ruang kantor.

Kantor bersama atau kantor virtual atau co-working space

Kantor bersama seperti ini cocok untuk pekerja “freelance”, UKM, usaha kecil micro atau para pekerja industri kreatif & IT. Adanya komunitas informal di kantor bersama ini bertujuan untuk berbagi biaya sekaligus berkolaborasi dan berkomunitas, selain interaksi untuk berbagi ide.

Konsep kantor bersama ini pun sesuai dengan program Kemenkop Bidik 49 Kampung Digital di 2017 atau secara informal bisa menjadi tempat berkumpul para blogger, pekerja IT serta inkubator bisnis UKM.

Tip Menyewa Kantor Bersama

  1. Lokasi
    Cari di intenrtlokasi kantor bersama di pusat bisnis atau dekat rumah Anda. Perhatikan pula tempat parkir, untuk kendaraan bagi pekerja dan klien Anda.
  2. Harga sewa kantor bersama
    Sebelumnya Anda harus teliti harga sewa kantor bersama yang di tawarkan, mengapa tarifnya bisa lebih bersaing satu dengan lainnya.
  3. Kondisi ruang kerja
    Anda harus mempertimbangkan kebutuhan ruang kerja Anda apakah sesuai dengan kebutuhan Anda serta bagaimana interior kantor dan furnitur kantor ergonomis bersama yang tersedia.
  4. Fasilitas pendukung dan yang diperlukan
    Selain dari sisi biaya, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain seperti tenaga pesuruh kantor, satpam, resepsionis, fax, fotocopy, printer, telepon, besaran KWH lisrik & wifi internet yang disediakan.
  5. Surat kontrak
    Selain 4 poin di atas, jangan lupa untuk membuat perjanjian kontrak yang resmi merupakan hal penting untuk kelancaran usaha Anda dalam jangka panjang.

Pertimbangan Lain Sewa Kantor Bersama

Tip sewa kantor bersama di atas merupakan pertimbangan dasar untuk menentukan kantor bersama, selain itu Anda juga harus memperhatikan hal-hal sekunder seperti.

  • Networking antar pengguna kantor bersama
    Merupakan keharusan bagi dunia bisnis untuk mengembangkan networking untuk pemasaran sehingga saling menguntungkan satu dengan lainnya. Jadi carilah kantor virtual yang memiliki banyak anggotanya.
  • Kolaborasi antar pengguna kantor bersama
    Mencari peluang untuk saling berkolaborasi antar pengguna kantor virtual dalam bidang pemasaran seperti contoh promosi silang untuk kemajuan usaha Anda.

Kantor bersama

Peluang Bisnis Interior Kantor Bersama

Mulai bisnis kantor Anda sendiri sekarang!

Dunia berubah, kompetisi negara-negara bertambah ketat karena sumber daya semakin sulit dan mahal, lokasi kantor semakin sedikit tersedia, ruang kantor di kota-kota besar semakin mahal.

Indonesia semakin berbenah, infrastruktur dibangun hingga Indonesia Timur. Wirausaha dikembangkan bahkan Kemenkop & UKM membidik kampung Digital di seluruh negeri tahun 2017. Program inkubator start up di bangun di banyak perguruan tinggi.

Start up akan semakin menjamur dan mereka perlu kantor, staf dan peralatan untuk memulai bisnis dengan biaya masuk yang rendah untuk kompetitif. Strategi setiap start up adalah untuk fleksibel, sederhana dan fokus pada bisnis mereka.

  • Dengan munculnya komputasi mobile dan teknologi cloud, peluang bagi Anda menjadi pebisnis ruang kantor.
  • Kantor virtual adalah solusi yang tepat. 100% Bisnis Menguntungkan!

InteriorKantor.com memiliki pengalaman yang sangat luas dalam merencanakan interior kantor, desain & bangun interior kantor serta manajemen pemeliharaan gedung secara profesional.

Kami dapat membantu Anda menyediakan kantor virtual sebagai kantor bersama untuk memenuhi kebutuhan  UKM, usaha mikro & pekerja freelance atau start up untuk fokus pada bisnis mereka .

Lokasi gedung Anda akan menyediakan ruang pertemuan, ruang-ruang kantor bersama dengan berbagai paket yang terjangkau, nyaman dan efisien untuk digunakan sebagai Kantor Virtual bagi eksekutif untuk melakukan bisnis.

Baca selanjutnya Peluang Bisnis kantor virtual yang menggiurkan di sini.

Hubungi 085103-889537 atau email kami di sini untuk mempelajari lebih detil mengenai peluang bisnis ini.


Inspirasi Desain Interior Co-working Space

Dunia bisnis kini semakin meluas dan mencakup berbagai hal. Perusahaan start up bermunculan dan memarakan dunia bisnis. Kini hampir semua orang melihat peluang dengan menjadi entrepreneur dan memulai usaha dengan modal kecil.

Saat ini kebutuhan untuk ruang kantor yang fungsional menjadi semakin populer. Keberadaan kantor jadi lebih fleksibel cukup dengan shared office. Ruangan kantor yang saling berbagi dengan usaha kecil lain.

Berikut adalah beberapa Inspirasi desain interior kantor co-working space – yang menjadikan ruang luas yang multifungsi untuk digunakan secara bersamaan dengan fungsi dan manfaat yang mendukung kerja & kolaborasi sehingga lebih produktif.  

Inspirasi Desain Interior Kantor Co-working Space 

Desain kantor untuk co-working space dengan area besar yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jadi tidak ada ruang yang hanya digunakan secara khusus saja.

Desain Interior Co-working Space Minimalis  

Co-working Space pada dasarnya adalah ruangan yang bisa disewa untuk bekerja per hari atau per jam, bisa pula untuk meeting beberapa hari. 

Gaya penataan kantor dengan konsep minimalis memberikan tampilan simple namun mengedepankan fungsi.

Jadi perusahaan yang sangat fokus untuk menyelesaikan pekerjaannya paling menyukai jenis ruang kantor dengan desain seperti ini.

Desain Interior Co-working Space Terbuka

Tema kantor dengan suasana yang terbuka jadikan pilihan. Lupakan kantor dengan banyak ruangan serta sekat pembatas. Ruangan dengan konsep terbuka maka kesan jadi lebih luas dan juga efisien.

Desain terbuka membuat komunikasi lancar karena tidak ada batas  bahkan sesama klien. Interaksi jadi lebih mudah karena desain kantornya yang mendukung.

Kantor bersama atau kantor virtual atau co-working space 01

Rencana Penerapan Interior Co-working Space

Pahami desain interior co-working space yang menerapkan area yang bisa digunakan oleh siapa saja. Perencanaannya bahkan perlu lebih detail karena menggabungkan berbagai kebutuhan tiap orang yang berbeda-beda dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.  

1. Atmosfir Gedung

Kantor co-working space hanya bisa menggunakan interior yang netral seperti:

  • Warna dibuat netral agar tidak mendominasi sebuah warna tertentu yang hanya disukai gender tertentu contoh pink.
  • Area dengan meja besar jadikan fitur utama.
  • Minim dekorasi, agar memberikan suasana yang multiguna atau hanya berfokus pada hal umum seperti tanaman, vas bunga.

2. Konsep Co-working Space yang Multifungsi

  • Rancang kantor atau desain interior Co-working space yang multifungsi, mempertimbangkan furnitur yang tidak hanya memiliki satu fungsi. Seperti partisi meja yang bisa digunakan sebagai rak buku atau ide multifungsi lainnya.
  • Area publik yang bisa digunakan untuk meja kantor atau untuk ruang pertemuan yang memuat orang banyak.

3. Anggaran biaya interior kantor Co-working space.

Perhitungkan desain interior kantor seperti:

  • Desain Kantor pada area luas atau terbatas.
  • Penerapan Interior dengan mengedepankan kenyamanan.
  • Biaya Pekerja dan jasa desainer interior.
  • Harga material dan ornamen dekoratif

Tips Memilih Kantor Co-working Space yang Tepat

Kenyamanan adalah fitur utama yang dipertimbangkan  kala memilih untuk menyewa sebuah kantor co-working, pastikan ruang kantor sesuai dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  • Furnitur.
    Pilih furnitur yang dapat mengakomodasi kebutuhan semua orang. Sesuaikan luas kantor dengan furnitur dan arus gerak orang.
    .
  • Fungsi.
    Pilihan kantor co-working space yang memiliki interior yang fungsional. Kalau bisa bersantai namun pada saat yang sama membahas hal serius tentu jadi hal penting dalam pemilihan kantor
    .
  • Pencahayaan Optimal
    Pilih ruangan kantor dengan pencahayaan yang luas secara natural dan juga pada penataan lampunya, karena ruangan yang temaram  karena kurang cahaya mempengaruhi daya tarik.
    .
  • Sirkulasi Udara.
    Ruangan perlu  AC yang optimal sehingga bisa digunakan oleh banyak orang agar tetap nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Interior Kantor Co-working Space

Desain interior kantor co-working space berkonsep sederhana dan multifungsi. Nuansa netral bisa memangkas biaya kantor bukan tanpa keunggulan dan kekurangannya.

Berikut penjabaran plus minus co-working space yang bisa dijadikan pertimbangan kala merencanakan desain interior.

1. Pilihan Warna
Pilihan warna yang jadi Inspirasi desain interior kantor co-working space menggunakan warna netral. 

2. Furnitur
Karena konsep co-working space adalah untuk digunakan bersama. Maka pilihan furniturnya standar, sehingga memberikan atmosfir kerja yang netral.

Kantor bersama atau kantor virtual atau co-working space

3. Dekorasi
Penggunaan dekorasi minim sehingga untuk ornamen dekoratif jadi  terbatas dan terlalu polos.   

Kesimpulan Penerapan Desain Interior Co-working Space yang  Nyaman

Memastikan desain interior Co-working Space 

  • Ukuran bangunan kantor
  • Desain netral
  • Ruang terbuka

Apakah Anda merencanakan desain interior kantor untuk kantor bersama atau kantor virtual atau co-working space?