Pengaturan Ruang Kantor

Pengaturan ruang kantor merupakan bagian penting untuk mewujudkan kantor yang indah, nyaman, sehat dan fungsional. Pengaturan ruang kantor yang baik dan benar bukan untuk kantor besar saja, kantor kecil pun perlu penataan ruang kantor yang baik dan benar, agar menjadi lebih nyaman dan leluasa.

pengaturan ruang kantor

Mengapa kantor terlihat ruang-ruangnya sempit dan sesak. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, pengaturan interior ruang kantor tidak terencana atau tertata dengan baik dan benar, maka ruang terasa tidak nyaman dan menyenangkan.

Penataan interior kantor yang baik dan benar tidak terlepas dari empat hal pokok yang harus dipahami yaitu:

– Tata ruang kantor,
– Pemilihan perlengkapan kantor,
– Dekorasi ruangan kantor,
– Lalulintas dalam ruang kantor.

085888-690006

Pengertian Tata Ruang Kantor

Pengertian tata ruang kantor bukan sekedar mengatur dan menempatkan perlengkapan / barang dalam ruangan kantor saja, tetapi harus memenuhi unsur kebutuhan ruang kantor yaitu fungsi ruang kantor dan efisiensi.

Sehingga dapat terwujud ruang kantor yang indah dan nyaman, misalnya ruang tamu, penataan ruangnya harus diarahkan agar menjadi ruang untuk menerima tamu yang nyaman, indah dan menyenangkan sesuai dengan fungsinya.

Setiap ruang kantor sebaiknya ditata sesuai dengan fungsinya, bila ada ruang yang berfungsi ganda, misalnya sebagai ruang tamu dan ruang resepsionis maka penataan ruang harus memenuhi kedua fungsi tersebut meskipun penggunaan ruang itu pada waktu yang berbeda.

Keterbatasan pada kantor kecil sesungguhnya bukan halangan untuk mewujudkan keindahan interior kantor dan kenyamanan, yang diperlukan hanya penataan ruang kantor yang tepat dan efisien, sehingga kantor kecil namun terlihat leluasa serta nyaman, selanjutnya pilihlah perlengkapan yang sesuai dengan bentuk dan ukuran ruang kantor serta memenuhi kebutuhan pokok ruangan.

Pemilihan Perlengkapan Ruang Kantor

Pemilihan perlengkapan ruang kantor, yang pertama harus dipahami adalah perlengkapan pokok setiap ruang kantor dan sesuai dengan fungsi ruang yang dimaksud, sebagai contoh ruang tamu maka sesuai dengan fungsinya adalah memerlukan kursi tamu yang sesuai dengan bentuk dan ukuran ruangan, selain itu diperlukan sebuah meja untuk meletakan minuman dan makanan kecil.

Bila kantor kecil, pilih ukuran minimal tetapi cukup nyaman untuk duduk , misalnya panjang dan lebar dudukan kursi minimal 40cm x 40cm. Perlengkapan seperti meja sudut atau credenza dapat ditambahkan bila ruang masih memungkinkan.

Dekorasi Ruangan Kantor

Tujuan dekorasi ruangan kantor adalah untuk menciptakan suasana ruang kantor agar indah dan terasa menyenangkan bagi setiap orang yang berada di dalam kantor itu.

Penciptaan suasana ruang kantor dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan penggunaan elemen dekorasi yang khusus misalnya; gambar / lukisan, patung atau benda-benda hiasan yang lain.

Sebenarnya setiap benda / perlengkapan yang ditempatkan dalam ruang dapat menjadi elemen dekorasi, karena setiap benda yang berada dalam ruang kantor ikut menciptakan suasana kantor, sebut saja misalnya; lampu meja, vas atau pot bunga, korden atau tirai, bahkan corak dan warna dinding, langit-langit dan lantai, semuanya bisa menjadi unsur dekorasi ruangan kantor.

Untuk kantor kecil dan ruangnya berukuran kecil, maka perlu upaya agar ruang kantor tampak dan terasa lebih luas. Kesan ruang kantor yang luas dan segar dapat dicapai dengan pemilihan unsur / elemen yang tepat, dengan kriteria / syarat dasar berikut:

  • Bentuk dan ukuran elemen / unsur dekorasi kecil dan sederhana.
  • Pilih warna yang lembut dan terang agar ruang terasa segar.
  • Kaca cermin merupakan elemen dekorasi yang efektif untuk ruang kantor kecil  karena dapat menimbulkan kesan luas dan terang.

Lalu-Lintas dalam pengaturan Ruang Kantor

Setiap ruangan di dalam kantor mempunyai hubungan satu dan lainnya, sehingga setiap ruangan kantor memerlukan ruang gerak agar orang dalam ruang kantor itu dapat mengakses dari satu ruang kantor ke ruang kantor yang lain atau dari satu titik ke titik yang lain.

Ruang gerak pada ruangan kantor merupakan lintasan dalam ruangan atau area lalu-lintas yang penting dan fungsional tetapi sering terabaikan dalam pengaturan ruang kantor, akibatnya dapat mengurangi kenyamanan dalam ruangan kantor.

Misalnya ruang tamu tanpa penataan alur lalu-lintas ruang yang baik bisa menggangu jika ada seseorang sedang asyik berbicara terpaksa harus terhenti pembicaraannya karena harus menggeser posisi duduknya ketika ada orang lain yang akan lewat.

Hal serupa ini tidak akan terjadi jika lalu-lintas dalam ruang diatur dan direncanakan dengan baik.

Bacaan lebih lanjut: Ruang Kantor, Tata Letak & Pengaturan Kerja.