in Desain, Interior kantor

30 Desain Interior Kantor Minimalis Modern

Desain Interior Kantor Minimalis Modern – Kantor merupakan tempat untuk berkarya dan mencapai prestasi dalam kemajuan bisnis Anda. Kantor adalah rumah kedua selain rumah tinggal.

Karena ruang kantor adalah juga rumah Anda, maka penting untuk merancang ruang kantor menjadi leluasa dan nyaman, karena dengan memiliki ruang kantor yang nyaman, membuat Anda merasa hidup menjadi lebih hidup dalam bekerja sehari-hari sehingga prestasi semakin meningkat.

Desain interior kantor minimalis modern

Desain Interior Kantor Minimalis Modern

Menciptakan desain interior kantor minimalis modern untuk interior kantor agar indah, nyaman dan leluasa cukup rumit dibandingkan desain interior rumah. Anda harus merancang secara detail untuk lantai, dinding partisi, wallpaper, furnitur & penempatannya serta kabel-kabel untuk telepon, listrik dan internet serta pencahayaan dan sebagainya, selain desain yang sesuai dengan karakter suatu bisnis agar bisa menampilkan citranya.

Desain Interior Kantor Minimalis Modern Ruang Direktur

Ruangan direktur adalah refleksi dari seluruh kantor. Ruang direktur akan menampilkan kesan tentang citra perusahaan. Jadi, interior kantor direktur mencerminkan perusahaan yang memberikan gambaran tentang bisnis, visi dan misi perusahaan.

Jika bisnis Anda produk high end gadget elektronik, desain interior kantor minimalis modern untuk ruang direktur cocok dengan furnitur yang memiliki gaya futuristik yang menggunakan material alumunium & kaca.

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern – desain oriental

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern – desain ruang direktur

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern – desain 3D


Desain Interior Kantor Minimalis Modern Ruang Karyawan

Tata ruang yang terbuka mempermudah berkomunikasi dan interaksi, namun sekaligus menjamin kebebasan pribadi. Lokasi dan suasana dapat menampilkan pesan dan mengubah perilaku.

Maka bukan masalah jika ruang kantor manajer Anda bergabung dengan karyawan lain, Anda bisa membedakannya dengan meja yang lebih besar dan lokasi tersendiri atau Anda memilih warna yang membedakannya dengan meja staf.

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern, meja kantor karyawan


Desain Interior Kantor Minimalis Modern untuk Ruang Rapat

Ruang pertemuan sebenarnya dapat memiliki beberapa fungsi seperti presentasi, diskusi, pertemuan manajer atau pelatihan.

Dengan desain interior kantor minimalis modern untuk ruang pertemuan fungsi tersebut dapat diwujudkan yaitu menggunakan banyak meja ukuran 60x120cm sehingga bisa diatur & dipindah-pindahkan sesuai penggunaan ruang tersebut.

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern – Ruang rapat besar

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern – ruang rapat premium

Desain interior kantor minimalis modernDesain interior kantor minimalis modern, ruang pertemuan kecil

Desain interior kantor minimalis modern

Desain interior kantor minimalis modern, ruang direktur


Desain interior kantor minimalis modern untuk ruang resepsionis

Bila perusahaan Anda ingin membangun citra atau memberikan gambaran usaha Anda maka ruang resepsionis merupakan medium perusahaan Anda untuk memberikan kesan terhadap pengunjung kantor Anda.

Anda bisa dapatkan inspirasi dari galeri foto di bawah ini untuk penerapan desain interior kantor minimalis modern untuk ruang resepsionis.

Berikut di bawah ini foto-foto desain interior kantor minimalis modern


Rencana Desain Interior Kantor Minimalis Modern

Untuk kenyamanan, keindahan & tata ruang kantor yang efisien perlu perencanaan interior kantor yang memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini:

1. Analisa interior kantor ini mencakup hal-hal seperti:

  • Aspek Karyawan & kegiatannya, jumlahnya & pengelompokannya, tujuan kerja sama, produktivitas serta efisiensi kerjanya.
  • Aspek Lingkungan yaitu mencakup analisa lokasi & sekitarnya, sinar matahari, udara & kelembabannya, kebisingan pengaruhnya terhadap penempatan ruang kantor.
  • Analisa Bangunan mencakup orientasi bangunan, struktur, bahan bangunan dan utilitas bangunan, letak lift, untuk penerapan sirkulasi gerak & ruang-ruang kantor.
  • Aspek Ruang mencakup analisa pengaturan ruang & desain interior agar efektif dan efisien, penentuan luas ruang, serta penerapannya terhadap aspek-aspek karyawan, lingkungan dan bangunan

2. Fase desain & layout meliputi:

  • Merancang desain interior Kantor yang dapat mengakomodasi fungsi dan kebutuhan pengguna.
  • Menciptakan rancangan interior yang nyaman dan leluasa agar berdampak terhadap kualitas kerja.
  • Mempresentasikan citra kantor yang sesuai dengan karakter bisnis ybs.
  • Menciptakan area kerja dan sirkulasi gerak sesuai kebutuhan ruang sesuai konsep desain.

3. Anggaran biaya interior kantor adalah perhitungan biaya interior kantor berdasarkan gambar interior dan spesifikasi pekerjaan interior yang akan di bangun, untuk menghitung RAB diperlukan data–data antara lain:

  • Gambar Rencana Bangunan.
  • Spesifikasi Teknis Pekerjaan atau Rencana Kerja
  • Volume pekerjaan yang akan di laksanakan.
  • Harga bahan bangunan dan upah pekerja.

4. Konstruksi & fit out adalah proses kegiatan / pelaksanaan pekerjaan interior kantor mulai dari mengurus keluar-masuk material proyek,  pelaksanaan konstruksi interior, elektrikal dan lainnya sampai proyek selesai.

Tips Agar Ruang Kantor Lebih Nyaman & Leluasa

  • Kursi yang sesuai desain interior kantor minimalis modern
    Pilih kursi yang ergonomis untuk mendukung posisi duduk Anda yang benar, meminimalkan stres serta tekanan punggung dan sendi Anda. Kursi ergonomis didesain untuk meningkatkan produktifitas dan kenyamanan Anda ketika bekerja dalam waktu lama
    .
  • Penempatan peralatan kantor & kabinet sesuai desain interior kantor minimalis modern.
    Anda hendaknya menyesuaikan luas ruangan dengan penempatan peralatan kantor atau kabinet penyimpanan. Gantung kabinet untuk memanfaatkan ruang vertikal agar optimal. Pilih warna yang terang & senada dengan dinding kantor
    .
  • Jangan menghalangi area pintu.
    Jangan menempatkan furnitur apalagi kabinet di area pintu, agar pintu dapat terbuka lebar dan  orang leluasa keluar dan masuk ruangan. Jangan pula menggantungkan ambalan / kabinet di atas pintu
    .
  • Pilih tanaman yang sesuai desain interior kantor minimalis modern.
    Tanaman di dalam kantor berguna agar kantor terkesan lebih hijau & segar, Anda bisa menambahkan tanaman di dalam kantor Anda sebagai penyegar udara kantor.  Pilih tanaman yang tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak
    .
  • Pencahayaan yang sesuai desain interior kantor minimalis modern.
    Pencahayaan adalah faktor untuk lingkungan yang aman dan nyaman serta berkaitan dengan produktivitas kerja. Sistem pencahayaan ruangan yang tepat & sesuai memungkinkan orang dapat melihat secara jelas dan cepat.

Setiap interior kantor berbeda, setiap rancangan / desain interior kantor minimalis modern akan memiliki dampak langsung terhadap citra kantor Anda. Kami fokus untuk merancang interior kantor sejak 1996.

Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun spesialisasi untuk interior kantor dan Anda mengerti bisnis Anda. Melalui kolaborasi tersebut, kami akan menciptakan solusi interior kantor yang benar-benar membedakan kantor Anda dengan yang lain.

Hubungi kami melalui kontak form di sini atau telpon  085888.690006


Perbedaan Desain Interior Kantor Minimalis Modern dengan Klasik

Desain interior kantor perlu diperhatikan karena kantor merupakan ruang untuk kegiatan sehari-hari yang menghasilkan kinerja produktif. Desain kantor yang baik, maka kinerja karyawan akan maksimal. Manfaatnya  produktivitas karyawan juga meningkat.

Selain itu, kantor yang didesain dengan baik akan membuat nyaman para pelanggan yang datang, seperti contoh desain interior untuk lobby kantor perlu untuk diperhatikan.

Konsep desain kantor ada banyak pilihan. Konsep desain yang paling tren digunakan adalah minimalis modern. Banyak juga kantor yang menggunakan desain interior klasik. Kedua konsep desain tersebut terasa saling bertolak belakang.

Namun, keduanya memiliki keunggulan dan nuansa tersendiri yang mungkin saja membuat Anda ragu, berikut ini akan dijabarkan perbedaan konsep desain interior kantor minimalis dan klasik yang bisa membantu Anda menentukan konsep untuk kantor Anda.

Konsep Desain Interior Kantor Minimalis Modern

Desain interior kantor minimalis modern adalah sebuah konsep yang berkarakter sederhana namun tetap dapat menyuguhkan nuansa yang elegan. Interior kantor minimalis modern disukai karena sesuai jaman now. Konsep minimalis modern terkesan lebih umum dan mudah diterima oleh kebanyakan milenial. Berikut ini beberapa analisis dan penjabaran dari konsep minimalis untuk interior kantor.

1. Bentukan
Karakteristik interior minimalis adalah karakteristik interior kantor sederhana sehingga bentukan-bentukan yang ada di dalam interior modern minimalis akan selalu sederhana. Penggunaan setiap elemen, baik itu furnitur, elemen dekorasi, hingga detail dari interior minimalis akan selalu simpel. Bentukan yang dipilih untuk konsep ini adalah bentukan geometris, seperti garis lurus, lingkaran, persegi, persegi panjang, atau segitiga.

Bentuk kantor minimalis yang sederhana membuat tampilan kantor akan lebih terasa luas dan lapang. Dekorasi dan bentuk perabot yang tidak neko-neko juga akan meningkatkan kesan ruang yang lebih luas. Itulah mengapa interior kantor minimalis cocok untuk ruang interior kantor kecil atau kantor yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Sehingga tidak heran jika konsep modern minimalis lebih banyak diterapkan di perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

2. Pilihan Warna
Pilihan warna dari desain interior kantor minimalis modern biasanya menggunakan hanya dua hingga tiga warna utama. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kesan simpel dan sederhana dari konsep minimalis itu sendiri. Karenanya, ruang kantor minimalis sering terasa monoton jika tidak ditata dengan baik. Akan tetapi, jika desainer interior dapat memadukan warna-warna dengan baik, kesan monoton akan bisa tergantikan dengan kesan interior kantor elegan. Misalnya dengan menggunakan pilihan warna yang kontras namun tetap dalam batasan yang wajar.

3. Furnitur
Karakteristik furnitur kantor modern minimalis memiliki bentukan yang sederhana dan simpel. Kebanyakan perabot minimalis bukan perabot yang masif atau perabot yang terkesan berat dan penuh. Furnitur minimalis adalah furnitur yang memiliki bentuk ringan sehingga semakin mampu menciptakan kesan yang bersih dan juga lapang. Misalnya dengan memilih meja kantor minimalis yang memiliki bentuk persegi panjang dengan ruas-ruas bawah meja yang berrongga. Rongga-rongga pada furnitur seperti meja atau rak dan lemari akan memberikan kesan yang ringan pada perabotan tersebut.

Konsep desain kantor minimalis juga tidak begitu membutuhkan banyak perabot. Hal ini dikarenakan jumlah perabot yang terlalu banyak akan mengacaukan kesan minimalis itu sendiri. Sehingga tata letak perabot bisa ditentukan dengan lebih mudah, khususnya untuk ruang kantor yang sempit.

4. Bukaan
Bukaan interior kantor minimalis seringkali adalah bukaan lebar. Terutama pada elemen jendela, interior kantor minimalis modern didominasi oleh ukuran jendela yang besar. Hal ini akan memungkinkan banyak cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Di sisi lainnya, jendela yang besar dan cahaya yang masuk akan menciptakan kesan yang lapang dan luas. Maka dari itu konsep minimalis cocok untuk desain interior kantor kecil.

Dengan adanya jendela yang luas, penghuni kantor dapat berinteraksi dengan lingkungan luar secara mudah. Hal ini akan memberikan kenyamanan secara visual bagi para penghuni kantor. Material kaca yang digunakan untuk bukaan-bukaan bukan hanya akan menciptakan nuansa yang nyaman untuk bekerja, namun juga menciptakan konsep desain interior kantor futuristik.

5. Detail dan Dekorasi
Konsep modern minimalis membutuhkan detail dan dekorasi yang baik untuk menghilangkan kesan monoton dan kaku. Namun dekorasi dan detail desain minimalis juga tidak perlu terlalu berlebihan, karena yang berlebihan akan merusak kesan simpel dan sederhana dari desain minimalis itu sendiri.

Cara menerapkan detail dan dekorasi dari konsep minimalis yang baik misalnya dengan menerapkan desain interior dinding kantor yang menarik. Lukisan dengan pola sederhana dan bingkai polos bisa dipasang di salah satu sisi dinding.

Detail elemen dekorasi juga bisa diletakkan di beberapa unsur interior. Misalnya dengan meletakkan jam dinding yang sederhana dan memiliki warna yang senada dengan warna dinding, atau dengan meletakkan tanaman di sudut ruangan dengan bentuk vas bunga yang sangat sederhana. Bisa bentuk vas kubus atau bentuk vas tabung lurus.

Pemilihan elemen interior kantor juga bisa didapatkan dari pemilihan jenis tanaman yang disesuaikan dengan konsep minimalis itu sendiri. Misalnya dengan memilih jenis tanaman hias yang berdaun lurus sempit, bukan tanaman berdaun lebar dan lebat.

Kelebihan dan Kekurangan Interior Kantor Minimalis Modern

Dari beberapa penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa desain interior kantor minimalis juga memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dari konsep minimalis untuk interior kantor.

  • Konsep modern minimalis untuk interior kantor akan terkesan sederhana namun tetap elegan jika ditata dengan sangat baik.
  • Konsep modern minimalis lebih universal, cocok untuk segala kalangan, dan mudah diterima oleh kebanyakan orang.
  • Cocok untuk ruang interior kantor sempit karena tidak memiliki banyak ornamen, sehingga dapat menciptakan kesan yang lapang.
  • Mudah dikombinasikan dengan perabot atau furnitur interior kantor yang dijual bebas di pasaran dengan penataan yang baik.

Kekurangan dari desain interior kantor minimalis antara lain sebagai berikut:

  • Karena memiliki konsep yang sederhana, bentukan-bentukan elemen pada interior minimalis bisa memberikan kesan yang monoton. Apalagi jika interior tidak ditata dengan baik.
  • Pemilihan warna, perabot, atau elemen interior lainnya yang kurang sesuai akan menciptakan kesan yang kaku untuk interior kantor.

Konsep Desain Interior Kantor Klasik

Konsep desain interior ruangan kantor klasik merupakan sebuah konsep desain interior yang berkarakter kuat dan memiliki ciri khas yang cukup unik. Berbeda dengan konsep modern minimalis yang mencerminkan gaya hidup sederhana, praktis, cepat, dan aktif, konsep interior klasik lebih mencerminkan kesan yang hangat dan artistik.

Kesan inilah yang saat ini jarang didapatkan dari interior-interior kantor pada umumnya. Jika Anda berkeinginan menciptakan ruang kantor yang hangat, berkarakter dan tidak mudah dilupakan oleh pelanggan yang berkunjung ke kantor Anda, konsep klasik bisa dijadikan referensi.

Berikut beberapa karakteristik dan contoh interior kantor klasik yang perlu diketahui.

1. Bentukan
Bentukan-bentukan yang ada pada konsep desain klasik tidak terbatas. Tidak seperti konsep desain minimalis yang tidak banyak mengeksplorasi bentukan, karakteristik dari konsep desain klasik justru sebaliknya. Dimana akan ada banyak bentukan yang bisa Anda jumpai pada karakteristik ruang klasik. Bisa bentukan geometris yang berulang, bentukan yang terinspirasi dari tanaman, atau bentukan yang terinspirasi alam sekitar. Ruang-ruang dengan konsep klasik juga merupakan ruang yang bisa disebut dengan istilah “penuh”. Tidak seperti ruang minimalis yang terlihat kosong dan lapang.

2. Pilihan Warna
Kebanyakan interior kantor klasik menggunakan pilihan warna monokrom. Hal inilah yang menyebabkan ruang klasik terkesan begitu hangat. Pilihan warna yang digunakan biasanya juga tidak begitu mencolok. Tidak seperti interior minimalis yang terkadang membutuhkan warna-warna yang kontras.

Interior klasik juga sering diidentikkan dengan warna-warna kayu, seperti cokelat dan hitam. Hal ini dikarenakan kebanyakan furnitur klasik terbuat dari material kayu. Sehingga pemilihan desain warna interior kantor akan mengikuti warna tersebut.

3. Furnitur
Perabot untuk ruang klasik adalah perabot yang artistik dan berkarakter. Bentukan dari perabot yang cocok untuk ruang klasik pun ada beragam dan tidak monoton. Meja kantor klasik bisa terbuat dari kayu yang diukir-ukir dengan pola tertentu, atau bisa juga memilih kursi kantor yang berkarakter.

Tidak hanya itu, rak dan lemari untuk dokumen biasanya juga memiliki bentukan atau ornamen tertentu yang membuat ruangan menjadi berkesan klasik. Namun kebanyakan perabot bergaya klasik adalah perabot yang terkesan berat dan penuh. Sehingga konsep klasik kurang cocok untuk perkantoran yang berada di lahan sempit.

4. Bukaan
Elemen bukaan pada desain interior kantor klasik tidak begitu mencolok. Tidak seperti konsep desain minimalis dimana elemen bukaan berupa jendela seringkali dibuat lebar sehingga ruangan terkesan lebih luas. Pada konsep desain klasik, elemen bukaan tidak perlu mendominasi bagian dinding.

Bukaan berupa jendela dibuat sekadarnya atau sesuai kebutuhan pencahayaan ruang itu sendiri. Selain itu, elemen bukaan pada interior klasik biasanya dilengkapi dengan elemen yang klasik. Misalnya dengan memilih jenis jendela yang berbuku-buku, atau jendela dengan kusen yang lebar. Hal ini akan lebih mengesankan tema klasik itu sendiri.

5. Detail dan Dekorasi
Detail dan dekorasi untuk desain kantor klasik merupakan hal yang sangat penting, konsep klasik ini bertolak belakang dengan konsep minimalis dalam hal detail. Konsep klasik sangat menjunjung tinggi adanya detail, sekecil apapun detail itu. Hal ini bisa dilihat dari beberapa elemen yang sering digunakan pada konsep klasik.

Misalnya ada lis plafon dengan profil yang belekuk-lekuk. Lis plafon adalah ornamen yang ada pada petemuan antara dinding dengan plafon. Lis plafon klasik hampir selalu ditemukan pada ruang berkonsep klasik, dimana hal ini tidak ditemukan pada konsep desain minimalis.

Selain lis plafon, detail di interior klasik juga bisa ditemukan pada perabot interior kantor yang memiliki ornamen tertentu yang menciptakan kesan klasik. Juga pada elemen dekorasi lainnya seperti bentuk lampu yang klasik atau pada bingkai lukisan yang berornamen.

Kelebihan dan Kekurangan Interior Kantor Klasik

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa desain interior klasik memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dari konsep interior kantor klasik yang bisa disimpulkan.

  • Konsep desain klasik adalah konsep yang artistik dan tidak monoton karena memiliki berbagai bentukan dan juga elemen interior yang berkarakter.
  • Inspirasi desain interior kantor klasik dapat memberikan kesan yang hangat.
  • Dapat memberikan kesan interior kantor mewah.
  • Dapat memperkuat karakter sebuah ruangan, sehingga tidak mudah dilupakan oleh orang-orang yang pernah masuk ke ruangan tersebut.

Adapun kekurangan dari desain interior kantor klasik antara lain sebagai berikut:

  • Kurang cocok untuk kantor berlahan sempit, karena kesan yang didapatkan dari ruang berdesain klasik adalah kesan yang penuh.
  • Sulit untuk menyesuaikan karakter perabot lama dengan perabot baru jika suatu saat akan dilakukan pergantian perabot kantor.
  • Konsep klasik tidak universal. Artinya, tidak semua orang bisa menerima konsep klasik. Bisa jadi hanya orang-orang tertentu saja yang akan nyaman dengan nuansa klasik.

Tips Memilih Desain Interior Kantor Minimalis Modern atau Klasik

Tips memilih desain interior kantor yang paling utama adalah harus disesuaikan dengan suasana yang diinginkan, serta kesesuaian dengan karakteristik kantor itu sendiri. Setelah mendapati perbedaan antara konsep minimalis modern dan klasik yang sudah dijabarkan di atas, berikut beberapa tips yang dapat diberikan.

1. Sesuaikan dengan ukuran ruang kantor
Hal pertama yang bisa dijadikan acuan dalam pemilihan konsep desain interior kantor adalah ukuran kantor itu sendiri. Perhatikan ukuran kantor yang akan didesain atau dibangun. Jika Anda menggunakan interior kantor ruko yang cenderung sempit, konsep interior minimalis akan lebih cocok untuk diterapkan di kantor tersebut. Namun jika ukuran kantor cukup luas, maka baik konsep klasik maupun minimalis sama-sama cocok untuk diterapkan di kantor tersebut.

2. Sesuaikan dengan eksterior bangunan
Karakteristik eksterior bangunan juga perlu diperhatikan untuk memilih konsep desain interior, termasuk interior kantor, karena bentuk bangunan dari luar biasanya sudah mencerminkan kesan apa yang akan didapatkan di dalam bangunan itu sendiri.

Jangan sampai desain eksterior bangunan yang klasik diisi dengan konsep interior yang modern futuristik, atau sebaliknya. Sehingga jika Anda baru saja membeli bangunan yang berkarakter minimalis, ada baiknya interiornya menyesuaikan dengan kesan yang didapatkan di eksterior bangunan itu sendiri.

3. Sesuaikan dengan karakter yang Anda inginkan dari sebuah kantor
Tidak bisa dipungkiri bahwa selera pemilik kantor adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap keputusan desain arsitektur itu sendiri. Apakah Anda adalah orang yang suka berkehidupan secara modern, praktis, dan simpel?

Jika ya, maka interior modern minimalis akan lebih cocok untuk diterapkan. Sebaliknya, jika Anda menyukai desain interior kantor unik, berkarakter, dan juga artistik, konsep desain interior klasik akan lebih cocok untuk diterapkan di kantor tersebut.

4. Sesuaikan dengan jenis kantor
Jenis kantor atau pada bidang apa kantor akan dimanfaatkan juga merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan panduan dalam memilih ide desain interior. Misalnya jika kantor bergerak di bidang penjualan benda-benda vintage, maka konsep desain interior klasik akan lebih cocok digunakan daripada konsep modern minimalis. Sebaliknya, jika kantor bergerak di bidang jasa yang menyasar banyak kalangan, maka lebih cocok menggunakan konsep minimalis.

Demikianlah beberapa perbedaan dan tips memilih antara desain interior kantor minimalis modern atau desain interior kantor klasik. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan konsep interior kantor terbaik yang lebih cocok untuk diterapkan dalam kantor Anda.