12 Desain Rumah Kantor

Bekerja di rumah kantor adalah salah satu alternatif tempat bekerja yang praktis. Pergi ke kantor yang jauh selain membuang biaya juga perlu waktu, di kota Jakarta sangat terasa kemacetan di jalan-jalan protokol di pagi hari maupun sore hari, sungguh melelahkan dan membuat stres pikiran.

Rumah kantor

Rumah Kantor, Alternatif Ruang Kerja

Meningkatnya akses kepada internet kini memudahkan hampir semua kegiatan.  Sekarang kita mampu menjalankan semua kegiatan melalui teknologi telephone & internet sehingga memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh, walau tidak saling bertatap muka.

Untuk bekerja di rumah, maka Anda perlu suatu ruang dalam rumah untuk dijadikan kantor, atau sering disebut juga dengan rumah kantor. Pemilihan ruangan bekerja di rumah kantor tidaklah terlalu sukar. Anda dapat mengalokasikan ruang kerja di hampir seluruh ruang dalam rumah Anda.

Ada beberapa alternatif ruang antara lain sudut ruang bawah tanah, sudut ruang keluarga, atau di dalam kamar. Anda hanya perlu kreativitas untuk mencari ruangan kecil atau sudut ruangan dalam rumah.  Gunakan ruangan tersendiri dan tenang agar tidak mengganggu pekerjaan dan kehidupan keluarga anda.

Cukup dengan menggunakan ruang kecil di salah satu sudut rumah, kita dapat meletakkan meja beserta kabinet untuk keperluan ruang kerja kita. Menyediakan rumah kantor tidaklah sama dengan menyediakan ruang kerja di kantor.

Anda dapat mendesain dan menata ruangan kerja Anda dengan lebih leluasa dan sesuai dengan cita rasa serta keinginan Anda, hal yang tidak akan Anda dapatkan ketika bekerja di gedung perkantoran.

Sebelum memutuskan berkantor di rumah, Anda harus mempertimbangkan kelebihan maupun kekurangan mempunyai kantor di rumah seperti berikut.

Kelebihan Rumah Kantor:

  • Waktu yang bebas untuk mengatur jadwal kerja.
  • Tidak mengeluarkan dana untuk beli / sewa ruang kantor .
  • Mengurangi stres, tenaga & waktu serta mengalihkannya untuk hal lain yang lebih produktif.
  • Tersedia waktu untuk berinteraksi dengan keluarga.

Kekurangan Rumah Kantor:

  • Sulit mengatur waktu kerja, istirahat & keluarga.
  • Jarang bertemu dengan orang-orang baru.
  • Kurang bonafid.

Membuat rumah kantor harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Membedakan keluar masuk area rumah dan area kantor.
  • Dinding batas antara rumah & kantor harus kedap suara.
  • Pengaturan cahaya yang optimal.
  • Warna dinding yang sesuai dengan jenis pekerjaan Anda.
  • Disain furniture yang fungsional.
  • Ukuran ruang sesuai dengan jumlah orang yang bekerja.
  • Letak ruang tamu dekat dengan ruang kantor selain untuk tamu keluarga juga relasi bisnis.

Pengaturan Cahaya Lampu Ruang Kerja

Selain  kursi kantor yang nyaman, ruang gerak yang cukup, pemilihan peralatan kerja yang mendukung, pengaturan cahaya atau lampu dalam ruang kerja juga haruslah diperhatikan. Ruang kerja yang mendapat cahaya matahari yang cukup merupakan contoh ruang kerja yang baik, karena selain baik bagi pengguna ruangan, juga dapat mendukung suasana kerja.

Ruang kerja yang mendapat sinar matahari yang cukup juga merupakan pilihan tempat kerja yang baik. Arsitek / designer interior umumnya menyarankan untuk memilih ruang kerja yang dekat dengan jendela. Selain menjadikan aliran udara lebih lancar, sinar matahari yang masuk juga menghemat biaya listrik.

Bila ruang kerja anda memerlukan bantuan cahaya dari lampu, pastikan untuk memilih lampu yang cukup menerangi ruangan kerja Anda. Anda bisa juga menambah lampu meja untuk meningkatkan fokus bekerja Anda.

Sesuaikan dengan jenis pekerjaan dan cara Anda bekerja. Lampu meja yang diletakkan di tempat yang cukup tinggi cocok bagi Anda yang bekerja dengan tumpukan kertas & dokumen di meja Anda.

Memilih Kabinet untuk Rumah Kantor

Kabinet umumnya memerlukan lokasi yang cukup, Anda harus menempatkannya dekat dengan meja kerja Anda, sehingga memudahkan operasional pekerjaan Anda.

Carilah kabinet yang kuat dari material plywood / triplek  tebal 18mm,  bukannya MDF atau partikel.  Pengunaan rak-rak dokumen sederhana juga membantu untuk mengorganisasi alat kerja Anda dan memastikan ruang kerja Anda selalu dalam keadaan rapi.

Pastikan rak penyimpanannya cukup untuk meletakkan buku, file dan folder. Maksimalkan ruang kerja anda secara horizontal dan vertical.  Anda bisa menggantung rak / kabinet tersebut tepat di atas meja Anda, sehingga mudah terjangkau dan menghemat ruang.

Mengatur Meja Kerja

Meja kerja diyakini mempengaruhi kinerja seseorang. Penataan meja kerja pula dapat memperlihatkan dan menggambarkan cara kerja Anda. Lalu adakah cara dalam penataan meja kerja yang ideal?

Umumnya meja kantor yang besar dapat meningkatkan performa kerja Anda dan ruang yang luas dapat menekan stress Anda terhadap pekerjaan Anda. Karena itu awali dari meja kerja Anda.

Idealnya meja kantor yang baik adalah yang dapat mengakomodasi peralatan kerja Anda, jadi selain luas meja juga harus memiliki laci-laci untuk menempatkan peralatan kerja Anda sehingga terjangkau ketika dibutuhkan.

Pengorganisasian kerja di meja kantor Anda akan memberikan efsiensi kerja Anda, karena itu, latihlah dengan memulai mengroganisasi meja kerja anda.

Layout Ruang Kantor yang Efektif

Ruang kantor yang efektif adalah ruang kerja yang disesuaikan dengan ritme & kebutuhan kerja tubuh dan karakter manusia. Ruang kantor yang baik harus mengaplikasikan peralatan kantor sehingga mengurangi kelelahan dalam bekerja.

Ruangan kerja yang tidak menggangu saat pergerakan ketika bekerja menimbulkan psikologi ruang yang leluasa. Ruang tanpa sekat juga memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Ruang yang digunakan  beberapa karyawan sekaligus juga dapat menghemat penerangan suatu kantor.

Layout Ruang Kantor

Rumah kantor ukuran 3×3 meter persegi cukup luas untuk ruang kerja Anda di rumah kantor. Anda dapat memaksimalkan seluruh sudut ruangan dengan furnitur Anda dari meja, kursi, dan rak atau kabinet.  Bila Anda rencanakan dengan layout ruangan, maka Anda dapat meletakkan tanaman untuk menyegarkan rumah kantor Anda.

Bila ruang kerja di rumah kantor harus berbagi ruang dengan rekan kerja yang lain, maksimalkan dan atur dengan cara membuat layout dengan skala yang tepat. Atur meja kantor dengan pola U atau L.

Rumah kantor dapat dilakukan dengan mengubah ruang kecil menjadi ruang kerja Anda. Pilih sudut rumah yang cukup leluasa dan tempatkan furnitur dan perabotan yang sesuai fungsi dan manfaatnya.

Nah! Apakah Anda sudah memutuskan untuk berkantor di rumah?

Perlu konsultasi? Hubungi 085888-690006

Kami adalah sebuah usaha jasa rancang bangun interior dengan lebih dari 20 tahun
pengalaman untuk melayani kebutuhan & kepuasan rancang bangun Anda.

Hubungi 085888-690006

Kami pun bukan hanya sekedar usaha jasa rancang bangun interior
tetapi kami adalah penata gaya hidup modern Anda.