in Kantor

Ruang Kantor Minimalis

Ruang kantor minimalis – Sebuah kantor bisa berada dimana saja, baik di gedung perkantoran ataupun di dalam sebuah rumah. Lokasi bisa saja berbeda, namun esensinya tetaplah sama yaitu sebagai sebuah area untuk bekerja dan menghasilkan karya sesuai tuntutan dan kebutuhan yang ada.

Oleh karena itu, penataan ruang kantor minimalis di dalam sebuah rumah juga perlu mendapat perhatian untuk bisa mendapatkan atmosfer kerja yang mendukung.

Ide Ruang Kantor Minimalis dalam Rumah

Ada beberapa ide ruang kantor minimalis yang bisa dijadikan sumber inspirasi untuk menata ruangan kerja di dalam rumah anda.

ruang kantor minimalis

Anda bisa mempergunakan sudut ruangan yang tidak terpakai di dalam rumah anda sebagai sebuah area kerja. Gambar diatas menunjukkan area kerja yang berada pada sudut ruang keluarga. Penataan yang sederhana namun efektif dan efisien menjadi kunci dari desain tersebut.

Meja kerja berukuran cukup kecil dan cukup untuk meletakkan laptop dan beberapa alat bantu kerja lainnya. Sementara itu area penyimpanan berupa rak dibuat seakan-akan menyatu dengan dinding yang berada di atas meja kerja.

ruang kantor minimalis

Tampilan ruang kantor minimalis sekaligus klasik merupakan daya tarik utama pada desain kantor ini. Tampilan ruang kantor minimalis dihasilkan dari penggunaan meja dan kursi kayu dengan desain yang sederhana serta penggunaan lapisan cat berwarna transparan sebagai sentuhan akhirnya.

Perpaduan warna coklat dan transparan pada kedua furniture ini berhasil menampilkan kesan klasik. Penggunaan warna dinding yang cukup berani sebagai latar belakang kerja terlihat menyatu dengan sempurna dan menghasilkan desain minimalis vintage.

ruang kantor minimalis

Desain ruang kantor minimalis ini bisa dipergunakan untuk area yang lebih luas. Bagian dari rumah yang dijadikan sebagai area kantor dipisahkan dengan ruangan lain dengan menggunakan sebuah lemari kayu. Penataan meja diatur menghadap ke arah jendela kaca untuk memberikan pencahayaan dari sinar matahari dengan sempurna.

Sementara untuk area penyimpanan file dan dokumen kerja berada tepat di belakang meja kerja sehingga tidak memberikan kesan menumpuk. Material kayu mendominasi ruang kerja ini, mulai dari lantai, meja kerja, bagian dari kursi serta lemari penyimpanan. Perpaduan warna dasar kayu dengan warna putih lembut pada jendela dan kerai memberikan kesan yang hangat dan nyaman untuk bekerja.

Ruang kantor minimalis

Ruangan  panjang dan sempit yang biasanya dipergunakan sebagai lorong bisa dimanfaatkan sebagai sebuah area kerja. Hal ini terlihat jelas pada desain ruang kerja ini, yang dapat mengakomodasi lebih dari satu orang pekerja.

Ruang kerja ini mempergunakan meja panjang yang dibagi menjadi dua area kerja.  Area penyimpanan berada di antara dua area kerja yang ada dan juga dibawah masing-masing meja. Sentuhan menarik diberikan dengan adanya dua kursi santai dan sebuah meja di sisi lain ruangan tersebut.

Kursi santai tersebut bisa dijadikan tempat untuk bersantai atau untuk menerima rekan kerja dan klien. Pencahayaan natural dari sinar matahari datang dari pintu kaca yang berada pada ujung ruangan.

ruang kantor minimalis

Sebagai sebuah kantor yang berada di dalam rumah dan menjadi sebuah area dimana anda akan banyak menghabiskan waktu anda, sangatlah penting untuk menciptakan area kerja yang nyaman. Ruang kerja ini merupakan contoh ruangan yang nyaman untuk bekerja tanpa menghilangkan kesan elegan.

Perpaduan material kayu dan metal mendominasi ruangan ini. Furniture yang ada mulai dari meja, kursi, serta kabinet penyimpanan terbuat dari perpaduan antara kayu berwarna coklat dengan metal berwarna silver. Kesan profesional dan elegan tampak sangat jelas dari perpaduan kedua material tersebut.

Salah satu sisi ruang kantor minimalis merupakan dinding kaca yang dibuat menghadap langsung ke taman yang tertata rapi. Hal ini memungkinkan sinar matahari untuk masuk dengan leluasa di siang hari. Di sisi lain, pemilik kantor ini akan bisa menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata saat sedang bekerja. Terdapat beberapa item dengan bentuk geometris yang memberikan kesan unik sekaligus mempertegas kesan minimalis dalam ruangan ini.

ruang kantor minimalis

Ruangan kantor minimalis ini terdapat persis di samping jendela yang memberikan akses untuk sinar matahari sebagai sumber pencahayaan alami.

Furniture yang dipergunakan menampilkan kesan minimalis dengan sentuhan berbeda. Meja yang dipergunakan memiliki lekuk pada keempat sudutnya yang memberikan tampilan lebih lembut.

Sementara itu, rak buku yang dipergunakan lebih menyerupai tangga dengan sudut kemiringan tertentu. Kursi yang ergonomis melengkapi desain ruangan kantor minimalis ini. Sebagai sentuhan akhir, terdapat beberapa poster dengan pola dan warna yang semarak untuk menambah sedikit warna pada keseluruhan desain.

ruang kantor minimalis

Ruangan loteng yang umumnya hanya dipergunakan sebagai tempat penyimpanan barang tidak terpakai juga bisa dimanfaatkan sebagai ruangan kerja. Desain ruangan kerja ini menggunakan warna hitam dan putih pada seluruh bagian ruangan.

Perpaduan antara warna putih pada dinding, meja, sofa dan rak buku dengan warna hitam pada kursi dan rel pembatas ruangan memberikan tampilan yang kontras namun tetap nyaman. Aksen warna hadir dari berbagai buku dan dokumen yang tersimpan pada rak buku.

Sebuah ruang kerja di dalam rumah bisa dibuat nyaman dan menyenangkan. Beberapa contoh area kerja yang berada di dalam sebuah rumah diatas bisa anda jadikan sebagai inspirasi untuk membuat ruangan kerja anda tampil lebih baik dan mendukung suasana kerja tanpa menghilangkan sentuhan pribadi anda.