Desain Kantor Minimalis

Perencanaan desain kantor minimalis yang tepat akan memberikan manfaat berupa rasa nyaman dalam bekerja untuk kantor Anda.

desain kantor minimalis

Rasa nyaman dalam melakukan pekerjaan merupakan salah satu pendorong produktivitas kerja. Berbagai contoh penggunaan desain minimalis dalam sebuah kantor berikut ini bisa dijadikan sumber inspirasi.

Desain Kantor Minimalis dengan Perpaduan Warna Hitam dan Putih

Perpaduan warna hitam dan putih dalam desain kantor minimalis merupakan sebuah pilihan yang populer. Kedua warna tersebut mampu memperindah sebuah ruangan dan kesan elegan yang diberikan tidak akan lekang oleh waktu. Kedua warna dasar ini juga bisa diterapkan di dalam berbagai tema desain interior, termasuk diantaranya desain kantor minimalis .

Penggunaan warna dasar hitam dan putih bisa diterapkan bukan hanya pada dinding dan lantai ruangan, namun pada berbagai furniture yang nantinya akan mengisi desain kantor minimalis . Penggunaan warna lain juga bisa menjadi bahan pertimbangan, dengan catatan bahwa warna-warna tersebut hanya menjadi aksen semata.

Untuk bisa mempertegas kesan mengagumkan dari pilihan warna yang ada, perlu diperhatikan sistem pencahayaan yang dipergunakan. Penempatan lampu menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan seluruh ruangan  mendapatkan cahaya yang cukup.

Untuk hasil yang lebih baik, pergunakan jendela kaca berukuran besar dan tinggi untuk membuka akses terhadap sinar matahari yang akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan juga lebih terang.

Desain Kantor Minimalis

Desain kantor minimalis seperti pada gambar diatas merupakan contoh lain penggunaan warna dasar hitam dan putih dalam sebuah ruangan kantor. Tema minimalis terlihat sangat kuat dengan penggunaan furniture dasar yang sederhana tanpa banyak dekorasi. Ruangan tersebut lebih didominasi oleh warna hitam baik pada meja, lantai dan juga rak buku yang berada di kedua sisinya.

Warna putih menjadi warna aksen yang melembutkan kesan kaku dari dominasi warna hitam. Penggunaan warna putih diletakkan dengan cantik sekali pada lampu dan juga kursi kerja. Desain tersebut tidak hanya memperhatikan aspek desain kantor minimalis namun juga memperhatikan aspek fungsional dari sebuah ruangan kantor.

Penempatan furniture yang tepat membuat desain kantor minimalis yang berukuran kecil terasa lebih luas dan mampu menampung semua kebutuhan kerja mulai dari area kerja hingga area penyimpanan dokumen kerja.

Warna hitam dan putih yang menjadi warna dominan pada desain tersebut lebih menguatkan kesan sederhana, minimalis serta aspek estetika yang membuatnya lebih menarik. Penggunaan desain kantor minimalis seperti ini bisa diterapkan di ruangan kantor dimana saja, mulai dari ruangan kantor di sebuah perusahaan hingga ruangan kantor di dalam rumah.

Desain Kantor Minimalis

Contoh lain dari desain kantor minimalis dengan menggunakan paduan dasar hitam dan putih seperti yang nampak pada gambar diatas merupakan sebuah ide yang menarik untuk digali lebih lanjut. Konsep ruangan rapat dengan penggunaan dua warna dasar tersebut memberikan kesan formal dan profesional. Warna hitam yang diaplikasikan memberikan kesan berkelanjutan, dimana lantai, dinding dan langit-langit merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan. Terdapat aksen ruangan berupa garis-garis putih yang membagi dominasi warna hitam menjadi berbagai bagian.

Kesan minimalis terlihat sangat jelas pada desain ini. Di dalam ruangan tidak terdapat dekorasi selain sebuah lukisan abstrak, dan furniture yang dipilih juga memiliki garis lurus yang merupakan ciri khas furniture minimalis. Kesan akhir yang didapatkan adalah kesan mewah yang profesional.

Desain Kantor Minimalis

Kombinasi warna hitam dan putih bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu warna bisa dipilih menjadi warna yang mendominasi seluruh ruangan dimana warna lainnya hanya menjadi aksen. Bisa juga melakukan penyeimbangan penggunaan kedua warna tersebut diseluruh ruangan.

Contoh desain kantor minimalis pada gambar di atas menunjukkan dominasi warna putih di atas warna hitam. Warna hitam menjadi warna dasar untuk lantai sementara bagian lain dari seluruh ruangan menggunakan warna putih.

Semua aspek mulai dari lampu, meja kerja, kursi, rak buku hingga komputer yang ada di atas meja kerja menggunakan warna putih. Kesan steril dan bersih adalah kesan pertama yang ditangkap oleh setiap orang yang melihat ruangan ini untuk pertama kalinya.

Pengaturan meja kerja dan area penyimpanan dokumen juga terlihat sangat rapi. Meja kerja diatur sedemikian rupa sehingga seorang pekerja akan membelakangi pekerja lainnya. Area penyimpanan berkas dan dokumen berada di bagian samping bawah meja kerja dan bukannya berada diatas meja kerja seperti yang umum dilakukan oleh banyak orang.  Pengaturan ini membuat dokumen dan berkas kerja dapat dengan mudah diakses namun tidak terkesan berantakan.

Kombinasi warna hitam dan putih merupakan sumber inspirasi yang tidak ada habisnya. Beberapa contoh desain kantor minimalis diatas adalah contoh betapa mudahnya menciptakan kantor yang nyaman dengan menggunakan dua warna saja. Berbagai inspirasi tersebut bisa dikembangkan lebih luas untuk menciptakan desain baru yang sesuai dengan keinginan anda.

Baca lebih detil artikel mengenai Desain Interior Kantor Minimalis ini dan baca juga artikel mengenai Desain Furniture Kantor Minimalis Modern ini.

Tinggalkan Balasan