Kantor Konsep Terbuka Ramah Lingkungan

Kantor konsep terbuka – Tahun 2016 menjadi tahun istimewa bagi para karyawan perusahaan E&J Gallo Winery atas berdirinya salah satu kantor barunya yang terletak di Modesto, California, Amerika Serikat yang secara khusus didesain oleh desainer ternama Gensler dengan tema dry creek building.

Kantor konsep terbuka - ruang luar

Gensler merancang kantor konsep terbuka yang tidak hanya nampak elegan namun juga timeless dengan konsep bangunan yang minim konsumsi energi dan ramah lingkungan.

Dengan Tema Dry creek Building, desain bangunan ini dipercaya dapat meminimalisir penggunaan artificial light, dan meningatkan sirkulasi udara, data, kelancaran sanitasi, demi mendapatkan desain bangunan yang sustainable dengan alam.

Kantor konsep terbuka

Tata Letak / Layout Ruang Kerja Karyawan

Bangunan massive yang berdiri di area seluas 146.000 kaki persegi ini merupakan salah satu portofolio properti jangka panjang dari perusahaan E&J Gallo Winery. Untuk alasan itulah perusahaan ini benar-benar memperhatikan semua detail, tidak hanya kenyamanan namun juga mengantisipasi jumlah karyawannya yang meningkat.

Pada lantai dasar gedung ini digunakan sebagai kantor utama yang terdiri dari banyak workstation berukuran besar. Meletakkan kantor utama pada lantai dasar bertujuan agar karyawan memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, menempatkan karyawan yang memiliki task yang similiar pada satu lantai yang sama dapat meningkatkan aliran informasi dan mempermudah dalam memberikan instruksi.

Lantai dua dan tiga merupakan space yang luas dan digunakan sebagai ruang manajemen dan eksekutif serta digunakan juga area-area meeting bengan jumlah yang sangat banyak dengan beragam ukuran. Dikemudian hari apabila didapati jumlah pegawai yang meningkat akibat hyper-growth yang dialami perusahaan, lantai dua dan tiga dapat menjadi area perluasan agar dapat menampung lebih banyak karyawan di masa yang akan datang.

Pemilihan Warna Dry Creek Building

Kantor megah perusahaan E&J Gallo Winery ini memilih menggunakan warna putih sebagai dominan warna pada lingkungan kerjanya memiliki banyak alasan strategis, diantaranya adalah:

  • Timeless
    Meskipun warna putih identik dengan nuansa yang klasik, akan tetapi hal ini memberikan keuntungan dari sisi historis dimana apabila bangunan ini sudah berusia cukup lama nilai estetika yang dimilikinya tidak akan menurun dikarenakan warna putih memiliki kemampuan yang adaptive sehingga tidak mudah lekang oleh waktu dan cenderung versatile, artinya warna ini umumnya diminati dan cocok untuk hampir semua kalangan
    .
  • Nyaman untuk Bekerja
    Saat ini banyak perusahaan IT seperti facebook, google, atau start-up digital lokal seperti bukalapak, tokopedia, menerapkan lingkungan kerja yang dinamis dan ceria.Namun justru dihindari oleh perusahaan ini, sebab terlalu banyak mengaplikasikan warna vivid pada tempat kerja Anda akan membuat kepala Anda cepat pusing. Untuk itu pilihlah theme dengan warna dasar yang kalem atau earth tone dengan sedikit variatif warna kontras sebagai aksen.

Pembagian Ruang

Mengaplikasikan kantor konsep terbuka memang sudah tepat demi meningkatkan alur kerja dari masing-masing divisi yang bekerja di kantor ini. Namun tetap saja, terdapat suatu kondisi dimana beberapa tim yang bekerja secara kolaborasi membutuhkan space yang lebih private untuk melakukan meeting atau konferensi, sebab itulah Gensler mendesain ruangan-ruangan tersebut dengan beragam ukuran agar dapat menyesuaikan kebutuhan tim yang memiliki jumlah anggota yang beragam.

Kantor konsep terbuka - ruang pertemuan
Kantor konsep terbuka – ruang pertemuan

Ada banyak ruangan meeting yang terdapat di kantor ini, biasanya Gensler memilih ruangan yang cukup terisolasi jauh dari keramaian ruang kantor utama. Ruangan-ruangan ini diletakkan pada sisi terluar gedung dengan sekat kaca dan ventilasi jenis cross ventilation yaitu jenis ventilasi yang memungkinkan aliran udara berasal dari satu arah saja, sehingga udara yang masuk dapat langsung keluar dengan lancar.

Kantor konsep terbuka - ruang pertemuan terbuka
Kantor konsep terbuka – ruang pertemuan terbuka

Kantor konsep terbuka - lounge

Kantor konsep terbuka - ruang publik
Kantor konsep terbuka – ruang publik
Kantor konsep terbuka - pantry
Kantor konsep terbuka – pantry

Sirkulasi

Sebagaimana Anda bisa lihat pada gambar, pada bagian lantai dasar kantor ini memiliki akses langsung menuju langit-langit yang berada di lantai tiga. Hal ini selain berfungsi untuk menciptakan kesan luas juga merupakan fungsi dari atrium yakni mengoptimalkan sirkulasi cahaya dan sirkulasi udara.

Kantor konsep terbuka - atrium
Kantor konsep terbuka – atrium

Cahaya yang masuk dari langit-langit yang terbuat dari kaca akan langsung dibiaskan pada lantai dasar dan diperjelas oleh pantulan dinding-dinding beton berwarna putih. Hal inilah yang menjadikan gedung ini memiliki tingkat konsumsi energi yang sangat efisien.

Sedangkan penerapan atrium yang besar pada kantor ini menjadikan desain cross ventilation mampu mengalirkan aliran udara dengan bebas hingga ke lantai tiga.

Kantor konsep terbuka yang leluasa

Pemilihan Furniture

Pemilihan furniture yang tidak tepat dapat mengakibatkan kurangnya inspirasi di tempat kerja, produktivitas karyawan yang menurun hingga keluhan pada kesehatan para pekerja Anda.

Memilih furnitur kantor terbukti dapat menstimulasikan produktivitas karyawan dan mengurangi jumlah absensi karyawan karena sakit, jika Anda tidak mendapatkan desain furnitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, cobalah untuk memesannya secara custom, hal ini memungkinkan Anda untuk dapat menetukan spesifikasi material dan desain furniture yang Anda pesan sehingga investasi jangka panjang Anda lebih optimal dapat menempatkan uang Anda pada investasi yang tepat untuk.

Lakukan juga analisis dan riset sederhana dengan karyawan Anda mengenai desain dan jenis furnitur kantor yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan Anda serta konsultasikan pada interior designer untuk hasil yang lebih professional.

Pemilihan Kursi Kerja

Untuk hal ini ada baiknya jika kita memilih kursi dan sofa dengan brainstorming dengan semua orang yang bekerja pada perusahaan. Namun khusus untuk kursi kerja pastikan jika Anda menginvestasikan lebih banyak uang dan perhatian Anda dibanding ketika Anda memilih furniture lain.

Pemilihan kursi kerja yang tidak tepat akan mempengaruhi produktifitas dan kesehatan karyawan secara signifikan. Pilih kursi kerja dengan rangka yang kokoh, memiliki sandaran, dan dapat disesuaikan ketinggiannya agar karyawan dapat memperoleh jarak yang ideal antara layar monitor dan mata serta mencegah siku yang menggantung sehingga tidak cepat merasa lelah.

Pilihan yang tepat pada poin ini akan mengurangi biaya maintenance, mengurangi frekuensi pembelian kursi baru akibat rusak, serta mengurangi biaya kesehatan yang harus dikeluarkan karena masalah atau keluhan kesehatan. Kursi kerja berkualitas yang adjustable merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan produktifitas karyawan Anda.

Pemilihan Sofa

Pada poin ini Anda memiliki lebih banyak keleluasaan dibandingkan pemilihan furniture yang lain. Sebab pada umumnya sofa hanya diperuntukkan untuk tamu atau klien yang menunggu di lobby atau digunakan oleh karyawan pada saat sedang istirahat saja.

Pilih sofa yang nyaman serta memiliki gradasi warna yang sesuai dengan ambience ruangan. Jika perlu pilihlah sofa yang memiliki dimensi yang tidak terlalu besar jika ruangan lobby Anda berukuran kecil.

Agar kulit sofa lebih awet pastikan Anda meletakkannya di area yang tidak terpapar matahari langsung dan selalu lakukan maintenance secara rutin dengan cara mengelap dengan handuk lembab.

Standing Desk

Kini standing desk makin lazim digunakan oleh para pekerja kantoran demi menjaga kesehatan postur tubuhnya setelah seharian duduk di kursi kerja. Selain alasan ortopedik, standing desk juga ampuh dalam menjaga aliran darah serta kekuatan kaki ketika menumpu berat tubuh Anda.

Meskipun para karyawan pada umumnya lebih memilih untuk bekerja sembari duduk di kursi kerja, tetap sediakan standing desk pada ruang kantor Anda sebagai meja periferal agar karyawan Anda dapat memiliki variasi ketika menyelesaikan pekerjaannya.

Storage unit

Saat ini meskipun telah tersedia solusi penyimpanan data paperless seperti cloud storage, kabinet masih memiliki posisi penting di kantor Anda sebagai tempat menyimpan dokumen dan alat kerja karyawan.

Akan tetapi seringkali keberadaan storage unit menjadi hal yang tidak diperhitungkan secara matang sejak dini. Akibatnya ruang kerja Anda menjadi terlihat messy dan tidak merefleksikan ruang kerja yang digunakan oleh seorang professional. Untuk itu pastikan Anda menyediakan storage unit yang nantinya bisa mengakomodir kebutuhan kantor apabila terjadi growth pada perusahaan.

Hal yang tidak kalah penting dalam perencanaan storage unit adalah, menggunakan sebanyak mungkin area-area yang tidak terpakai seperti area dibawah tangga ataupun area lain seperti kolong meja, dengan begitu desain kantor Anda akan lebih space efficient.

Fokus Pada Detail

Seringkali ketika kita menyusun sebuah grand design seperti mendekor ruangan kantor, hal–hal kecil yang tidak pernah kita pikirkan ketika menyusun rencana menjadi sebuah batu sandungan apabila tidak kita perhatikan pada proses renovasi, diantaranya adalah,

Feng Shui

Feng shui sebenarnya adalah perhitungan tata letak yang memperhatikan banyak unsur-unsur alam dengan menganalisa skor-skor yang dapat achieve apabila Anda memanfaatkan keunggulan dari letak properti atau lahan kantor Anda.

Unsur-unsur alam yang biasanya menjadi parameter adalah arah angin, pencahayaan natural, serta hal lainnya seperti keberadaan aliran air yang sebenarnya dapat menguntungkan kita jika dimanfaatkan dengan tepat.

Sebagai contoh ketika Anda mengetahui sifat angin yang berhembus Anda dapat menentukan apakah cross ventilation tepat jika diaplikasikan pada ruang kerja Anda. atau arah hadap matahari yang berpotensi menyilaukan atau malah membantu pencahayaan alami ruangan Anda. Juga aliran air yang mungkin nantinya akan memudahkan properti dalam membangun saluran sanitasi yang baik. Hal-hal inilah yang sebenarnya dapat Anda achieve jika Anda  lebih concern terhadap score fengshui yang ada pada properti Anda

Mengantisipasi Growth Perusahaan

Sebagian besar orang pasti merasa skeptis apabila dikatakan terdapat hubungan yang mengkaitkan antara dekorasi ruang dengan data statistik mengenai pertumbuhan perusahaan.

Belajar dari Gensler, Ia menganalisis penambahan karyawan perusahaan E&J Gallo Winery dari tahun ke tahun. Dengan estimasi apabila terdapat peningkatan dalam kurun waktu tertentu maka kantor yang Gensler desain masih memilki space untuk keperluan ekspansi perusahaan.

Anda juga dapat melakukan analisis seperti yang Gensler lakukan dengan menggunakan perhitungan yang sederhana. Misalkan apabila tiap satu karyawan membutuhkan ruang gerak sebesar lima meter persegi, dan jumlah karyawan Anda saat ini sebanyak lima orang maka secara otomatis Anda harus menyediakan ruang kerja minimal sebesar 25 meter persegi.

Apabila Anda memproyeksikan adanya penambahan sebanyak lima karyawan pertahun selama tiga tahun terakhir, maka Anda harus menyediakan ruang ekspansi sebesar 75 meter persegi. Mungkin hal tersebut tidak terlihat terlalu penting apalagi jika berpotensi meningkatkan cost yang belum diperlukan.

Kekurangan Penerapan Kantor Konsep Terbuka

Seiring banyaknya jumlah perusahaan start-up dan juga dampak dari bonus demografi di Indonesia menjadikan banyak perusahaan saat ini didominasi oleh pekerja berusia muda. Mereka kini seakan menciptakan sebuah kultur baru dimana sebuah kantor kini membutuhkan sebuah desain yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan leluasa, sehingga keberadaan sekat-sekat yang kubikal pada kantor kini ditiadakan.

Akan tetapi hal ini menjadikan tempat kerja menjadi kurang memiliki privasi dan keamanan. Selain itu, seorang pekerja kantor akan memiliki banyak distraction atau mudah sekali kehilangan fokus. Hal ini bisa dikarenakan ajakan untuk ngobrol dari sesama rekan kerja atau bahkan dari hal sepele seperti suara ring tone ponsel, sehingga penerapan kantor konsep terbuka kurang tepat jika diaplikasikan pada sebuah kantor karena berpotensi menimbulkan kegaduhan.

Kelebihan Penerapan Kantor konsep terbuka

Meskipun berpotensi mengurangi konsentrasi para pegawai ketika bekerja namun kantor konsep terbuka memiliki beberapa keuntungan tersendiri dibandingkan desain kantor konvensional, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan sirkulasi informasi antar pegawai.
    Hilangnya sekat yang menutupi antarmuka pegawai dikantor memungkinkan mereka dapat berinteraksi dengan sesama pekerja sehingga dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan menjaga kondisi psiko-sosial
    .
  • Mengurangi tingkat stress.
    Sebuah studi yang dilakukan oleh Theresa Kline akademi dari University Of Calgary mengatakan bahwa kantor konsep terbuka yang dikondisikan dengan ideal dapat mengurangi tingkat stress yang diderita oleh para pegawai kantor. Hal ini dikarenakan mereka berada pada sebuah lingkungan yang lebih bebas tidak seperti kantor yang didesain kubikel
    .
  • Mengaburkan hierarki antara atasan dan bawahan.
    Sifat ini sebenarnya bisa menguntungkan atau merugikan, bergantung dari kultur kerja yang diciptakan oleh manajemen. Jika mereka menghendaki sebuah hierarki yang otoriter dikarenakan sebuah sistem yang rigid, maka konsep kantor konsep terbuka tidak akan menjadi pilihan yang terbaik
    .
    Namun, apabila atasan ingin meningkatkan fungsi controling kepada bawahan dan lebih membaur kepada pegawainya agar dapat menperlancar sirkulasi informasi serta opini, maka kantor konsep terbuka akan memudahkan para atasan untuk melakukan hal itu. Desain kantor konsep terbuka juga sangat cocok dengan kultur kerja yang sering mengadakan brainstorming
    .
  • Mengurangi biaya.
    Dikarenakan sekat yang ditiadakan, desain ini akan menghemat biaya dekorasi hingga 20%, sirkulasi udara yang lebih baik juga akan meminimalisir penggunaan Air conditioner.

Tips Desain Kantor Konsep Terbuka

Apabila Anda tertarik untuk mengaplikasikan desain yang sama seperti gedung perusahaan E&J Gallo Winery, Anda mungkin perlu mencontek beberapa poin penting yang mereka terapkan pada gedungnya.

  • Pencahayaan.
    Gedung peraih dua penghargaan Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) serta Gold certification oleh U.S. Green Building Council (USGBC) ini bukan tanpa alasan, mereka menerapkan desain bangunan dengan langit-langit yang terbuat dari kaca sehingga dapat mengeliminasi penggunaan lampu di siang hari namun tidak membuat silau dikarenakan penggunaan ceiling yang tinggi
    .
  • Plafon yang tinggi juga berfungsi sebagai atrium dikarenakan letaknya dipuncak lantai tiga yang memungkinkan banyak ruang terbuka untuk memperlancar sirkulasi udara. Selain sirkulasi udara yang lebih lancar, penggunaan plafon yang tinggi juga dapat memberikan efek luas pada sebuah bangunan
    .
    Selain itu greenbuildingpress.co.uk juga telah menemukan fakta bahwa terjadi peningkatan kinerja karyawan hingga 11 persen pada kantor yang menambahkan lebih banyak ventilasi dan mengaplikasikan gaya pencahayaan yang lebih baik
    .
  • Penggunaan Material yang Transparan.
    Untuk mendukung fungsi pencahaan yang baik, maka desainer gedung ini menerapkan banyaknya matrial transparan seperti kaca untuk mengganti sekat-sekat yang menghalangi sirkulasi cahaya pada beberapa dinding dan railing pada anak tangga
    .
    Hal ini selain meningkatkan sirkulasi cahaya yang baik juga menciptakan efek ruangan yang lebih luas dan lega, sehingga dapat Anda terapkan jika kantor yang Anda gunakan berukuran kecil.

Kesimpulan Kantor Konsep Terbuka

Meskipun banyak orang yang masih meragukan kantor konsep terbuka karena dapat mengurangi konsentrasi kerja para pegawai, namun kelebihan-kelebihan penerapan kantor konsep terbuka bisa menjadi alasan yang kuat untuk Anda aplikasikan di tempat kerja, dimana kantor konsep terbuka menawarkan keunggulan-keunggulan seperti,

  • Meningkatkan sirkulasi informasi antar pegawai
  • Mengurangi tingkat stress
  • Mengaburkan hierarki antara atasan dan bawahan
  • Mengurangi biaya instalasi

Dalam mendesain kantor konsep terbuka, pastikan Anda memperhatikan unsur-unsur seperti pencahayaan alami, penggunaan material seperti kaca, memilih warna dan memberikan ambience yang nyaman saat digunakan untuk bekerja.

Jangan lupa untuk merencanakan desain pembagian ruang dengan desainer Anda, pastikan juga Anda memiliki referensi yang cukup saat melakukan pemilihan furniture seperti kursi kerja, sofa, standing desk, hingga storage unit. Dan jangan mengabaikan hal-hal detail yang mungkin dapat memberikan keuntungan lebih pada ruang kerja Anda seperti unsur-unsur Feng Shui dan berhati-hati dalam mengantisipasi potensi growth perusahaan Anda. Semoga terinspirasi dan sampai jumpa dia artikel kami selanjutnya!