Kantor Konsep Terbuka Desain Modern Minimalis

Desain Modern Minimalis – Perusahaan distributor anggur premium yang ternama di Toronto, Canada membangun kantornya yang dengan konsep terbuka. Berlokasi di atas lahan sebesar 510 meter persegi, kantor ini rupanya didesain dengan konsep modern minimalis yang menarik, supaya para karyawan yang bekerja di dalamnya merasa nyaman dan betah. Tak heran jika seluruh ruangan beserta interior di dalamnya terlihat simpel antara satu ruang dengan ruang yang lain.

Konsep interior yang diusung juga merupakan konsep yang cukup dinamis. Dengan desain konsep kantor terbuka yang dominan, sekat yang terdapat di dalamnya dibuat lebih minim. Sehingga interaksi antar karyawan dapat dilakukan lebih leluasa dan tanpa kendala. Ini merupakan salah satu konsep modern yang favorit, yang saat ini banyak diaplikasikan oleh kantor-kantor bergaya modern.

desain modern minimalis ruang kerja publik
Desain modern minimalis ruang kerja publik

Kantor yang baru dibangun ini rupanya ingin lebih menonjolkan kesan bebas terbuka tanpa sekat, yang dapat membuat karyawannya berinteraksi lebih nyaman. Contohnya saat memasuki ruangan tempat para staff melngerjakan tugasnya. Tampak tatanan kubikel serta meja dan kursi karyawan dibuat minim sekat dan cukup berdekatan. Sehingga komunikasi antar karyawan seolah tidak ada batasn yang berarti. Sementara di tengah lokasi juga terdapat meja panjang dan beberapa kursi untuk sarana berdiskusi yang lebih dinamis.

Pilihan warna yang dipilih juga cukup tepat. Perpaduan warna furniture gelap dan meja berwarna terang memberikan kontras warna yang ckup baik. Termasuk juga memilih lantai kantor berupa parkit dengan desain mengkilap sehingga membantu pencahayaan memantul lebih banyak ke seluruh area ruangan. Oleh sebab itu meski didesain dengan memilih dominasi warna furnitur yang gelap, tetapi ruangan tidak terkesan redup namun justru marak cahaya.

Desain Modern Minimalis Ruang Kerja

desain modern minimalis ruang kerja
Desain modern minimalis ruang kerja

Selanjutnya di salah satu selasar, atmosfer konsep terbuka tanpa batas yang diutamakan oleh perusahaan ini juga cukup terasa kental. Di antaranya yaitu letak meja panjang di tengah ruangan dengan warna putih minimalis yang dipadu kursi modern dengan warna serupa. Langit-langit yang dibuat sedikit tinggi dan berderet pencahayaan yang terang, membantu menunjang penampakan ruangan dengan dominasi warna putih tersebut.

Kemudian area selasar ini juga tampak minim aksesoris, sehingga kesan lapang akan langsung terasa dan memudahkan karyawan untuk saling melintasi daerah tersebut tanpa harus bertabrakan. Terlihat juga penghubung ruangan dengan dominasi kaca lebar yang membuat seolah tidak ada batasan antara ruang yang satu dengan yang lain. Sehingga walau sebenarnya ruangan tersebut tidak terlalu luas, tetapi terasa cukup lega dan tidak berhimpitan bila dipandang sekilas.

Dengan penataan ruangan yang demikian, tentunya konsep keterbukaan yang diinginkan terpampang dengan jelas. Sementara untuk padu padan warnanya sendiri mengarah pada warna-warna monokrom yang modern. Sehingga kesan trendi dan stylish masih didapatkan untuk membuat kesan yang mengikuti era perkembangan jaman dan tidak terkesan kuno. Seperti contohnya warna cat ductile AC serta atap yang dominasi warna abu. Sementara ruangan dinding dan lantai didominasi warna terang. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk kesan kontras dan gaya santai modern yang ingin ditunjukkan.

Desain Modern Minimalis Ruang Display Produk

desain modern minimalis ruang display produk 1
Desain modern minimalis ruang display produk

Adapun sebagai perusahaan distributor anggur termuka, maka pemilihan aksesoris dan interior yang tepat juga sangat dibutuhkan. Contohnya saat memasuki salah satu area selasar ruangan kantor tersebut. Terlihat dengan jelas adanya sebuah rak besar berbahan kaca sebagai tempat meletakkan contoh produk perusahaan dengan tatanan yang rapi dan elegan. Ini tentunya karena perusahaan tetap ingin agar para tamu yang berkunjung dapat segera memahami inti bisnis mereka. Termasuk mengingatkan karyawan yang bergabung di dalamnya untuk tetap mengingat visi dan misi perusahaan, terutama inti produk yang ditawarkan.

Selain hal itu, suasana artistik juga ingin sedikit ditonjolkan dengan memasang lukisan kontemporer di sudut selasar. Dibandingkan dengan pilihan warna monokrom di seluruh ruangan, maka lukisan yang dipasang ini akan membawa kesan serta sentuhan yang menarik. Konsepnya juga akan tetap kentara dengan nuansa modern monokrom karena pilihan paduan dasar warna abu, hitam dan putih.

Dengan atmosfer ruangan kantor yang demikian, tentu kesan eksklusif serta mewah tetap terjaga dengan baik. Sehingga tetap menunjukkan sisi profesionalitas namun di satu sisi masih mengijinkan sedikit seni di dalamnya. Ditambah dengan penataan yang rapi dan terencana. Tampak dari susunan ruangan yang simetris satu dengan yang lain, sehingga menunjukkan kesan keteraturan yang tinggi. Hal ini membantu terwujudnya kesan premium yang diusung oleh produk yang disediakan oleh perusahaan.

desain modern minimalis ruang display produk 2
Desain modern minimalis ruang display produk

Apabila dilihat dari sisi yang lain, tampak bahwa selasar tersebut juga minim akan aksesoris lainnya seperti misalnya pot atau patung pajangan. Tentunya ini mendukung konsep lapang yang ingin diciptakan sebagai gambaran kantor tanpa batas yang tidak banyak terhalang oleh hal-hal yang dirasa kurang optimal kegunaannya. Ini juga mendukung representasi perusahaan yang praktis dan efisien dalam melakukan pekerjaan mereka. Dengan konsep seperti ini, otomatis karyawan juga akan bekerja secara serupa.

Hal tersebut memang konsep yang baik untuk diterapkan. Namun di satu sisi, jadi menimbulkan kesan monoton yang alih-alih terkesan menarik kadang bisa jadi membosankan. Sepertinya sedikit improvisasi masih diperlukan di area tersebut, supaya masih ada sentuhan menarik yang membuat kagum para tamu perusahaan yang berkunjung.

Namun setidaknya, saat melihat sederet rak anggur di samping, tentu membawa perasaan tertentu yang membuat para tamu segera memahami bisnis inti yang dibangun perusahaan. Dengan sekat-sekat kaca yang jelas antara satu dengan yang lain, maka tamu yang berkunjung juga merasa keterbukaan yang tinggi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga secara psikologis desain yang demikian menimbulkan kepercayaan calon pelanggan akan integritas perusahaan yang tinggi.

Desain Modern Minimalis Ruang Pertemuan Kecil

desain modern minimalis ruang tamu
Desain modern minimalis ruang tamu

Kemudian tak kalah menarik yaitu konsep desain ruangan meeting yang dipilih baik untuk para karyawan. Ruangan ini dibuat seminimal mungkin serta pemilihan furnitur yang juga minimalis. Pilihan meja pertemuan bundar kecil dengan kursi ergonomis yang berwarna sedikit gelap mampu memberikan kesan minimalis ekonomis yang cukup besar. Sedangkan partisi antara selasar dan ruang meeting dipilih berupa kaca besar yang transparan untuk menghadirkan konsep kantor yang lebih luas.

Desain Modern Minimalis Ruang Pantry

desain modern minimalis ruang pantry
Desain modern minimalis ruang pantry

Pemilihan lantai ruang meeting dengan warna terang rupanya juga membantu supaya area tersebut tidak gelap dan terlihat cukup terang. Walaupun didominasi tema warna monokrom, tetapi dengan meletakkan pencahayaan yang tepat, maka ruangan tetap berkesan terang dan tidak suram. Hal ini bisa dilihat dari letak lampu yang dipasang memanjang di ruang pertemuan. Sehingga saat mendiskusikan sesuatu dan membaca material diskusi tidak akan kesusahan atau merasa cahaya sedikit temaram.

Memasuki area ruang makan karyawan juga dapat dirasakan suasana yang tidak jauh berbeda dengan konsep-konsep sebelumnya. Rupanya perusahaan ini telah berupaya maksimal untuk menghidupkan konsep terbuka yang telah sengaja dipilih. Lihat saja pilihan salah satu deretan kursi yang bersambung ke dinding dan meja lainnya. Hal ini menimbulkan adanya kesan lapang yang sangat kentara dan tidak terbatas satu dengan yang lain. Otomatis para karyawan dapat dengan mudah duduk berdampingan dan berkomunikasi di sela makan siang atau istirahat mereka.

Furnitur yang dipilih juga tetap mempertahankan kesan monokrom yang dari awal sudah mendominasi seluruh ruangan di kantor tersebut. Dengan pilihan meja makan bundar minimalis warna putih serta kursi makan plastik berwarna hitam, maka kesan monokrom akan terus terbawa hingga ke area ruang makan.

Belum lagi pilihan furnitur lain di sekeliling area tersebut dengan kombinasi warna abu-abu dan putih yang jelas terlihat. Sentuhan berupa pilihan warna silver pada kulkas mempertegas kesan tersebut. Tidak hanya kesan monokrom saja, tetapi umumnya warna silver dan abu juga mengedepankan konsep desain modern yang lebih mewah dan elegan. Sehingga ruangan terkesan dipenuhi oleh barang-barang atau furnitur berkelas dengan harga yang cukup mahal. Tentunya ini juga menjadi nilai plus desain kantor yang dapat dikatakan bukan kantor murahan dan merupakan salah satu jajaran kantor dengan kesan eksklusif.

Baca 30 Desain Interior Kantor Minimalis Modern

Langit-langit ruangan juga tetap dipertahankan terbuka dengan paparan ductile AC yang terlihat dan dipilih warna gelap. Sementara untuk tambahan kesan modern dipilih lampu gantung yang artistik untuk mengusir kesan membosankan dari ruangan bertema monokrom. Tentu ini merupakan ide yang jenius untuk memilih desain pencahayaan yang cantik. Apalagi masih ditambah beberapa lampu gantung minimalis untuk membantu mengedepankan konsep modern dan trendi yang ingin ditambahkan di dalam area ruang makan karyawan tersebut. Dengan demikian suasana istirahat siang tentu terasa lebih nyaman sehingga otomatis juga meningkatkan mood para karyawan yang bekerja di area tersebut.

Desain Modern Minimalis Ruang Telpon

desain modern minimalis ruang telpon
Desain modern minimalis ruang telpon

Memiliki kantor dengan konsep terbuka bukan berarti bahwa karyawan kehilangan privasinya. Hal ini terlihat pada salah satu ruangan yang disediakan bagi para karyawan untuk berbicara di telepon jika ada suatu hal yang penting untuk didiskusikan. Ruangan juga seakan didesain kedap suara dengan sekat kaca yang penuh serta pintu kaca yang dapat ditutup. Sehingga saat membawa konsep kantor terbuka, aspek privat karyawan yang cukup penting tetap dipikirkan.

Hal ini memang penting untuk dipikirkan, karena keterbukaan pada dasarnya tetap memiliki batas. Karena itu juga walau diusung dengan konsep terbuka, namun tetap beberapa ruangan seperti misalnya ruang pertemuan, diberikan sekat yang membatasi walau dengan warna transparan yang terlihat. Artinya bahwa tetap ada unsur privasi perusahaan yang dijaga, termasuk dalam berbisnis. Konsep desain kantor tersebut pada akhirnya merepresentasikan perusahaan yang terbuka dalam menjalin hubungan bisnis namun tetap menjaga kerahasiaan pelanggan dengan optimal.

Desain Modern Minimalis Ruang Pertemuan Besar

desain modern minimalis ruang pertemuan
Desain modern minimalis ruang pertemuan

Beranjak ke ruangan pertemuan, dominasi warna monokrom rupanya menghiasai area tersebut. Hal ini terwujud dari warna pilihan untuk meja pertemuan yang terang berupa putih polos. Model meja yang dipilh juga berupa meja minimalis yang tipis. Kemudian kursi yang dipakai yaitu kursi ergonomis dengan warna hitam. Belum lagi dinding yang bercat putih serta layar hitam untuk presentasi yang disematkan di ruangan tersebut. Sehingga perpaduan warna hitam dan putih ini begitu jelas dan timbul kesan minimalis yang dalam.

Konsep terbuka juga terlihat dari serba minimnya aksesoris maupun interior pendukung di sekelilingnya. Dengan tanpa adanya furnitur tambahan, membuat ruang pertemuan seolah terlihat lapang dan lega. Selain itu, kesan formal juga tetap terasa untuk menunjukkan profesionalisme antar karyawan serta sebagai refleksi visi dan misi perusahaan. Pemilihan furnitur yang tepat tersebut, rupanya membantu mendukung atmosfer yang ingin diciptakan.

Desain tersebut memang menarik, tetapi akan lebih baik jika disempurnakan dengan sedikit seni. Seperti misalnya daripada memilih lampu panjang yang simetris, menambahkan lampu gantung dengan model yang unik akan membuang kesan membosankan ruang pertemuan tersebut. Namun tetap tidak mengurangi esensi formal yang ingin dibawa ke dalam ruangan. Tentunya ini akan menjadi nilai tambah supaya acara diskusi akan berjalan lebih nyaman dan tidak monoton. Karena sedikit banyak konsep ruangan yang ditempati juga bisa mempengaruhi pola pikir dan termasuk mood para pekerja maupun tamu.

Kesimpulan Kantor Desain Modern Minimalis

Mendesain kantor dengan konsep terbuka sekilas memang tidak mudah. Namun dengan pemilihan warna dan material yang tepat, maka hal ini sebenarnya bisa saja dilakukan. Contohnya dengan mengusung desain meja kantor antar karyawan yang bebas sekat dan minimalis. Hal ini membuat ruangan akan terasa lebih luas sekaligus menghapuskan batasan yang mempersempit ruangan. Jika ingin tetap ada sekat antar meja karyawan bisa saja  dipertimbangkan untuk membuat sekat yang minimalis dan tidak terlalu tinggi atau berbahan dasar kaca, tentu ini akan membantu mempertahankan kesan terbuka yang diinginkan.

Namun salah satu yang menarik dari perusahaan ini yaitu desain lain yang disiapkan, bahwa bukan berarti dalam hal mengusung konsep terbuka ini privasi karyawan dilupakan begitu saja. Inilah yang cukup menarik dari konsep desain kantor yang dikembangkan oleh Toronto Wine tersebut. Sekalipun membuat ruangan kantor mereka terkesan lega dan lapang tanpa sekat, namun rupanya tetap ada ruang dimana karyawan dapat melakukan percakapan pribadi tanpa merasa terganggu oleh kehadiran orang lain yang ada di sekitarnya. Disini berarti perusahaan masih memikirkan hak karyawan dalam melakukan beberapa hal pribadi yang diperlukan.

Dengan demikian, tentunya desain kantor di atas terasa sangat lengkap. Tidak hanya terkesan modern dan dinamis, namun juga terasa elegan dan professional. Karyawan yang bekerja di dalamnya tentu akan merasa cukup nyaman. Demikian halnya para tamu yang berkunjung. Dengan melihat konsep utama yang dikedepankan, tentu para calon klien dan investor yang berkunjung akan merasakan suasana terbuka yang ditawarkan dalam bisnis tersebut. Sehingga ketakutan akan penipuan atau segala hal yang ditutupi tidak akan muncul.

Hanya saja jika dilihat keseluruhan, rupanya aspek artistik yang ada di dalam seluruh ruangan kantor tersebut masih sangat minim. Tentunya jika tidak ingin mengurangi kesan yang sudah dibangun, cukup memilih beberapa lukisan kontemporer dan monokrom sebagai tambahan di area-area tertentu. Atau bisa juga dengan memilih pencahayaan menggunakan lampu berbentuk artistik daripada sekedar bentuk simetris. Hal kecil yang demikian biasanya sanggup memberikan sedikit sentuhan seni untuk menghilangkan kesan bosan dan monoton.

Pada akhirnya, inilah perlunya perencanaan desain interior untuk kantor, dengan pemilihan interior dan konsep yang tepat, maka kesan, pesan serta visi dan misi perusahaan dipresentasikan dengan baik. Melalui desain pesan dari perusahaan akan tersampaikan terhadap pengunjung kantor itu. Tentunya ini merupakan salah satu cara praktis membangun kepercayaan pelanggan. Menarik sekaligus inovatif.

Build Your Image with interior Touch..!