Dekorasi Kantor Minimalis

Dekorasi kantor minimalis, untuk dekorasi tema minimalis bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal yang dibutuhkan adalah pemahaman tentang prinsip dari desain minimalis dan cara penerapannya di dunia nyata. Dengan pemahaman tersebut, Anda akan bisa melakukan dekor kantor minimalis yang terlihat penuh gaya serta sesuai dengan keinginan Anda.

dekorasi kantor minimalis

Tips dalam Melakukan Dekorasi Kantor Minimalis

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat melakukan dekorasi kantor minimalis:

Memulai dengan memilih furniture yang tepat

Bagian paling menonjol dalam sebuah dekorasi kantor minimalis adalah furniture yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, proses dekorasi kantor minimalis perlu dimulai dari pemilihan furniture yang tepat. Pilihlah furniture dasar yang memenuhi tuntutan kebutuhan pekerjaan seperti meja, kursi dan rak penyimpanan.

Konsep dasar dari dekorasi kantor minimalis adalah meniadakan aspek yang tidak penting. Hal ini berarti anda hanya perlu memilih furniture yang benar-benar dibutuhkan saja. Jumlah furniture yang terbatas akan membuatnya menjadi pusat perhatian, oleh karena itu pilihlah furniture dengan kualitas terbaik untuk kenyamanan anda bekerja dalam jangka waktu lama.

Hal ini perlu direncanakan sejak awal, dimana Anda hanya perlu berfokus pada kebutuhan dasar dari dekorasi kantor minimalis tersebut. Setelah anda memiliki semua furniture dasar yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan, anda bisa menambahkan berbagai dekorasi sesuai dengan selera anda.

Memastikan permukaan lantai dan dinding bebas dari ornamen yang tidak diperlukan.

Proses dekorasi kantor minimalis hendaknya dimulai dengan permukaan lantai dan dinding yang bebas dari ornamen-ornamen yang tidak diperlukan. Seluruh permukaan lantai hendaknya bebas dari tumpukan barang selain dari furniture dasar yang telah dipersiapkan. Berbagai tumpukan barang akan memberikan kesan berantakan yang melanggar prinsip minimalis itu sendiri.

Hal yang sama juga berlaku untuk permukaan dinding. Sebuah kantor minimalis hendaknya tidak memiliki terlalu banyak pajangan dinding. Anda bisa memajang satu atau dua dekorasi sederhana, untuk lebih mempertegas kesan minimalis pada ruangan kantor tersebut.

Menyimpan barang-barang dalam area penyimpanan tertutup

Segala jenis barang-barang yang dibutuhkan dalam pekerjaan perlu disimpan dan ditata dengan rapi di dalam sebuah area penyimpanan tertutup berupa rak buku atau lemari. Penyimpanan barang-barang di dalam area penyimpanan akan memberikan kesan rapi dan tidak berantakan

Menggunakan dekorasi sederhana

Penambahan satu atau dekorasi sederhana akan memberikan aksen terhadap tampilan dekorasi kantor minimalis. Penambahan aksen seperti ini akan membantu menghindari tampilan yang membosankan dari sebuah ruang kantor minimalis.

Dekorasi atau aksen yang dipergunakan bisa berupa sebuah lukisan, pot bunga di pojok ruangan ataupun vas bunga di atas meja. Bila warna utama dari kantor tersebut adalah warna lembut, aksen atau dekor yang dipergunakan haruslah dekor dengan warna terang seperti merah menyala atau biru langit. Aksen dengan warna terang seperti ini akan memberikan tambahan energi kepada para pekerja dan semua orang di dalam ruangan tersebut.

Penggunaan pola dasar pada berbagai aspek dalam ruangan

Penggunaan pola dasar merupakan bagian dari dekorasi kantor minimalis yang perlu mendapat perhatian tersendiri. Penggunaan pola dasar ini bisa diterapkan di dalam berbagai aspek sebuah dekorasi kantor minimalis, misalnya pemilihan jendela.

Jendela kantor sebagai sumber masuknya cahaya matahari hendaknya memiliki desain yang sederhana dengan warna yang solid. Untuk memberikan privasi, bisa ditambahkan gorden dengan warna dasar atau tirai dari kayu, untuk kesan minimalis yang lebih kuat.

Hal yang sama juga perlu diperhatikan dalam pemilihan lantai, furniture dan aspek lain dalam ruangan tersebut. Untuk lantai keramik, pilihlah keramik dengan warna dasar serta memiliki pola sederhana dan tidak terlalu rumit.

Prinsip yang sama juga perlu diterapkan dalam pemilihan karpet dan furniture. Pola rumit dan penuh warna seperti pola bunga akan memberikan kesan “penuh” dan ramai, tidak akan sejalan dengan konsep dekorasi kantor minimalis dengan kesederhanaan sebagai poin penting di dalamnya.

Menciptakan sebuah vokal poin

Sebuah vokal poin adalah sebuah hal yang menjadi pusat perhatian dalam sebuah dekorasi kantor minimalis. Dalam sebuah kantor dengan desain minimalis, vokal poin bisa berupa meja kerja yang mendominasi seluruh ruangan atau papan tulis berukuran besar dalam sebuah ruangan rapat. Vokal poin yang dipilih perlu disesuaikan dengan tujuan utama penggunaan sebuah ruangan dalam kantor tersebut.

Penataan sumber cahaya

Dalam dekorasi kantor minimalis, sumber cahaya juga bisa memainkan peranan yang penting untuk memaksimalkan tampilan dan juga untuk mendukung kelancaran pekerjaan. Untuk itu, perlu diatur sumber pencahayaan yang dipergunakan, misalnya lokasi dan ukuran jendela untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari, atau pemilihan lokasi untuk lampu penerangan untuk memberi penerangan maksimal ke seluruh ruangan.

Keseimbangan dalam penataan ruangan

Keseimbangan menjadi aspek penting lain dalam dekorasi kantor minimalis. Keseimbangan ini bisa diraih dengan memastikan bahwa penataan seluruh aspek dalam ruangan mulai dari meja, kursi, lemari, lampu ataupun dekor ruangan terletak secara berpasangan atau asimetris pada satu sisi. Keseimbangan dalam penataan ruangan akan merubah kesan anda dalam melihat ruangan tersebut.

Penataan dan dekorasi kantor minimalis yang sesuai dengan prinsip dan mengikuti tips-tips diatas akan membantu anda dalam mendapatkan kantor minimalis sesuai dengan harapan dan bayangan anda.