Desain Interior Kantor Konsep Industrial

Desain interior kantor konsep industrial. Pada umumnya klien yang berkunjung ke kantor kami sudah memiliki gambaran mengenai konsep yang ingin diaplikasikan pada kantornya. Hal ini tentu akan mempermudah kami dalam membangun great line pada desain selanjutnya.

Namun untuk klien yang hanya menyediakan anggaran yang minim tersedia pilihan pada desain kantor yang memiliki konsep industrial. Konsep yang terlahir dari anggaran terbatas justru menghasilkan karya yang kreatif dan unik karena memanfaatkan potensi-potensi yang ada disekitar obyek dekor tanpa harus meninggalkan fungsi estetika yang diinginkan oleh klien.

Desain interior kantor konsep industrialis, ruang tamu

Aplikasi interior kantor konsep industrial dapat meminimalisir anggaran klien dikarenakan penggunaan bahan-bahan yang bersifat raw material yang justru memberikan nilai tambah pada keunikan tanpa perlu memberikan finishing yang dapat menambah cost.

Desain interior kantor konsep industrial secara efektif menghilangkan biaya untuk menutup semua fitur finishing seperti panel penutup pipa, balok besi, cabeling, dengan semua saluran yang terbuka di sepanjang langit-langit yang tinggi serta pada dindingnya, dalam arti tertentu hal ini juga memiliki fungsi ganda dalam menjaga sejarah bangunan tetap hidup. Inilah elemen penting dari konsep desain industri.

Ciri-ciri Desain Interior Kantor Konsep Industrial

Contoh yang lazim kita temukan dalam bangunan yang mengusung konsep semi industrial adalah penggunaan bata ekspos, furnitur dari bahan daur ulang, penggunaan lampu gantung, langit-langit yang sengaja tidak ditutupi dengan panel, hingga perabotan yang dibuat dengan mendaur ulang barang-barang yang masih memiliki nilai estetika.

Desain interior kantor konsep industrialis, ekspos bata

Agar dapat menjaga kualitas pada setiap fitur desain, kami berdiskusi dengan klien dan melakukan sampling pada gedung kantor yang akan didekor agar dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efisien dan mendetail.

Dalam menerapkan desain semi industrial penting bagi kami bersama klien untuk mengekspos karakter asli bangunan agar sesuai dengan spesifikasi desain sehingga kami berusaha untuk mempertahankan materi yang sudah ada pada gedung sebanyak mungkin untuk mengungkapkan sejarah dan kesegaran gedung tersebut. Dimana sebagian besar gedung berkonsep semi industrial adalah bekas pabrik yang ingin diremodel untuk dapat digunakan kembali dengan menyesuaikan corporate culture perusahaan yang saat ini beroperasi.

Dinding dan Lantai Pada Desain Interior Kantor Konsep Industrial

Banyak lofts dan pabrik-pabrik lama yang di desain ulang menggunakan ide-ide Desain interior kantor konsep industrial yang datang karena kondisi gedung yang memang sudah berwujud dinding bata ekspos atau bagian beton dari langit-langit industri yang terbuka tanpa panel penutup.

Desain interior kantor konsep industrialis, dinding dan lantai

Agar tetap sesuai dengan gaya Desain interior kantor konsep industrial, banyak klien yang memilih lantai beton yang dipoles halus. Ini adalah pilihan yang praktis dan ekonomis, sangat cocok dengan tema dekorasi interior industri.

Terkadang mereka juga ingin menambahkan kontras dan suasana yang hangat ke dalam desain interior industri dengan memilih lantai kayu atau batu. Kedua opsi lantai ini juga bekerja sangat baik dalam menciptakan feeling desain industrial yang hangat.

Dekorasi Desain Interior Kantor Konsep industrial

Biasanya konsep desain semi industrial dapat menimbulkan kesan bold yang maskulin, namun jika Anda bosan dengan atmosfir yang diciptakan oleh desain interior kantor konsep industrial ini, Anda masih dapat memberikan sedikit aksen warna pada furniture seperti sofa, stool, ataupun furniture lain. Sehingga ruang kerja Anda dapat terasa lebih hidup dan berwarna.

Desain interior kantor konsep industrial yang dipadu-padankan dengan warna-warni yang soft dapat memberikan stimulasi pada kreativitas sehingga dapat meningkatkan kinerja. Variasi warna-warni yang soft juga dapat menghindarkan para karyawan dari kejenuhan sehingga terkesan lebih santai dan bebas stres ketika bekerja.

Warna yang sering digunakan dalam desain interior kantor semi industrial biasanya adalah warna hangat yang netral, umumnya lebih disukai untuk kantor bergaya semi industrial yang biasanya berukuran besar dan terbuka. Anda juga dapat dengan mudah memasukkan formula ini dalam kategori desain semi industrial yang relatif baru.

Warna seperti itu membantu menghadirkan kehangatan visual pada ruangan-ruangan kantor serta bagian dari area yang mungkin diliputi oleh pipa dan saluran logam. Nuansa abu-abu memberikan sentuhan yang sangat baik pada atmosfer kantor Anda, yang mana merupakan sebuah feature khas yang dihadirkan pada desain industrial.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa dalam mendesain sebuah workspace atau area kerja Anda juga harus mengikutsertakan para karyawan Anda dalam menentukan pilihan sehingga desain yang diciptakan dapat sesuai dengan corporate culture di perusahaan Anda.

Workspace Pada Desain Interior Kantor Konsep Industrial

Agar dapat memberikan kesan yang luas pada kantor Anda, gunakanlah partisi berbahan transparan seperti kaca agar kantor tidak terlihat sumpek sekaligus dapat memaksimalkan pencahayaan dalam ruang kantor Anda.

Namun dalam menentukan semua hal ini Anda perlu mempertimbangkan secara matang agar para karyawan dapat menjaga tingkat konsentrasinya dikarenakan sangat memungkinkan terjadinya distraksi dari rekan sesama pekerja yang mengajak untuk berbincang.

Desain interior kantor konsep industrialis, area kerja

Penggunaan furniture nuansa earth tone seperti coklat, hitam, atau abu-abu sangat disarankan sebab warna-warna ini merupakan signature atau ciri khas dari desain interior berkonsep industrial.

Sebagai desainer interior kami juga memahami bahwa ruangan work space merupakan area kerja yang sangat sosial atau tempat berinteraksinya para karyawan sehingga berdekatan dengan jantung bangunan ini kami juga mendesain adanya bar atau pantry.

Selain dapat menghindari kesan yang sumpek, area workspace yang minim sekat dapat memaksimalkan aliran data. Hal ini bertujuan agar masing-masing karyawan dapat benar-benar memahami bagaimana orang-orang kreatif bekerja dan mengenali seperti apa lingkungan mereka untuk memaksimalkan peluang sukses mereka.

Pada area ini banyak klien kami yang memilih untuk memperbanyak kehadiran suasana logam dengan memilih baja berlapis krom terutama dibagian dekat dapur ataupun aksen tambahan untuk lampu, ini juga merupakan bagian dari gagasan dekorasi industri yang antik.

Tambahan berupa interaksi antara kayu dan logam dengan perpaduan tekstur yang terdiri dari kayu yang halus, logam berkilau adalah tren desain interior industri yang sangat populer di kalangan kantor-kantor bergaya industrial.

Ide-ide pada desain industrial ini memang selalu menunjukkan visualisasi yang menantang secara dramatis pada kategori arsitektur klasik dengan tetap mempertahankan konsep dasar dari definisi kenyamanan.

Desain Interior Kantin Atau Pantry Konsep Industrial

Pada bagian pantry atau mini bar, Anda bisa gunakan stool atau kursi tanpa lengan dengan kaki yang tinggi. Pada bagian ini pastikan Anda memiliki cukup storage agar pantry Anda terlihat selalu rapi dan bersih.

Hal ini sangat penting dikarenakan bagian ini merupakan area yang harus memiliki tingkat higienis dan kerapian yang tinggi. Anda bisa menggunakan rak yang terbuat dari pipa besi untuk menampilkan kesan industrial dengan ditemani pencahayaan lampu gantung yang temaram.

Desain interior kantor konsep industrialis, pantry

Agar ruang pantry Anda terkesan lebih space efficient, gunakan stool yang dapat Anda sembunyikan dibawah meja ketika sedang tidak digunakan. Menggunakan furniture dari kayu sangat disarankan dikarenakan dapat memberikan efek sejuk agar dapat menetralisir dominasi yang ditimbulkan oleh banyaknya aksen baja yang diaplikasikan.

Penggunaan warna yang natural selain dapat meningkatkan estetika juga dapat memberikan karakter tersendiri pada ruang pantry sehingga karyawan merasa nyaman setelah seharian bekerja.

Penambahan unsur-unsur alami seperti tanaman hijau juga penting untuk menghadirkan suasana yang lebih segar dalam kantor Anda. Menggunakan pot berbahan semen juga memberikan kesan yang bold sekaligus unik pada pantry Anda. Namun Anda juga harus mempertimbangkan berat yang dihasilkan oleh material ini. Pastikan rak yang Anda gunakan cukup kokoh dalam menopang berat objek yang diletakkan diatasnya.

Pada bagian pantry sebaiknya Anda tetap menggunakan material yang memiliki permukaan yang licin dan kedap air seperti granit. Hal ini akan mempermudah dalam membersihkan pantry Anda sekaligus mengurangi biaya maintenance akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh jamur dan kelembaban udara.

Beton juga sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk lantai, countertops, bak cuci, bak mandi, perapian dan banyak lagi. Ide dekorasi semi industrial juga bisa sangat praktis jika diimplementasikan dalam anggaran terbatas.

Desain Ruang Auditorium Konsep Industrialis

Beberapa kantor terkadang juga membutuhkan ruang auditorium yang dapat menampung kapasitas karyawan untuk mengadakan seminar atau sekadar melakukan presentasi rutin. Pada ruangan ini sebaiknya didesain agar dapat mengisolasi suara dari atau dalam sehingga tidak didapati adanya distraction atau gangguan dari luar agar user yang berada didalam ruang dapat tetap fokus.

Tidak ada salahnya untuk memberikan lebih banyak perhatian pada restroom area, meskipun bukan merupakan ruang publik namun apabila diberikan sedikit sentuhan yang elegan maka ruangan ini akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya apalagi jika kantor Anda didominasi oleh pekerja wanita.

Bekerja didalam ruang mungkin dapat memberikan kejenuhan dan mengakibatkan stres untuk karyawan Anda. Pertimbangkan menggunakan space kosong pada area outdoor dikantor Anda untuk sekedar menjadi tempat pelepas penat atau pilihan bagi karyawan Anda yang sedang ingin bekerja diluar ruang.

Dalam hal ini pilih furniture yang tahan terhadap cuaca dan memiliki pencahayan yang cukup apabila juga digunakan dimalam hari. Untuk mengurangi terik matahari di siang hari Anda bisa gunakan payung tambahan yang dapat dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan Desain Interior Kantor Konsep Industrial

Pengaplikasian konsep Industrial dapat meminimalisir anggaran dalam mendekor tempat kerja Anda dikarenakan penggunaan bahan-bahan yang bersifat raw material seperti penggunaan bata ekspos, furniture dari bahan daur ulang, langit-langit tanpa panel, hingga penggunaan perabotan yang antik yang masih memiliki nilai estetika. Desain industrial selain memiliki keunikan tersendiri juga dapat mempertahankan sejarah dan karakter asli bangunan sehingga dapat mengungkapkan sejarah dan kesegaran gedung tersebut.

Desain interior kantor konsep industrial yang dipadu-padankan dengan warna-warni yang soft dapat memberikan stimulasi pada kreatifitas sehingga dapat meningkatkan kinerja sehingga suasana kantor terkesan lebih santai dan bebas stres ketika bekerja. Agar dapat memberikan kesan yang luas pada kantor Anda, gunakanlah partisi berbahan transparan seperti kaca agar kantor tidak terlihat sumpek sekaligus dapat memaksimalkan pencahayaan dalam ruang kantor Anda.

Interaksi antara kayu dan logam serta penambahan unsur-unsur alami seperti tanaman hijau juga penting untuk menghadirkan suasana yang lebih segar dalam kantor Anda.

Desain interior kantor konsep industrialis, area outdoor

Area outdoor dikantor Anda dapat disulap menjadi tempat pelepas penat atau pilihan bagi karyawan Anda yang sedang ingin bekerja di luar ruang.