Bagaimana Rencana Interior Kantor – GRATIS Konsultasi 085103889537

Rencana Interior kantor – Kantor, di mana kita menghabiskan bagian yang paling penting dari hidup kita, harus dirancang secara estetis. Inilah alasan untuk harus selalu merencanakan interior kantor, dekorasi & fungsinya.

Ruang kantor, di mana kita menghabiskan setidaknya setengah dari waktu hidup kita. Kondisi kerja dan lingkungan di kantor akan langsung mempengaruhi cara orang berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman di akhir hari. Ini juga memiliki pengaruh terhadap produktifitas, mental kesejahteraan dan kesehatan umum.

Rencana interior kantor

Untuk rencana interior kantor yang efektif, arsitek / desainer harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan fungsional dan estetika klien, diikuti dengan evaluasi mendalam tentang kemungkinan dan keterbatasan ruang yang diberikan.

Sebuah rencana interior kantor idealnya harus menyediakan cukup ruang tidak hanya untuk kursi karyawan, tetapi untuk mencari layanan tambahan dan dukungan, seperti ruang rapat, ke pantry, serta untuk sirkulasi antar area, serta akses yang memadai untuk tangga darurat.

Ketika merencanakan interior kantor, penting untuk memahami rencana interior kantor jangka panjang, mengingat direncanakan pertumbuhan dan kebutuhan masa depan, bahkan jika niat hanya untuk melaksanakan bagian dari rencana sekarang dan mengeksekusi sisanya sebagai kebutuhan segera.

rencana interior kantor

Resepsionis

Rencana interior kantor untuk ruang tunggu akan memberikan dampak utama terhadap pengunjung dan harapannya ketika berada di ruang depan. Jika aktivitas telpon & interaksi terus-menerus dengan tamu, maka penting bahwa area ini harus secara memadai penampilan interiornya.

  • Resepsionis dapat digunakan untuk menampilkan produk atau operasional perusahaan secara visual atau model.
  • Lukisan atau aksesori estetika dalam ruangan dapat dipilih untuk mencerminkan atmosfir & gaya perusahaan.
  • Resepsionis harus memiliki akses visual langsung untuk dapat mengawasi kedatangan dan keluarnya.

rencana interior kantor

Ruang Pertemuan

Rencana interior kantor untuk ruang konferensi umumnya di area pusat setiap kantor dan dapat memberikan kesan kepada siapapun yang masuk ke ruang pertemuan tersebut.

Ruang pertemuan idealnya harus mudah diakses dari pintu masuk, sehingga pengunjung tidak perlu melakukan perjalanan di seluruh interior kantor. Peralatan yang diperlukan untuk presentasi, seperti layar, TV, video monitor, papan tulis, flip chart dll, perlu disediakan. Furniture dan suasana harus dirancang agar para peserta rapat dapat saling berkomunikasi. Atmosfir desain harus tenang, latar belakang yang netral untuk presentasi visual serta pencahayaan yang cukup.

rencana interior kantor

Ruang Penyimpanan

Menyediakan ruang penyimpanan hanya untuk menyimpan barang-barang yang yang tidak begitu penting.

  • Unit penyimpanan dasar seperti lemari, lemari arsip, laci Unit, rak terbuka, apakah mereka berdiri bebas atau dibangun ke dinding, atau digunakan sebagai pengganti partisi untuk menghemat ruang.
  • Selain itu lemari file yang bergerak di trek, sangat efisien ruang.
  • Furniture juga dapat dirancang untuk menghemat ruang, gunakan ruang di atas dan di bawah meja kerja.

Ruang dapur kantor

Untuk kantor yang ruangannya luas, rancang dengan baik dan menyenangkan dengan dapur kantor sangat membantu saat karyawan rileks.

  • Sebuah lemari penyimpanan, rak atau kait untuk memegang cangkir dan piring, alat makan, teh, kopi, gula, dll kulkas kompak kecil akan berguna untuk menyimpan susu, minuman dingin, menyimpan makanan, dll.
  • Sebuah sistem penyimpanan sampah yang baik akan membantu menghindari sisa makanan seperti teh, ampas kopi, kertas dll.

Furnitur Kantor

Rencana interior kantor untuk furnitur. Untuk operasional perusahaan sehari-hari furniture kantor sangat diperlukan, di bawah ini dibahas untuk kebutuhan furniture dasar suatu kantor.

Meja kantor
Meja kantor adalah furnitur kantor penting yang dibutuhkan oleh interior kantor. Kunjungi toko-toko untuk mencari meja kantor baik dan nyaman yang terjangkau harganya. Anda juga dapat melihat yang di lelang di perkantoran meja kantor bekas pakai tapi dapat digunakan.

Juga pertimbangkan meja kantor dengan keunggulan penyimpanan yang baik untuk mendukung sampah dan surat-surat penting. Pastikan meja kantor yang Anda beli adalah persegi panjang, baik dipoles, keras dan rata permukaannya. Kadang-kadang toko menawarkan meja tipis, lemah dan murah tetapi tidak layak pakai setelah tiga bulan, jangan sampai Anda mengalami kerugian dalam jangka panjang.

Kursi kantor
Setelah meja kantor maka kursi kantor adalah bagian penting dari setiap interior kantor dan di sini Anda perlu berhati-hati tentang biaya dan kenyamanan. Pilihan kursi yang berbeda-beda & yang tersedia saat ini di pasar, perlunya ketelitian dalam  memilih salah satu kursi kantor yang sesuai dengan tubuh Anda.

Kursi kantor harus memberikan layanan dukungan kembali dan dengan fitur ergonomis yang akan memungkinkan Anda untuk duduk selama berjam-jam. Ini mungkin dikenakan biaya lebih dari yang Anda dapat perkirakan tapi kenyamanan kursi adalah suatu keharusan daripada uang.

Lemari kantor
Sebuah kantor perlu kabinet untuk menempatkan file, dokumen dan surat-surat lainnya. Lemari kayu terlihat bagus secara estetika daripada dari logam yang kaku. Anda bisa membeli lemari kantor yang bekas tetapi layak pakai, yang di lelang di gedung perkantoran atau di toko-toko seperti di daerah Manggarai.  Bisa juga pergi cari di toko-toko yang ada promosi diskon.

Plafon / Langit-Langit

Rencana interior kantor untuk plafon. Perlu diperhatikan bahwa langit-langit, seperti permukaan lainnya, memantulkan cahaya dan suara, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap kualitas pencahayaan dan akustik ruang.

  • Plafon tersedia dalam berbagai material, panel akustik sebagai standar, terutama di kantor dengan interior kantor sistem terbuka dan di mana tidak ada perawatan plafon khusus yang diperlukan. Biasanya terbuat dari material yang tidak mudah terbakar, mencegah gelombang suara yang dipantulkan kembali ke dalam ruangan. Lubang untuk lampu tersembunyi dapat dipotong di mana pun diperlukan.
  • Plester atau papan gypsum lebih sulit dan lebih memantulkan suara kemudian menyerap.
  • Struktur plafon kadang-kadang digunakan untuk menampilkan citra hi-tech, merupakan suatu alternatif gaya untuk interior kantor yang khas.

Pencahayaan

Rencana interior kantor untuk pencahayaan interior kantor sangat penting untuk bekerja efektif, selain mempertimbangkan biaya konsumsi energi yang boros di kantor. Oleh karena itu, efektivitas biaya dan efisiensi pencahayaan harus diingat. Di sisi lain, pencahayaan harus ditampilkan membuat desain menjadi atraktif. Hal ini menciptakan interior kantor yang hangat, mengundang dan dramatis.

  • Lampu sorot halogen pijar atau fluorescent dapat digunakan untuk menyorot objek tertentu, seperti meja, tanaman, lukisan, benda, dll
    Untuk mengurangi ketegangan mata dan kelelahan, cahaya kontras tinggi harus dihindari. Untuk orientasi pekerjaan, lampu kerja yang paling praktis, tetapi harus dilengkapi dengan penerangan umum.
  • Sebuah sistem stop kontak untuk selektif dan pengendalian operasional area lampu, atau jika mungkin bahkan lampu meja, dapat membantu membatasi penggunaan energi yang boros dan biaya operasi dari pencahayaan hanya jika diperlukan.

Lantai

Rencana interior kantor untuk lantai, lantai kantor akan lebih mudah aus daripada permukaan lainnya, oleh karena itu perlu yang kuat dan tangguh.

  • Pilihan bahan lantai akan tergantung pada fungsi daerah tertentu dan persyaratan di mana daya tahan, penampilan, biaya dan perawatan yang bersangkutan.
  • Bahan lantai bervariasi. untuk lantai keras seperti batu, granit & marmer paling cocok digunakan.
  • Kayu & keramik, adalah opsi lain tetapi mereka biasanya berisik.
  • Meterial lembut seperti vinyl atau karpet, tetapi sulit untuk maintain.

Lantai dapat digunakan sebagai alat desain, bukan hanya pilihan bahan dan warna, tetapi bisa untuk membatasi departemen, area umum atau jalur sirkulasi, dengan penggunaan warna selektif yang berbeda dan permukaannya.

Bacaan selanjutnya:

Dengan rencana interior kantor dapat membantu membuat hal yang rumit menjadi sederhana, dimengerti & mudah dikerjakan. Lihat video proses desain interior kantor ke 3D berikut ini:


Hubungi:  085103-889537
Untuk konsultasi gratis & estimasi biaya,
jasa rancang bangun interior dan
penataan gaya hidup modern Anda.