Tips Interior Kantor Minimalis

Ini tips interior kantor minimalis untuk Anda. Sebuah kantor hendaknya didesain dengan sebaik mungkin untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman.

Prinsip ini perlu diaplikasikan pada segala jenis kantor termasuk kantor yang ada di dalam rumah. Penggunaan desain interior kantor minimalis merupakan pilihan tepat mengingat area  yang ada pada umumnya terbatas.

Desain  minimalis yang diterapkan dengan sempurna akan membantu memberikan rasa nyaman untuk anda.

tips interior kantor minimalis

Tips Interior Kantor Minimalis

Beberapa tips interior kantor minimalis berikut bisa membantu anda mendesain sebuah kantor minimalis di dalam rumah anda yang nyaman untuk melakukan segala jenis pekerjaan.

Memilih jenis kursi yang ergonomis

Sebagian besar pekerjaan mengharuskan orang untuk duduk di depan meja selama berjam-jam. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk melakukan sedikit investasi dengan memilih kursi kerja yang tepat.

Kursi kerja dengan bentuk ergonomis yang mampu menopang tubuh dengan baik adalah pilihan tepat. Selain bentuk ergonomis, perlu juga diperhatikan desain dan pilihan warna kursi tersebut, sehingga anda akan mendapatkan kursi yang nyaman dan juga indah dipandang.

Pemilihan warna yang tepat

Setiap orang memiliki selera warna yang berbeda untuk ruang kantornya. Sebagian merasa lebih nyaman bekerja di dalam ruangan yang didominasi oleh warna-warna lembut, sementara sebagian lagi merasa jauh lebih produktif bila ruang kerja mereka penuh dengan warna-warna terang.

Pilihlah warna untuk dinding dan furniture yang nyaman serta mampu mendorong produktivitas anda. Banyak penelitian yang meneliti mengenai hubungan antara warna dan mood seseorang.

Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mencari tahu pengaruh dari warna tertentu terhadap suasana hati dan produktivitas kerja anda, agar bisa memilih warna yang sesuai.

Kombinasikan antara bentuk dan fungsi

Sebuah kantor memiliki berbagai jenis perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Pilihlah segala perlengkapan dan peralatan yang anda butuhkan untuk pekerjaan anda tanpa melupakan aspek keindahan.

Segala sesuatu  yang akan dipergunakan di dalam kantor anda hendaknya mampu memenuhi fungsi masing-masing namun tidak terkesan asing dengan dekorasi rumah secara keseluruhan.

Dengan kata lain, pilihan perlengkapan seperti furniture untuk kantor anda hendaknya sesuai dengan tema rumah secara keseluruhan.

Pengaturan tempat penyimpanan file

Salah satu kunci dalam tips interior kantor minimalis adalah meminimalisir kekacauan ruangan akibat file atau dokumen yang berantakan diatas meja. Untuk mensiasati hal ini, persiapkan tempat penyimpanan file sebaik mungkin.

Prinsip efisiensi ruangan perlu diterapkan, dalam arti lokasi penyimpanan file harus disesuaikan dengan ruang yang ada.

Tempat penyimpanan file ini bisa diatur secara vertikal atau horizontal, diatas atau dibawah meja kerja atau bisa diatur secara rapi di samping area kerja, sesuai dengan ruang yang tersedia.

Pengaturan sumber pencahayaan

Sumber cahaya untuk sebuah ruangan kantor bisa berasal dari cahaya sinar matahari atau dari lampu. Pastikan sumber cahaya tersebut mampu memberikan penerangan yang cukup untuk melakukan pekerjaan.

Penempatan sumber cahaya yang tepat tidak akan menghasilkan pantulan sinar pada layar komputer, sehingga akan mengurangi ketegangan pada mata dan mengurangi resiko anda menderita sakit kepala. Bila diperlukan, penggunaan lampu meja bisa menjadi pilihan.

Menyediakan sumber relaksasi

Sumber relaksasi yang dimaksud disini bisa hadir dalam berbagai bentuk. Hal ini bisa berupa sebuah jendela yang menampilkan pemandangan di luar ruangan, sebuah lukisan di atas meja kerja atau bisa juga berupa sebuah pot bunga yang diletakkan di dekat meja kerja.

Keberadaan sumber relaksasi seperti ini akan membantu menghindarkan anda dari kebosanan karena harus terus menerus menatap layar komputer.

Menyediakan sumber inspirasi

Sumber inspirasi merupakan hal-hal  yang membuat anda semakin bersemangat dalam melakukan pekerajaan anda. Sumber inspirasi ini muncul dalam berbagai bentuk berupa tulisan-tulisan motivasi, foto dari anak dan keluarga anda atau bisa juga berupa sebuah gambar yang melukiskan tujuan yang ingin anda capai.

Setiap orang memiliki sesuatu hal yang menginspirasi dirinya untuk melakukan pekerjaan, dan meletakkan sumber inspirasi ini di dalam ruang kerja pribadi anda akan membantu anda untuk lebih fokus dan semangat dalam bekerja.

Lokasi ruang kerja

Pemilihan ruang yang akan anda pergunakan sebagai ruang kerja pribadi di dalam rumah anda perlu mendapat perhatian utama. Bila memungkinkan, pergunakan sebuah ruang tersendiri yang terpisah dari ruangan rumah lainnya, terutama bila pekerjaan anda menuntut Anda untuk harus sering bertemu dengan klien.

Namun bila hal ini tidak memungkinkan, Anda perlu mencari sebuah area yang tidak terpakai dan merubahnya menjadi ruang kerja. Sebuah sudut di ruang keluarga, area di bawah tangga ataupun area kosong di loteng merupakan area yang jarang dipergunakan dan Anda bisa memilih area tersebut sebagai ruang kerja pribadi anda.

Bila ruang kerja pribadi anda menyatu dengan ruangan lain di dalam rumah, pemberian sekat ataupun lemari buku akan berfungsi sebagai pembatas tanpa memberikan kesan tertutup pada ruangan tersebut.

Penggunaan dan penataan sebuah area di dalam rumah sebagai kantor pribadi hendaknya tidak melupakan aspek profesionalisme dan kenyamanan. Aspek profesionalisme akan mendukung atmosfer kerja dan produktivitas sementara aspek kenyamanan akan membuat Anda merasa betah untuk bekerja selama seharian penuh.

Demikian tips interior kantor minimalis untuk Anda

Tinggalkan Balasan