Menata Kantor Minimalis

Menata Kantor Minimalis – Desain minimalis di dalam suatu desain interior mengacu terhadap upaya untuk menghasilkan tampilan interior yang maksimal dengan menggunakan elemen dalam jumlah yang minimal.

menata kantor minimalis

Oleh karena itu, proses penataan interior kantor minimalis, pemilihan furnitur yang tepat sebagai focal point di sebuah ruangan menjadi salah satu kunci utama kesuksesan.

Pemilihan Furnitur untuk Menata Kantor Minimalis

Dalam pemilihan furnitur untuk menata kantor minimalis, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Jenis material yang dipergunakan untuk membuat furnitur merupakan salah satu diantaranya.

Tidak ada batasan khusus mengenai jenis material yang bisa dipergunakan dalam desain kantor minimalis. Semua jenis material cocok dipergunakan sepanjang model atau desainnya identik saat menata kantor minimalis yaitu memiliki garis lurus dan tidak memiliki terlalu banyak ornamen.

Furnitur yang terbuat dari kayu merupakan salah satu pilihan favorit di Indonesia karena dapat ditemukan dengan mudah. Furnitur dari kayu juga memiliki pesona klasik yang tidak ketinggalan jaman.

Sehingga membuat material kayu menjadi pilihan utama. Bahan kayu kualitas utama memiliki daya tahan yang sangat baik, dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman serta semakin bervariasinya jenis material untuk furnitur, berbagai material lain juga turut bermunculan dan menjadi pilihan material baru.

Material seperti metal, aluminium hingga kaca, telah berhasil dikembangkan dan dibuat menjadi ragam jenis furniture yang memiliki sentuhan saat menata kantor minimalis.

Bahan atau material seperti metal dan aluminium memberikan kesan futuristik, steril walau terkesan dingin dan kaku. Kenyataannya, hal ini bisa memberikan efek yang mendukung suasana kerja serta memberikan kesan tersendiri ketika menata kantor minimalis.

Anda dapat memberikan sentuhan pribadi  kantor tempat anda bekerja. Dengan sentuhan personal berupa aksesori atau pajangan dinding untuk mengurangi kesan steril dan kaku saat menata kantor minimalis tersebut.

Bahan lainnya seperti kaca dan plastik akan memberikan tampilan yang berbeda bila dibandingkan dengan bahan dari metal dan aluminium. Bahan kaca memberikan kesan luas dan bersih sementara bahan plastik berkualitas tinggi bisa memberikan kesan elegan.

Selain material utama dari furnitur tersebut, perlu juga diperhatikan perpaduan warna. Secara umum, ada dua pilihan warna yang umum ditemukan saat menata interior kantor minimalis yaitu:

  • Penggunaan warna dasar seperti hitam, putih, coklat, abu-abu serta warna perak
  • Penggunaan warna mencolok seperti merah, hijau, biru langit atau kuning.

Untuk furnitur yang akan dipergunakan di dalam sebuah kantor, maka warna dasar seperti hitam dan putih adalah pilihan yang paling umum. Warna-warna tersebut merupakan warna netral yang bisa dipadukan dengan mudah dengan berbagai warna lain.

Selain itu, warna dasar tersebut bisa memberikan kesan profesional yang merupakan salah satu hal positif untuk ditunjukkan kepada semua pihak.

Namun pemilihan warna hendaknya perlu memperhatikan jenis usaha yang dijalankan oleh kantor tersebut. Untuk sebuah korporat, warna dasar akan bekerja untuk keuntungan mereka, namun untuk sebuah perusahaan yang bergerak dalam dunia hiburan misalnya, maka warna terang merupakan pilihan yang tepat.

Penggunaan warna terang menunjukkan semangat dinamis  sebagai salah satu hal yang justru sangat dibutuhkan di dalam area kerja seperti itu.

menata kantor minimalis

Faktor bahan atau material serta warna merupakan faktor yang berpengaruh dalam aspek estetika. Juga perlu diingat faktor kenyamanan tidak boleh dilupakan begitu saja.

Sebagai contoh, pemilihan furnitur meja dan kursi hendaknya mempertimbangkan faktor kenyamanan dalam penggunaannya. Meja tersebut hendaknya memiliki tinggi yang sesuai untuk jenis pekerjaan yang dilakukan dan juga memiliki area lapang untuk meletakkan berbagai alat keperluan kerja.

Sementara untuk kursinya sendiri, hendaknya dipilih kursi ergonomis, yaitu kursi yang nyaman untuk dipergunakan seharian. Kursi seperti ini memiliki alas yang empuk dan desain untuk menopang tubuh para pengguna dengan baik dan benar.

Kontraktor interior kantor Anda bisa membantu Anda untuk memperhatikan segala aspek penting di dalam pemilihan furnitur untuk menata kantor minimalis Anda.

Pastikan juga untuk memilih furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan kantor tersebut. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah memilih furniture dengan ukuran terlalu besar untuk ruangan kecil atau sebaliknya.

Bila kesalahan ini dilakukan, maka akan tercipta ketidakseimbangan di dalam ruangan kantor yang justru akan mengacaukan efek minimalis itu sendiri.

Menata Kantor Minimalis

Setelah semua aspek tersebut dipertimbangkan, maka proses selanjutnya adalah proses penempatan dan penataan ruangan. Setiap furniture hendaknya ditempatkan dalam posisi yang tepat, dalam arti tidak menghalangi akses keluar masuk dalam ruangan serta memberikan para penggunanya akses mudah untuk melakukan pekerjaan mereka.

Pemilihan furnitur dalam menata kantor minimalis yang sesuai dengan aspek-aspek tersebut akan memberikan hasil yang memuaskan.

 

Tinggalkan Balasan