Kantor yang Produktif & Cara Agar Semangat Bekerja

Kantor yang produktif & cara agar semangat bekerja.

Sebelum merancang interior kantor kami sering melemparkan beberapa pertanyaan kepada beberapa pegawai kantor bagaimana tata letak dan tampilan kantor yang baik menurut mereka.

Setiap orang mempunyai argumen yang berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa meja dengan kubikel memberikan konsentrasi untuk mereka bekerja, sedangkan yang lain bilang kalo meja kerja dengan warna yang vibrant (cerah atau semarak) memunculkan kreativitas saat mereka bekerja.

Kantor yang produktif & cara agar semangat bekerja
Kantor yang produktif & cara agar semangat bekerja

Dengan pendapat-pendapat yang muncul untuk rencana kantor Anda, bagaimana Anda memastikan bahwa desain kantor Anda akan produktif?

Ada beberapa hal yang umum di terapkan oleh sebagian besar perusahaan yang sukses. Hal ini dapat diterapkan pada perusahaan Anda untuk memastikan kantor Anda memberikan lingkungan yang nyaman dan dinamis.

Layout / Tata Letak Ruang Kantor yang Mudah

Perlu diketahui bahwa Anda sedang merancang ruang kantor untuk manusia, bukan robot atau drone. Manusia itu rentan gangguan sehingga mengurangi produktivitas. Contohnya seperti menempatkan meja tepat di sebelah area cofee break, atau area mesin fotokopi yang berisik saat digunakan oleh seluruh pengguna kantor, pasti tidak nyaman terhadap mereka yang harus duduk di sebelahnya. Ingat bahwa pegawai yang bahagia lebih produktif!

Kantor yang produktif - layout yang mudah
Kantor yang produktif – layout yang mudah

Desain Ruang Kantor yang Leluasa

Pastikan tata letak kantor Anda tidak membuat pekerja saling berdesakan – walau pun di kantor berukuran kecil, atau deretan meja yang berdempetan karena Anda pikir perlu menempatkan lebih banyak pekerja dalam satu ruangan, maka Anda telah menimbulkan gangguan dan kebisingan kerja, tentunya akan menurunkan output. Jika Anda memiliki masalah ini, pertimbangkan area kerja cluster karena memberikan batasan psikologis terhadap gangguan kerja.

Kantor yang produktif - kantor yang leluasa
Kantor yang produktif – kantor yang leluasa

Alur Lalu Lintas Kantor yang Bebas Hambatan

Rancang kantor yang meningkatkan alur kerja (yaitu tidak berbelit-belit atau tersandung tumpukan kotak untuk berjalan) memungkinkan karyawan untuk berpindah dengan mudah dari satu tugas ke tugas, serta mendorong interaksi dengan fasilitas yang tersedia untuk mengoptimalkan kerja . Aliran yang baik juga memberi ilusi keleluasaan ruang, membuat pekerja merasa tanpa “pembatas” dan lebih bebas.

Cahaya Alami dan Oksigen

Kurangnya cahaya alami dan oksigen dapat menyebabkan karyawan merasa lesu dan stres, menyebabkan tingkat produktivitas rendah. Sinar matahari pagi membantu produksi vitamin D, yang memiliki dampak besar pada suasana hati dan juga menjaga jam tubuh, membuat semua karyawan lebih sadar.

Atur kadar oksigen dan kelembaban di udara, gunakan alat pemurni udara karena menggunakan AC di ruang tertutup akan menghasilkan tingkat oksigen yang rendah dan kelelahan, ditambah udara kering dapat menyebabkan mata kering dan lelah.

Kantor yang produktif - cahaya alami
Kantor yang produktif – cahaya alami

Warna Ruang Kantor yang Menyenangkan

Warna dapat memberikan efek mendalam pada otak, dan skema desain interior kantor yang menjemukan dan membosankan dapat menghambat kreativitas serta minat terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Padukan desain netral dengan sebidang warna dan karya seni cerah untuk menjaga pikiran tetap hidup.

Kantor yang produktif - warna kantor
Kantor yang produktif – warna kantor yang menyenangkan

Area Kantor yang Tenang

Jika Anda bekerja dengan kantor sistem terbuka, pastikan Anda menyediakan area untuk bekerja tanpa terganggu. Kantor sistem terbuka dapat menjadi bising, tetapi menyediakan kamar-kamar yang tenang di mana karyawan dapat pergi jika mereka memiliki tugas yang memerlukan konsentrasi tertentu sehingga memungkinkan semua orang bekerja secara harmonis.

Area Rapat Informal

Langkah lain untuk mengurangi kebisingan dan gangguan adalah menyediakan area di mana pertemuan mendadak dapat diadakan. Buatlah ruang yang memfasilitasi diskusi dengan tempat duduk yang nyaman, desain yang santai dan alat-alat untuk  brainstorming seperti dinding dengan papan tulis.

Kantor yang produktif - area rapat informal
Kantor yang produktif – area rapat informal

Fasilitas Istirahat yang Memadai

Memiliki area istirahat dapat meningkatkan produktivitas secara dramatis. Mempergunakan jam istirahat yang berkualitas – saat di mana pikiran diistirahatkan dan diberi perubahan stimulus visual – menyebabkan peningkatan produktivitas ketika karyawan kembali, karena mereka merasa tenang dan beristirahat.

Kenyamanan Furnitur Kantor

Furnitur yang dirancang secara ergonomis dapat berdampak besar pada efisiensi. Menjadi tidak nyaman atau harus berurusan dengan furnitur yang buruk adalah gangguan besar, dan juga dapat mengakibatkan keseringan terkena sakit serta kondisi medis yang disebabkan oleh masalah ergonomi ini.

Baca furnitur kantor di sini

Kantor yang produktif - ergonomi furnitur
Kantor yang produktif – ergonomi furnitur

Tanaman indoor

Tanaman tidak hanya memberikan rangsangan visual tambahan yang dapat meningkatkan kreativitas, tanaman indoor juga meningkatkan kadar oksigen dan mengurangi debu serta virus di udara. Ini pada gilirannya meningkatkan rasa kesadaran, dan dapat mengurangi ketidakhadiran yang disebabkan penyakit di kantor.

Kantor yang produktif - tanaman indoor
Kantor yang produktif – tanaman indoor

Transportasi Mempengaruhi Kantor yang Produktif

Setiap perusahaan tentu mengharapkan pegawai dengan produktivitas yang tinggi. Banyak perusahaan berupaya menciptakan kebersamaan di antara karyawannya.

Mengapa atmosfir kantor begitu penting? Atmosfir kerja yang menyenangkan dan mendukung untuk bersosialisasi akan mendorong motivasi dan retensi karyawan. Lokasi kantor dari rumah juga termasuk kuncinya.

Walau pun menyenangkan lingkungan kantor Anda, para karyawan tidak akan dapat memberikan yang terbaik bila mereka telah lelah pada saat pulang – pergi menuju kantor.

Semakin lama seseorang berada di perjalanan menuju kantor mereka, semakin rentan pula kemungkinan mereka akan dihadapkan oleh masalah kesehatan dan mereka yang pulang – pergi menggunakan transportasi publik juga dihadapkan dengan keterlambatan akibat macet dan kenaikan tarif sehingga menambahkan tekanan finansial.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda di Kantor & Cara agar Semangat Bekerja

Menentukan Prioritas Pekerjaan

Mempunyai jadwal pekerjaan yang harus dilakukan dalam suatu waktu akan meningkatkan produktivitas karyawan.

Para manajer dapat melakukan hal ini, dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan sesuai jadwal.

Menyelesaikan pekerjaan satu per satu sesuai prioritas lebih efektif daripada ketika karyawan bekerja secara simultan.

Fokus vs Multitasking

Bekerja multitasking atau melakukan tugas pekerjaan dalam waktu bersamaan, tampaknya merupakan solusi untuk menyelesaikan beberapa tugas pekerjaan sekaligus. Seperti mencetak dokumen sambil membalas email klien.

Sedangkan fokus merupakan kunci agar lebih berkualitas, tetapi multitasking itu meningkatkan kuantitas. Maka Anda harus tahu kapan melakukan pekerjaan secara multitasking dan kapan waktunya harus bekerja dengan fokus.

Bila Anda seorang wanita tentu bukan masalah untuk bekerja secara multitasking tetapi bila Anda seorang pria umumnya tidak efektif ketika bekerja secara multitasking.

Rapikan Barang yang Terlalu Berantakan

Bersihkan meja dan sekitarnya sehingga bisa memperlancar gerakan Anda dan akhirnya meningkatkan produktivitas kerja. Sebagai seorang pekerja yang baik tentunya Anda harus menjaga barang-barangmu selalu rapi seperti file dan folder di komputer.

Peralatan kerja dan file yang rapi akan menghemat waktu saat bekerja. Beberapa hal kecil yang harus kamu lakukan adalah:

– Mengorganisasi file
– Menghapus dokumen tidak penting
– Merapikan meja kerja dan ruang kerja
– dan seterusnya.

Kantor yang produktif - karapihan barang
Kantor yang produktif – karapihan barang

Datang di Kantor Lebih Awal

Datanglah di kantor lebih awal, supaya Anda bisa lebih awal untuk melakukan tugas apapun yang menjadi kewajiban Anda. Kebiasaan yang baik ini akan meningkatkan produktivitas kerja Anda di akhir tahun walau hanya bekerja lebih awal 15 menit .

Hindari Hal yang Mengalihkan Perhatian

Hindari hal-hal yang dapat membuyarkan konsentrasi kerja Anda. Contohnya saat bekerja mematikan sambungan internet atau grup whatsapp di luar fokus kerja Anda, atau bisa juga memasang tulisan “sedang sibuk” di ruangan Anda. Buat tempat kerja Anda steril dari segala macam gangguan.

Tetap Sehat Sepanjang Waktu

Hal lain yang lebih penting ialah menjaga kebugaran Anda. Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa konsisten untuk bekerja secara maksimal. Otomatis akan meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Caranya dengan menjaga asupan gizi dalam makanan Anda dan selalu olahraga di pagi hari. Jalani gaya hidup sehat setiap saat sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit serta konsistensi kerja dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.