in Kantor

Kantor Minimalis

Kantor Minimalis – Saat ini, konsep kantor telah berkembang pesat dimana sebuah kantor bisa muncul dimana saja, bukan hanya di dalam sebuah bangunan perkantoran namun bisa juga hadir di dalam rumah.

Seiring dengan hal tersebut, berkembang pula trend dalam dunia desain interior kantor yaitu trend desain minimalis yang bisa ditemukan di berbagai kantor baik berskala besar maupun kecil.

Manfaat dari Konsep dan Desain Kantor Minimalis

Ada banyak alasan mengapa konsep desain kantor minimalis menjadi sebuah trend belakangan ini, mulai dari gaya yang menawan hingga tampilan profesional  yang diberikan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat  dari desain seperti inilah yang merupakan salah satu daya dorong berkembangnya penggunaan konsep desain kantor minimalis di berbagai kantor.

Secara lebih spesifik, manfaat yang ditawarkan oleh desain interior kantor  minimalis adalah:

  • Membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam pekerjaan.

Dasar dari desain kantor minimalis adalah penggunaan furnitur sederhana tanpa adanya terlalu banyak ornamen, dimana hal ini akan membuat setiap karyawan bisa lebih fokus pada pekerjaan mereka dan tidak terganggu dengan kondisi ruang atau area kerja yang dipenuhi terlalu banyak barang. Konsentrasi dan fokus yang baik tentunya akan berdampak positif pada kinerja dari para karyawan itu sendiri.

  • Peningkatan produktifitas.

Salah satu prinsip dalam dunia kerja adalah memberikan karyawan alat yang tepat dan berfungsi dengan baik, dimana hal tersebut akan meningkatkan produktivitas karyawan. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, bila karyawan  diberikan alat yang terlalu rumit dan tidak memberikan hasil maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali, maka karyawan tidak akan menggunakannya dan hal ini akan mempengaruhi tingkat produktivitas.

Hal ini sejalan dengan prinsip dari desain kantor minimalis, dimana setiap benda dan furnitur haruslah menawarkan fungsi yang mendukung pekerjaan secara spesifik dan jelas. Sebagai contoh, penggunaan whiteboard yang lebih mudah dan lebih sederhana akan jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan penggunaan smartboard. Walaupun penggunaan smartboard sedang tren, namun smartboard itu sendiri tergolong rumit untuk dipergunakan dan membutuhkan biaya untuk operasional dan perawatan yang tidak sedikit biayanya.

  • Memberikan kenyamanan lebih

Bagi kebanyakan orang, kantor mereka adalah rumah kedua dimana mereka menghabiskan waktu seharian penuh di dalam ruangan tersebut. Untuk itu, diperlukan ruangan kantor yang nyaman, untuk mendukung semangat kerja karyawan.

Desain kantor minimalis menawarkan manfaat kenyamanan ini, dimana desain kantor minimalis memberikan banyak area lapang tanpa dipenuhi dengan berbagai macam peralatan kerja yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan keberadaannya.

Banyaknya area lapang akan memberikan kenyamanan dalam bergerak dan juga beraktivitas. Karyawan mudah sekali merasa jenuh dengan banyaknya tuntutan pekerjaan  yang harus mereka selesaikan setiap harinya.

Mereka  membutuhkan ruang untuk  ruang gerak & kerja, dengan banyak area lapang akan memberikan kenyamanan ini. Bisa dibayangkan bila tuntutan dan beban pekerjaan yang begitu banyak harus dikerjakan dalam ruangan penuh sesak, maka hal ini justru bisa meningkatkan tekanan emosi para pekerja.

  • Secara tidak langsung, efek minimal dan clear sebuah desain interior kantor  minimalis akan memberikan kesan ringan suatu pekerjaan.

Kesan clear & minimal di dalam sebuah ruangan kantor akan mempengaruhi secara psikologis karyawan bahwa pekerjaan yang mereka hadapi merupakan pekerjaan yang ringan. Bila karyawan merasa yakin dengan pekerjaannya, maka mereka akan mampu bekerja dengan lebih baik, dan sekali lagi hal ini akan berujung pada perbaikan tingkat produktivitas para pekerja

  • Tampilan modern merupakan rancangan dari desain kantor minimalis dan sederhana.

Tampilan yang modern dari desain kantor minimalis merupakan magnet untuk   menarik perhatian banyak orang mulai dari karyawan dan juga para klien. Dari sudut pandang karyawan, tampilan yang modern bisa menjadi salah satu alasan mengapa mereka mau bekerja di kantor tersebut, baik untuk alasan gengsi atau keyakinan bahwa kantor dengan desain yang modern adalah kantor yang layak sebagai tempat bekerja. Hal ini bisa dijadikan salah satu upaya untuk menarik perhatian para calon karyawan yang berpotensi di luar sana.

kantor minimalis

Di sisi lain,  tampilan modern ini juga akan memberikan kesan profesional di mata para klien. Kesan profesional seperti ini akan sangat bermanfaat untuk membangun kepercayaan dari para calon klien sehingga mereka mau bekerja sama atau mau menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan oleh sebuah kantor.

  • Membuka jalur komunikasi yang lebih efektif

Penggunaan konsep kantor terbuka merupakan salah satu bagian dari konsep desain kantor minimalis yang banyak diterapkan oleh berbagai kantor dan perusahaan di Indonesia dan juga di seluruh dunia.

Konsep ini pada dasarnya meniadakan atau meminimalisir hal-hal yang menghalangi komunikasi antara satu pekerja dengan pekerja lain, misalnya dengan meniadakan sekat atau pembatas ruangan.

Dengan tidak adanya penghalang, maka diharapkan bahwa jalur komunikasi akan berjalan lebih efektif dan hal ini juga akan membuat semua orang merasa bahwa mereka adalah bagian dari tim yang bekerja untuk tujuan yang sama.

Desain kantor minimalis mencoba untuk meminimalisir segala macam gangguan sebagai penghalang produktivitas kerja seseorang sekaligus juga memberikan semua manfaat yang akan berdampak positif baik bagi individu atau pun untuk organisasi kantor tersebut.

Hal inilah yang membuat desain kantor minimalis merupakan pilihan populer untuk diterapkan di banyak kantor belakangan ini, dan bisa jadi hal inilah yang dibutuhkan oleh kantor anda.