in Kantor

Denah Kantor Minimalis

Denah kantor minimalis bisa diterapkan di dalam berbagai jenis kantor dengan berbagai jenis ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil.

Terlepas dari ukuran kantor tersebut, ada berbagai jenis layout atau denah kantor minimalis yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

denah kantor minimalis

Mengenal Model Denah Kantor Minimalis

Setidaknya ada 4 model denah kantor minimalis yang sering dipergunakan dalam mengatur area kerja para karyawan. Denah kantor minimalis ini lebih mengacu pada upaya penempatan meja kantor secara strategis, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat produktivitas kerja sebuah tim.

Pemilihan denah ini perlu Anda sesuaikan dengan jenis pekerjaan dan prioritas kerja di interior kantor Anda.

4 model denah kantor minimalis yang sering dipergunakan adalah:

  • Denah meja kantor berjajar

Denah atau layout seperti ini mengacu pada penempatan meja kantor yang diletakkan secara berjajar sepanjang ruangan dalam beberapa baris. Denah seperti ini merupakan denah yang sangat umum ditemukan di dalam sebuah pabrik, dimana para karyawan menempati meja kantor secara berjejer, baris demi baris.

Untuk ruangan kantor yang luas dan memiliki banyak karyawan, denah seperti ini cocok dipergunakan untuk memenuhi tuntutan dan prioritas kerja.

Namun untuk ruangan kantor yang sempit dengan jumlah karyawan terbatas, denah seperti ini justru akan menyesakkan ruangan, dan sangat disarankan untuk mempergunakan layout meja kantor yang lain.

Bila denah kerja seperti ini menjadi pilihan anda, maka Anda bisa mensiasatinya dengan cara memutar  denah tersebut sedemikian rupa sehingga satu baris meja kantor akan berhadapan dengan baris meja kantor yang lain.

Variasi seperti ini bisa mendorong terjalinnya komunikasi antara masing-masing karyawan yang saling berhadapan.

  • Denah meja kantor berpasangan

Denah ini juga cukup populer dimana pengaturan meja kantor diatur sedemikian rupa sehingga terdapat satu pasang karyawan yang bekerja di 2 meja kantor yang saling berhadapan.

Pengaturan pasangan meja kantor yang lain tidak mengikuti aturan tertentu, dimana fokus utama denah ini lebih pada penempatan satu pasang meja yang saling berhadapan.

Salah satu keuntungan utama penggunaan denah meja kantor seperti ini adalah dimana pemimpin kantor bisa merotasi lokasi tempat kerja setiap karyawan dalam setiap periode tertentu misalnya 2 atau 3 bulan sekali.

Hal ini memberikan manfaat tersendiri dimana setiap karyawan akan didorong untuk membangun komunikasi dan kerja sama dengan karyawan lain dalam departemen yang sama.

Pada akhirnya, penggunaan denah ini akan membuat setiap karyawan mengenal lebih dalam dan lebih dekat seluruh anggota tim mereka.

  • Denah meja kantor model lingkaran atau persegi

Denah meja kantor seperti ini lebih cocok dipergunakan sebagai denah untuk area kerja sebuah tim kecil. Penempatan meja kantor diatur sehingga membentuk lingkaran atau bentuk persegi, dimana seluruh anggota tim akan duduk bersama setiap waktu.

Para anggota tim didorong untuk saling bekerja sama setiap waktu dimana mereka bebas untuk mengemukakan pendapat dan berargumen mengenai topik atau pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

Penggunaan denah seperti ini bisa jadi akan sedikit membosankan setelah beberapa waktu dan cukup sulit untuk memberikan privasi kepada masing-masing karyawan.

Hal ini bisa disiasati dengan memberikan pembatas seperti sekat kaca yang memberikan privasi tanpa membatasi ruang gerak dan ruang pandang setiap karyawan.

  • Denah meja kantor untuk grup 4 orang

Denah ini mirip dengan denah meja kantor berpasangan, namun pada denah yang satu ini terdapat 4 meja kantor yang diletakkan saling berhadap-hadapan.

Pengaturan seperti ini sangat cocok untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama untuk pekerjaan atau proyek yang membutuhkan masukan dari seluruh anggota tim.

Sama seperti denah meja kantor berpasangan, penempatan posisi duduk dan pasangan kerja perlu dirotasi setiap satu periode untuk menghindarkan kebosanan dan juga untuk menghindari terjadi pengelompokan yang justru akan menghambat kerja sama dan produktivitas kerja.

Ke 4 denah atau layout meja kantor tersebut merupakan denah yang umum ditemukan di berbagai kantor saat ini. Denah-denah tersebut cocok dipergunakan di dalam kantor berukuran kecil yang saat ini semakin banyak bermunculan.

Kantor berukuran kecil membutuhkan pengaturan yang tepat agar bisa memberikan hasil yang maksimal dan denah kantor minimalis ini tepat menjadi salah satu pilihan Anda.

Ke 4 denah meja kantor tersebut cocok dipergunakan dalam kantor yang mempergunakan desain minimalis.

Desain minimalis menekankan pada penggunaan garis yang tegas, warna berani dan juga furniture sederhana tanpa ornamen, cocok dengan denah meja kantor di atas.

5 Gambar Denah Kantor Minimalis untuk 1 Ruang

Denah Kantor Minimalis

Denah Kantor Minimalis

Denah Kantor Minimalis

Denah Kantor Minimalis

Denah Kantor Minimalis

Pemilihan Denah Kantor Minimalis

Sekali lagi, pemilihan denah meja hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas kerja di kantor Anda.

Bila kebutuhan kerja menuntut adanya komunikasi dan kerja sama terus menerus dari seluruh anggota tim, maka denah meja kantor berpasangan atau denah meja kantor bentuk lingkaran adalah pilihan yang tepat.

Sedangkan untuk kebutuhan kerja yang tidak berhubungan, dimana setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing yang tidak secara langsung berkaitan dengan tanggung jawab karyawan lain, maka penempatan meja kantor secara berjajar adalah pilihan yang tepat.

Terlepas dari  denah kantor minimalis dan pengaturan meja kantor yang dipilih, kenyamanan dalam bekerja perlu menjadi tujuan utama untuk meningkatkan produktivitas kerja bisnis Anda.